Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfat Ketepeng Cina/Ki Manila Sebagai Obat Panu

Ketepeng Cina- atau orang dayak Kalimantan Tengah bilang Galinggang, ini adalah tumbuhan liar yang hidup bebas di hutan Kalimantan Tengah atau di lahan kosong. Tidak jarang ditemukan hidup di samping rumah sehingga sangat mudah ditemukan,  bahkan menjadi semak belukar yang sangat menggangu lahan sekitar, sehingga tanaman ini ditebas begitu saja.

Ketepeng Cina/Galingga  ini hidup dimana saja, di pinggiran jalan juga banyak hidup. Mengapa Ketepeng Cina/Galinggang bisa hidup di Kalteng karena ketepeng cina bisa hidup di lahan yang mempunyai tingkat keasaman tanah yang tinggi atau bergambut dan bisa juga gambut bercampur pasir. Cara membedakan ketepeng cina/galinggang dengan tanaman liar lain yaitu dari bungan, buah dan daunnya karena bunga tanaman yang berwarna orange bercampur kuning ini sangat cerah oleh sebab itu terlihat dari kejauhan. Selain itu ketepeng cina ini memiliki bau daun yang khas apabila kita gosok.

Ketepeng cina juga memiliki buah yang bisa dimakan dengan cara dibakar, ambil buah yang setengah tua, bijinya masih muda dan enak jika dimakan. Ciri buah ketepeng cina/galinggang yang tua yaitu buah berwarna kehitaman, dalamnya sudah keras tidak bisa dimakan. Fungsi  Buah ketepeng cina/galinggang sebagai pembunuh atau pembasmi cacing dalam perut hal inilah yang dikatakan orang tua jika dikonsumsi tidak berlebihan dan dimasak denga benar. 

Caranya dengan dibakar.
Selain buah dari ketepeng cina/galinggang, manfaat daunnya juga memiliki banyak fungsi diantaranya bisa mengobati panu, kadas kurap. Caranya ambil daun yang muda dua atau tiga lembar kemudian remas-remas sampai agak hancur sehingga mengeluarkan sari daun, lalu gosokkan ketempat panu atau kurap. Lakukan secara teratur tiga kali dalam sehari.

Posting Komentar untuk "Manfat Ketepeng Cina/Ki Manila Sebagai Obat Panu"