Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Ketombe Kering Dan Basah Serta Cara Mengatasinya

Pada iklim tropis lembap seperti halnya di Indonesia, cukup banyak orang dengan permasalahan ketombe di rambutnya.

Selain rasa gatal, ketombe pun membuat kepala jadi bersisik yang mana kepingan kecil kulit kepala akan terjatuh.

Di samping itu, ketombe pun bisa memicu kerontokan pada rambut. Hal tersebut tentu dapat membuat kurang merasa percaya diri.

Berbagai cara dijalankan supaya kepala tidak lagi ada ketombe. Ada yang sukses, ada pula yang justru bertambah berketombe.

Penyebab Ketombe Kering Dan Basah Serta Cara Mengatasinya

Sebelum mengatasi ketombe, sebaiknya anda mengetahui terlebih dulu jenis ketombe agar tak salah pilih jenis perawatan.

Terdapat 2 jenis ketombe yang biasanya diderita, yakni ketombe kering dan ketombe basah.

Pada intinya, ketombe mempunyai tanda kulit kepala gatal serta ada sisiknya sehingga timbul serpihan-serpihan berwarna putih yang nempel di rambut atau malahan hingga jatuh di pundak.

Untuk ketombe basah, akan terasa basah pada kulit kepala di area yang terkena infeksi.

Ketombe basah diklaim lebih membahayakan dibandingkan ketombe kering sebab adanya infeksi jamur yang bisa mengakibatkan kebotakan.

Umumnya, infeksi jamur di ketombe basah diakibatkan oleh jamur yang hidup di hewan peliharaan di antaranya seperti anjing dan juga kucing.

Pengobatannya juga ada baiknya memakai obat antijamur sistemik dan pengompresan pada kulit kepala.

Ataupun, anda juga bisa mengobati ketombe basah dengan cara membubuhi baking soda pada kulit kepala yang telah dibasahkan, biarkan sekitar 2 Sampai 5 menit kemudian cuci.

Beda halnya dengan ketombe basah yang mana kotorannya nempel di kulit kepala dan juga rambut, sedangkan pada ketombe kering lebih ringan yang mana serpihan-serpihannya gampang terjatuh di pundak penderitanya.

Ketombe kering umumnya dikarenakan keadaan kulit kepala yang kering disebabkan oleh dehidrasi, terlalu sering membasuh rambut, ataupun disebabkan oleh terlalu berlebihan mencuci rambut memakai air panas.

Di samping itu, pemakaian shampo dan juga kondisioner yang sangat keras pun bisa menyebabkan keringnya kepala sehingga membuat bersisik serta menimbulkan ketombe.

Agar bisa terhindar dari ketombe kering, anda bisa meminum air putih lebih banyak, tak terlampau sering nyuci rambut, serta pakailah air dingin untuk nyuci rambut sehingga rambut anda dapat tetap lembap.

Anda pun dapat memakai bahan-bahan yang alami untuk membuat lembab rambut. Contohnya, minyak kelapa VCO, minyak argan, atau minyak zaitun.

Dengan cara melindungi kelembapan rambut, ketombe kering secara perlahan akan lenyap.
Penyebab Ketombe Kering Dan Basah Serta Cara Mengatasinya

Posting Komentar untuk "Penyebab Ketombe Kering Dan Basah Serta Cara Mengatasinya"