Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit Herpes dan Ciri-cirinya

Penyakit Herpes merupakan penyakit yang meradang pada kulit dan biasanya muncul gelembung yang berisi air dan berkelompok. Penyakit Herpes terdiri dari dua macam yaitu herpes zoster yaitu penyakit herpes yang menyerang kulit.

Kemudian Herpes Genitalis yaitu penyakit herpes yang merupakan penyakit kelamin. Orang Jawa menyebut dompo untuk penyakit herpes zoster.

Tanda-tanda awal penyakit herpes ini yaitu rasa sesak nafas, demam, mengigil, sendi terasa nyari, pegal hanya pada satu bagian tubuh saja.

Biasanya pasien penyakit herpes juga merasa dirinya terserang usus buntu, migraine atau serangan jantung.

Kemudian akan muncul gelembung kecil di daerah punggung tetapi pada 1 sisi saja yaitu pada daerah persarafan tertentu. Gelembung tersebut terasa nyeri dan bisa pecah sehingga dapat terinfeksi oleh bakteri.

Gelembung tersebut juga dapat muncul pada area mata, dahi dan sekitar genital dan hanya muncul pada 1 sisi tubuh. Serangan penyakit herpes dapat terjadi sekaligus  pada beberapa area persarafan yang menyebabkan perluasan penyakit herpes ke bagian tubuh yang lain hingga ke kepala.

Tetapi pada umumnya penyakit herpes hanya menyerang area persarafan di daerah dada. Agar tidak dimasuki kuman dan tidak menimbulkan bekas maka sebisa mungkin menjaga agar gelembung pada kulit tersebut tidak pecah dengan menggunakan bedak talek yang dapat melicinkan kulit.

Biasanya beberapa hari kemudian, gelembung pun akan mengempis karena tubuh yang menyerapnya dan akan ada bekas hitam pada kulit. Jika penderita penyakit herpes tahan terhadap dingin maka boleh saja mandi.

Pada umumnya penyakit herpes menular melalui kontak langsung. Bahkan untuk herpes zoster dapat menular melalui udara namun daya tularnya tidak sekuat cacar air.

Jika ada orang yang tertular penyakit herpes zoster, biasanya dia terkena cacar air dulu walaupun dia belum pernah sakit cacar air.

Oleh sebab itu, penderita penyakit herpes sebaiknya beristirahat dulu hingga pegalnya tidak terasa lagi dan lukanya mengering.

Terima kasih atas kunjungannya. Semoga artikel ini bermanfaat. Selanjutnya anda juga dapat membaca artikel tentang Cara Menghilangkan Komedo.

2 komentar untuk "Penyakit Herpes dan Ciri-cirinya"

  1. Makasi infonya... klo bisa di tambah penyebab dan pencegahannya donk...

    BalasHapus
  2. Yupzz sma2 Andy..trima ksih jga tlah mngunjungi blog ini :).
    Masukan yg bgus Andy. laen waktu akn sya buatkan halaman khusus tentang Penyebab Penyakit Herpes dan pencegahannya..

    BalasHapus