Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Daun Sirih dan Khasiatnya

Manfaat daun sirih bagi kesehatan sudah diketahui sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Bahkan ada tradisi mengunyah daun sirih yang terdapat di beberapa daerah di Indonesia. Tanaman asli Indonesia ini dalam bahasa Jawa dikenal dengan sebutan Suruh.

Daun Sirih berwarna hijau cerah dan tanamannya bersifat merambat. Bentuk daunnya menyerupai jantung hati. Manfaat daun sirih yang luar biasa membuat banyak orang menanam daun sirih di pekarangan rumahnya sebagai tanaman obat. Selain itu, manfaat daun sirih juga sebagai tanaman hias karena bentuknya yang cukup menarik.

Selain manfaat daun sirih sebagai tanaman obat dan tanaman hias, daun sirih juga digunakan dalam berbagai upacara adat terutama kebudayaan atau adat istiadat yang ada di Indonesia.

Daun sirih juga dapat diolah dan minyaknya diambil. Minyak yang berasal dari daun sirih seperti Minyak Atsiri sangat baik untuk kesehatan karena mengandung zat-zat yang baik yaitu pati, gula, diatase, betiphenol, seskuiterpen, kavikol dan zat samak.

Sesungguhnya manfaat daun sirih sangatlah banyak. Di bawah ini akan dijelaskan tentang manfaat daun sirih pada umumnya yaitu:

1. Manfaat daun sirih yang pertama yaitu untuk menghentikan pendarahan, mengeluarkan dahak, mengerutkan, meluruhkan ludah, dan hemostatik.

2. Manfaat daun sirih yang kedua yaitu mengatasi gangguan saluran pencernaan dan menyembuhkan luka pada kulit.

3. Manfaat daun sirih juga sedagai pengendali hama penghisap dan pestisida alami karena daun sirih hutan mengandung bahan aktif fenol dan kavikol.

4. Kemudian manfaat daun sirih juga untuk membersihkan organ kewanitaan dan untuk menghilangkan bau badan.

5. Manfaat daun sirih selanjutnya yaitu untuk obat mimisan. Caranya yaitu daun sirih digulung dan dimasukan ke dalam lubang hindung.
Manfaat Daun Sirih dan Khasiatnya

Terima kasih atas kunjungannya. Semoga dapat membantu anda. Silahkan kunjungi juga artikel tentang tanda-tanda awal kehamilan.

Posting Komentar untuk "Manfaat Daun Sirih dan Khasiatnya"