Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Bawang Putih Untuk Merpati

Manfaat Bawang Putih Untuk Merpati - Bawang putih rupanya memiliki banyak khasiat untuk burung . Dengan pemberian yang tepat serta tidak berlebih-lebihan, bawang putih dapat jadi media penyembuhan ataupun pencegahan terhadap berbagai macam penyakit burung .

Belum banyak yang mengerti benar akan apa manfaat bawang putih bila diberikan untuk burung . Sebetulnya bawang putih sering kali dipakai untuk burung merpati, derkuku, perkutut, dan juga puter, khususnya membuat hangat tubuh di musim hujan.

Bila dibiarkan, bawang putih tak bakalan memiliki bau. Akan tetapi pada saat ditumbuk, Anda dapat langsung mencium baunya yang khas dan juga menusuk. Aroma tersebut timbul dikarenakan zat alin di bawang putih mengalami kontak bersama dengan enzim alinase, kemudian terpecah jadi alisin, amonia, serta asam piruvat.

Aroma menyengat alisin dikarenakan kandungan zat belerang. Bau bawang putih tersebut bisa semakin menyengat bila zat belerang (sulfur) yang ada di dalam alisin diterbangkan ammonia ke udara. Dikarenakan ammonia adalah zat yang gampang menguap. Nah, kandungan senyawa alisin inilah yang mempunyai sifat obat atau mempunyai sifat mengobati.

Berikut sejumlah khasiat bawang putih buat burung :

1. Memiliki sifat antibakteri

Beberapa penelitian mengungkap, zat alisin yang terdapat di dalam sesiung bawang putih mempunyai sifat antibakteri, termasuk bakteri-bakteri yang berasal dari kelompok Escherichia, Staphylococcus, Salmonella, Streptococcus, Klebsiella, Bacillus, Proteus, dan juga Clostridium.

Dikarenakan memiliki efek antibakteri tersebut, bawang putih dapat menyembuhkan burung yang mengalami gangguan pencernaan yang dikarenakan bakteri.

2. Memiliki sifat antijamur

Bawang putih pun mempunyai sifat antijamur yang kuat serta dapat mencegah pembentukan mikotoksin seperti halnya aflatoksin yang berasal dari parasit aspergillus (Aspergillus parasiticus). Jadi, bawang putih mampu menghambat aneka penyakit yang diakibatkan jamur.

3. Memiliki sifat antiparasit

Bawang putih telah lama dipakai untuk obat cacing, sebab mempunyai sifat antiparasit. Penelitian paling baru memperlihatkan kalau alisin sangat efektif melawan sejumlah jenis parasit yang biasa menyerang burung peliharaan.

4. Mempunyai sifat antivirus

Alisin yang terdapat di dalam bawang putih juga dapat berguna menjadi antivirus yang dapat menghambat burung terkena infeksi terhadap serangan virus, baik itu dari burung liar, lingkungan kotor, dan juga air untuk minum yang terkena infeksi.

5. Menyembuhkan influenza dan juga pilek

Bawang putih sangat efektif melawan berbagai macam virus penyebab influenza dan pilek khususnya di musim pancaroba, ataupun selama musim hujan.

6. Membuat hangat tubuh

Bawang putih telah lama dikenal sebagai bahan yang dapat membantu membuat hangat tubuh burung, khususnya di musim hujan.

7. Untuk obat luka

Bwang putih pun memiliki khasiat mengobati luka untuk burung . Malahan bawang putih sering kali dipakai untuk terapi membuat tumbuh bulu sayap dan juga buntut .

Masih banyak manfaat bawang putih yang seluruhnya dapat menghambat serta mengobati berbagai macam penyakit burung, baik itu yang diakibatkan oleh bakteri, virus, parasit, atau jamur.

Langkah pemberian bawang putih untuk burung

Para penggemar burung di luar negeri umumnya memberi bawang putih untuk burung kenari, merpati, finch, sampai perkutut, pada bentuk cair ataupun juice.

Berikut ini langkah membikin juice bawang putih:

Ambillah beberapa siung bawang putih fresh, selanjutnya ditumbuk kemudian dicuci memakai air bersih.

Sesudah itu, campurkan dalam Segelas air panas/hangat.

Diamkan sekitar beberapa menit hingga ekstrak bawang putih bercampur rata.

Sesudah itu disaring lalu ditaruh ke dalam gelas / tempat air untuk minum burung.

Sesudah dingin, berikan untuk burung menjadi air untuk minumnya.

Adapun metode yang biasa dilakukan oleh para penggemar burung di Indonesia ialah memotong bawang putih ke dalam bentuk kecil-kecil, kemudian dilolohkan langsung untuk burung peliharaannya.

Langkah tersebut sering kali dipakai buat burung yang berasal dari famili merpati-merpatian, di antaranya seperti merpati, derkuku, perkutut, dan juga puter. Burung-burung yang berasal dari famili merpati-merpatian lebih gampang menyesuaikan diri dengan manusia, yang mana meloloh burung yang telah dewasa juga tidak jadi halangan.
Manfaat Bawang Putih Untuk Merpati

Posting Komentar untuk "Manfaat Bawang Putih Untuk Merpati"