Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda-Tanda dan Ciri-Ciri Hamil

Ciri-Ciri Hamil - Mungkin saat ini anda sedang bingung apakah anda hamil atau tidak? Atau saat ini anda juga ingin tahu tentang ciri-ciri hamil. Memang ciri-ciri hamil itu tidak semua wanita mengetahuinya karena setiap wanita memiliki ciri-ciri hamil yang berbeda.

Bahkan ada wanita yang saat hamil tidak merasa ada yang aneh di dalam dirinya. Dan di bawah ini akan dijelaskan beberapa ciri-ciri hamil yang dialami wanita pada umumnya:

1. Perut di bagian bawah terasa sakit
Ciri-ciri hamil yang pertama ini biasanya dirasakan pada usia kehamilan antara 16-18 minggu yang diakibatkan oleh kontraksi. Di bagian perut akan dirasakan lebih kencang seperti ingin buang air besar.

2. Sering kencing/buang air kecil
Ciri-ciri hamil ini akan dirasakan pada saat hamil tua dan hamil muda.

3. Morning  Sickness
Pada umumnya terjadi di pagi hari, siang dan sore hari yaitu terasa mual dan muntah. Hal ini terjadi pada masa kehamilan trimester pertama.

4. Bengkak pada kaki dan tangan
Hal ini dikarenakan beban jantung yang bertambah menjadi berat karena bertambahnya dua kali lipat volume darah untuk memenuhi apa yang janin butuhkan.

5. Perut menjadi lebih besar
Hal ini dikarenakan janin yang mulai tumbuh. Dan bagian rahim yang paling atas sejajar dengan pusar yang terjadi pada usia kehamilan 20 minggu. Namun sebagian wanita juga mengalami perut yang membesar pada usia kehamilan 16 minggu.

6. Adanya perubahan pada kulit
Ciri-ciri hamil ini disebabkan karena adanya perubahan pada hormon sehingga menyebabkan munculnya flek hitam pada lipatan tubuh dan juga wajah.

7. Pada payudara menjadi kencang dan membesar
Ciri-ciri hamil ini akan dirasakan pada usia kehamilan sekitar 3 bulan. Yang mana warna puting payudara dan sekitarnya akan menjadi semakin gelap dan payudara juga menjadi kencang dan membesar.

8. Perasaan akan menjadi lebih sensitif
Ciri-ciri hamil ini disebabkan oleh produksi hormon Progesteron dan esterogen yang cenderung naik dan bisa juga turun. Sehingga perasaan menjadi cepat marah, menangis, malas, atau cemburu.

9. Kesulitan dalam berkonsentrasi
Hal ini disebabkan karena tubuh akan terus bekerja secara berlebihan untuk perkembangan janin  dan pikiran akan sedikit terblok sehingga anda akan mengalami kesulitan untuk mengingat dan berkonsentrasi selama hamil.

10. Pertumbuhan kuku dan rambut

Ciri-ciri hamil ini dikarenakan adanya perubahan hormon yang mengakibatkan rambut tumbuh menjadi lebih banyak dan kuku pun akan tumbuh lebih kuat.
Tanda-Tanda dan Ciri-Ciri Hamil

Terima kasih atas kunjungannya. Artikel berikutnya yaitu tentang Ciri-Ciri Orang Hamil.

Posting Komentar untuk "Tanda-Tanda dan Ciri-Ciri Hamil"