Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami Dengan Cepat

Punya ketombe tentunya teramat mengganggu. Tidak cuma membuat rusak penampilan anda tetapi juga membuat anda tidak percaya diri dengan rambut anda.

Di samping itu pula dapat membentuk tanggapan orang yang tidak-tidak tentang anda. Seperti misalkan, dikatakan jarang keramas, jorok banget, dan lain sebagainya.

Maka untuk anda yang berketombe, mulailah melakukan cara menghilangkan ketombe secara alami lebih dulu sebelum Anda nyoba produk-produk kimia. Sebab secara alami sudah tentu aman, alamiah, serta tentunya mujarab dengan hasil yang tak membuat kecewa.

Sebetulnya apa sih penyebab ketombe pada rambut? Pertama, ketombe dapat muncul sebab anda jarang keramas. Dikarenakan jarang keramas dapat menjadikan sel kulit yang mati numpuk tanpa dibersihkan dengan cara keramas.

Akibatnya, timbullah ketombe. Kedua, terlampau sering keramas pun dapat menyebabkan ketombe. Sebab terlampau sering keramas dapat menghambat produksi minyak pada kulit kepala yang mengakibatkan rambut menjadi kering.

Sementara itu minyak rambut berguna untuk pelembap sekaligus pencegah munculnya ketombe. Akan tetapi, tidak cuma itu saja yang menyebabkan ketombe pun dapat dikarenakan anda salah memakai produk ataupun merek shampoo.

Berarti, anda tak memakai shampoo yang cocok kulit kepala Anda, sementara itu ketidakcocokan tersebut dapat menyebabkan iritasi yang selanjutnya jadi ketombe.

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami

Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara menghilangkan ketombe yang membandel secara alami antara lain :

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun diklaim mampu menghilangkan ketombe secara alami serta permanen.

Berikut ini merupakan cara mengatasi ketombe secara alami memakai minyak zaitun, yaitu:

Aplikasikanlah minyak zaitun dengan rata ke kulit kepala
Pijit kulit kepala dengan perlahan serta lembut agar minyak bisa ngeresap ke dalamnya
Sesudah dipijat, diamkan sekitar Setengah jam
Paling akhir, cuci memakai air hangat

2. Minyak Almond

Minyak almond rupanya juga bisa mengatasi ketombe secara alami. Kandungan vitamin E yang terdapat di minyak almond diyakini mampu menghilangkan permasalahan kulit kepala dan juga rambut.

Dengan demikian persoalan kulit kepala seperti halnya ketombe bisa teratasi dengan cara memakai minyak almond.

Berikut ini merupakan cara mengatasi ketombe memakai minyak almond:

Aplikasikanlah minyak almond dengan rata pada kulit kepala
Pijit kulit kepala secara lembut dan juga perlahan-lahan hingga minyak almond rasanya ngeresap
Diamkan sampai Setengah jam
Paling akhir, cuci memakai air hangat.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dan Gatal Di Kepala Dengan Cepat

3. Minyak Kemiri

Cara mengatasi ketombe secara alami berikutnya ialah memakai minyak kemiri. Ekstrak biji kemiri bermanfaat bagi kesehatan rambut. Itulah kenapa umumnya minyak kemiri dipakai buat mempersubur dan juga menumbuhkan rambut.

Tidak hanya itu, minyak kemiri diyakini juga mampu menghilangkan ketombe tanpa membuat rusak rambut. Hal ini dikarenakan sifat anti-mikroba yang terdapat di dalamnya berguna buat mencegah pertumbuhan jamur yang dapat memicu ketombe. Pakailah minyak tersebut tiap sebelum keramas.

Berikut ini ialah caranya:

Oleslah minyak pada kulit kepala
Tunggu sekitar Setengah jam
Paling akhir, cuci sampai bersih.

4. Lidah Buaya

Cara mengatasi ketombe secara alami berikut ini adalah menggunakan lidah buaya. Selain manfaatnya buat memutihkan muka serta mengatasi jerawat, lidah buaya pun dapat digunakan buat menghilangkan ketombe secara alami.

Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat dalam lidah buaya yakni lemak, protein, karbohidrat, posfor, kalsium, zat besi, vitamin B1, vitamin A, serta C.

Caranya sebagai berikut:

Kupaslah lebih dulu kulit lidah buaya
Sesudah hanya sisa dagingnya saja tumbuklah atau blender hingga halus
Aplikasikanlah pada kulit kepala secara merata sambil pijit perlahan-lahan. Hal tersebut agar lidah buaya bisa ngeresap menyeluruh pada kulit kepala
Lakukan sekitar kira-kira Setengah jam
Paling akhir, cuci hingga bersih

5. Daun Sirsak

Cara mengatasi ketombe secara alami berikutnya ialah memakai daun sirsak. Bagi kesehatan, Daun sirsak memiliki kandungan zat acetogenin yang dipercaya mampu menghilangkan racun dari dalam tubuh dan mencegah berkembangnya sel penyakit kanker.

Sementara itu buat perawatan kulit seperti misalkan kulit kepala, daun sirsak bisa dipakai untuk memberantas kutu sekaligus ketombe Dikarenakan zat acetogenin dapat meracuni parasit yang menyebabkan ketombe.

Berikut ini merupakan cara mengatasi ketombe memakai daun sirsak:

Siapkanlah beberapa lembar daun sirsak. Basuh lebih dulu memakai air mengalir
Tumbuklah ataupun blender hingga halus
Tambahkanlah air sedikit saja
Selanjutnya terapkan pada rambut dengan merata. caranya tidak jauh berebeda seperti penggunaan lidah buaya
Biarkan sampai Setengah jam
Paling akhir, cuci sampai bersih

6. Jeruk nipis Atau Lemon

Jeruk nipis tentu mempunyai khasiat yang beragam buat kecantikan, kali ini tidak cuma untuk membuat putih ataupun mengatasi jerawat tapi juga buat menghilangkan ketombe yang terdapat pada kulit kepala.

Kandungan zat yang alami yang terdapat di dalam jeruk nipis pun beragam. Seperti misal, vitamin C, vitamin B, lemak, karbohidrat, protein, kalsium, serat, magnesium, serta masih banyak lagi.

Selain diyakini buat mempertebal serta menumbuhkan rambut, jeruk nipis pun dipercaya mampu mengatasi ketombe secara alami.

Seperti halnya jeruk nipis, lemon pun mampu mengatasi ketombe secara alami. Hal ini dikarenakan enzim yang alami yang terdapat dalam lemon mampu menghilangkan ketombe dengan tuntas.

Berikut ini merupakan cara mengatasi ketombe memakai jeruk nipis Ataupun Lemon:

Siapkanlah jeruk nipis ataupun lemon seperlunya
Peraslah jeruk nipis kemudian tambahkanlah sedikit air
Aplikasikan ke rambut
Biarkan sekitar beberapa waktu hingga ngeresap dalam kulit kepala
Terakhir, cuci hingga bersih

7. Cuka

Cuka pun dapat digunakan untuk mengatasi ketombe secara alami. Akan tetapi dengan catatan tak diperbolehkan dengan takaran yang terlalu berlebihan. Jadi takarannya yang sedang-sedang saja serta wajar.

Kandungan asam dalam cuka dipercaya mampu mengangkat sel kulit yang mati yang terdapat di kulit kepala. Maka dari itu, permasalahan ketombe karena tertimbunnya sel kulit yang mati tersebut dapat hilang.

Berikut ini merupakan cara mengatasi ketombe memakai cuka:

Tuangkanlah Satu sendok teh cuka dalam sebuah wadah
Aplikasikanlah pada kulit kepala dengan rata
Biarkan sekitar beberapa waktu
Paling akhir, cuci hingga bersih. Buat hasil yang maksimal pakailah Dua kali satu minggu.

8. Baking Soda

Cara mengatasi ketombe secara alami berikutnya ialah memakai baking soda. Perlu Anda ingat, untuk pemakaian baking soda pun jangan terlalu berlebihan dan hindari terlalu sering sebab dapat berakhir dengan tidak baik di kulit kepala Anda. Pakailah memakai takaran sedang dan wajar.

Berikut ini merupakan cara mengatasi ketombe memakai baking soda:

Tuangkanlah ½ sendok teh baking soda ke sebuah wadah
Tambahkanlah sedikit air dan juga aduk sampai menjadi kental
Aplikasikanlah pada kulit kepala
Tunggu sekitar beberapa waktu
Paling akhir, cuci hingga bersih

9. Bawang Merah

Cara mengatasi ketombe secara alami berikutnya ialah memakai bawang merah. Bawang merah rupanya dapat dipakai untuk pemberantas ketombe.

Hal ini dikarenakan adanya beragam nutrisi yang terdapat di bawang merah seperti misalkan sulfur dan juga anti bakteri, yang dapat mencegah timbulnya ketombe.

Caranya mengatasi ketombe memakai bawang merah ialah sebagai berikut:

Siapkanlah bawang merah seperlunya
Kupaslah kulitnya lebih dulu selanjutnya blender ataupun haluskanlah secara manual
Terapkan pada kulit rambut dengan rata
Tunggu sekitar beberapa waktu saja
Terakhir, cuci sampai bersih.

10. Larutan Garam

Cara mengatasi ketombe secara alami lainnya ialah garam. Garam pun dapat anda jadikan opsi buat mengatasi ketombe secara alami.

Larutan garam tentu dapat dipakai untuk mengatasi jenis ketombe kering. Caranya ialah seperti berikut:

Siapkanlah garam
Ambillah Dua hingga Lima sendok garam lalu tambahan air hangat
Larutkan dengan cara diaduk
Aplikasikanlah pada kulit kepala dengan cara menggosok-gosokkan memakai tangan
Gosok sambil pijit kulit kepala
Diamkan sekitar kira-kira 15 menit
Paling akhir, cuci hingga bersih

11. Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Sayuran Hijau

Coba untuk memakan sayuran hijau seperti misalkan kangkung. Sebab sayur-sayuran hijau secara tak langsung bisa mengatasi ketombe. Sayur-sayuran hijau seperti halnya kangkung memiliki nutrisi baik untuk rambut.

Yang pertama, dengan cara mengkonsumsinya ketika makan. Yang kedua, dengan yang tak jauh beda dengan masker rambut yang lainnya. Caranya, rendamlah daun kangkung sekitar 1 malam. Selanjutnya, sesudah air rendaman berubah jadi warna biru, pakailah air tadi buat keramas.

12. Cuka Sari Apel

Dikarenakan cuka sari apel diklaim mampu mematikan jamur yang menyebabkan ketombe. Hal ini dikarenakan kandungan anti-jamur dan juga anti-bakteri nya.

Cara memakainya pun mudah, yakni dengan mencampur sari cuka apel bersama dengan air secukupnya. Sesudah itu, campurlah dengan shampoo. Pakailah buat keramas seperti biasa.

13. Daun Pandan

Tidak cuma untuk garnis serta pewangi masakan, daun pandan rupanya juga bisa digunakan buat mengatasi ketombe secara alami. Daun pandan memiliki nutrisi baik bagi kesehatan rambut.

Tidak cuma mengusir ketombe, khasiat yang dihasilkan daun pandan lainnya ialah pencegahan rambut rontok, dan membuat halus serta memperkuat rambut.

Caranya ialah dengan cara menghaluskan daun pandan. Selanjutnya campurlah bersama dengan air hangat. Sesudah itu, terapkanlah pada kulit kepala dan yang terakhir cuci sampai bersih.

14. Minyak kayu Cedar

Minyak kayu cedar memiliki kandungan anti-septic, anti-sboroik yang dipercaya mampu secara alami mengatasi ketombe. Minyak kayu cedar bagusnya dipakai pada saat malam sebelum tidur. Caranya ialah seperti berikut:

Campurlah 6 tetes minyak kayu cedar bersama dengan 6 tetes minyak esensial rosemary dan juga 4 tetes minyak cypress
Selanjutnya, campurlah pula 50 mililiter minyak zaitun
Sesudah bercampur, aplikasikanlah pada kulit kepala sambil dilakukan pemijatan dengan lembut
Diamkan semalaman
Paling akhir, cuci sekaligus keramas pada paginya.
Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami Dengan Cepat

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami Dengan Cepat"