Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Bawang Putih Untuk Ikan Cupang

Tentunya kita tak asing lagi dengan ikan hias memiliki ukuran kecil yang penuh warna. Ikan tersebut dinamakan ikan cupang. Asal ikan cupang tersebut ialah asia. Seringkali ikan cupang rawan pada sejumlah penyakit membahayakan, sehingga bila anda mempunyai ikan cupang untuk ikan hias, perlu tahu pengobatan serta perawatan dengan tepat buat ikan cupang. Supaya tak membahayakan bagi ikan ini, dapat memberi anti biotik yang berasal dari bahan alami yang gampang ditemukan di lingkungan, seperti misalkan bawang putih.

Sebelum membicarakan tentang anti biotik ikan cupang dari bahan bawang putih ada baiknya bila kita mengenal penyakit ikan cupang tersebut. Antara lain :

1. Infeksi oleh Jamur
Ikan cupang pun riskan pada infeksi jamur. Hal tersebut dapat diketahui bila warna ikan lebih pucat dari lazimnya dan ada kapas pada badannya. Buat menghindari jamur bertumbuh pada aquarium, ada baiknya sesudah diisi air beri garam. Walau mulanya cuma satu ikan yang terkena infeksi jamur, lama-kelamaan bakalan terkena infeksi ke ikan yang lainnya.

2. Infeksi Popeye
Untuk melihat salah satu mata ikan nonjol dari kepalanya, cek mata ikan cupang. Bila hal itu terjadi, ini cirinya tanda-tanda infeksi yang bernama popeye menyerang ikan. Air aquarium yang kotor tersebut yang menyebabkan bakteri itu muncul.

3. Infeksi oleh Bakteri
Untuk mengenal penyakit ikan cupang lainnya, cek apakah ikan itu punya badan yang mengembang atau membengkak. Bila hal itu terjadi ikan cupang terkena infeksi bakteri dalam ginjalnya. Keadaan tersebut diakibatkan karena keadaan air yang tidak baik. Di samping itu ikan yang mengonsumsi pakan yang tercemar pun dapat mengakibatkan timbulnya penyakit.

4. Sakit Ich
Perhatikan sisik ikan cupang, bila ada bintik putih seperti halnya garam ataupun pasir ini adalah ciri sakit ich. Penyakit tersebut dapat menimbulkan permasalahan pernafasan bagi ikan. Penyakit tersebut dikarenakan suhu air yang tak teratur dengan baik.

5. Infeksi Di Buntut dan juga Sirip
Perhatikan buntut ataupun sirip ikan cupang, bila sirip serta buntutnya tampak memudar itu cirinya ikan terkena infeksi bakteri. Bakteri tersebut dapat menyebabkan pembusukan di sirip, buntut dan juga mulut ikan. Yang menyebabkan pembusukan tersebut ialah ikan yang diserang oleh ikan lain di akuarium. Pembusukan di ikan tersebut makin buruk bila lingkungan akuarium pun kotor.

6. Gejala Velvet ataupun Parasit
Cobalah menyorotkan lampu senter pada sisik ikan cupang. Bila badannya tampak memiliki warna keemasan, ini cirinya gejala velvet atau parasit yang teramat menular. Di samping itu tanda-tanda tersebut diantaranya selera makan menjadi kurang dan menggaruk badannya ke sisi akuarium.

Sesudah tau gejala penyakit ikan cupang, terdapat jenis tanaman yang dapat digunakan untuk anti biotik yaitu bawang putih.

Bawang putih tersebut bermanfaat buat mengobati sakit KHV, bakteri serta parasit di ikan cupang. Di samping itu, bawang putih tersebut pun bermanfaat mengatasi bakteri di ikan patin dan juga mengatasi virus di ikan maa.

Bawang putih memiliki kandungan minyak atsiri, allicin. Langkah pemakaian bawang putih yakni haluskanlah 25 miligram bawang putih, kemudian campurkan air 1 liter. Dan rendamlah ikan didalamnya.

Itulah penjelasan tentang antibiotik untuk ikan cupang dari bawang putih dan mengenal penyakit ikan cupang. Supaya tak ada penyakit yang menyerang ikan cupang, ada baiknya bila senantiasa menjaga kebersihan air serta akuarium dan berikan makanan dengan tepat. Semoga bermanfaat.
Manfaat Bawang Putih Untuk Ikan Cupang

Posting Komentar untuk "Manfaat Bawang Putih Untuk Ikan Cupang"