Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menu Sarapan Pagi Sehat Hari ini di Rumah

Kali ini saya akan membuat menu sarapan pagi di rumah. Maklum tidak bisa telat makan kalau telat ya maag kambuh. Jadi saya harus cepat-cepat membuat sarapan pagi agar maag tidak kambuh.
Saya membuat menu sarapan pagi hari ini yang sehat, praktis, alami, murah,tidak repot banyak ini dan itu, sarapan pagi hari ini untuk hidup yang lebih baik hee. Sarapan pagi baik untuk penderita maag, yang sering kambuh karena ketidak teraturan makan.

Menu sarapan pagi Khas Dayak Katingan yaitu Kandas Suna. Suna bagi orang dayak katingan yaitu bawang. Bagi orang dayak katingan pada zaman dahulu sebelum ada bawang merah maka pengganti bawang merah adalah Suna. Jadi bumbu masakan sehari-hari mereka dahulu yaitu bawang putih dan suna. Bisa dikatakan mereka tidak menggunakan bawang merah, nah karena zaman sudah maju baru-baru aja mereka menggunakan bawang merah.

Berikut ini menu sarapan pagi hari ini yang praktis :
Kandas Suna Ikan Patin
Bahan Kandas Suna Ikan Patin:
1 genggam suna, bersihkan buang akar dan daun mati dan daun yang menguning.
3 potong ikan pating yang sudah digoreng.
Garam sesuai selera
Gula/petsin sesuai selera
Cara membuat makanan khas dayak Kandas Suna :
1. Potong kecil-kecil suna yang sudah bersih.
2. Setelah itu panaskan minyak goreng secukupnya untuk menumis suna. Jika sudah panas maka masukkan suna.
3. Aduk-aduk suna agar cepat masak,beri garam dan penyedap tunggu sampai suna masak lalu angkat.
4. Siapkan cobek dan ulegkan, masukkan patin goreng dan suna, uleg kasar ikan dan suna sampai tercampur rata. Sambil cicipi apakah garam sudah pas.

Jika sudah maka sajikan dengan nasi panas.

Tips memasak menu masakan khas dayak katingan yaitu kandas suna adalah ketika menggoreng jangan terlalu banyak minyak, sesuaikan dengan banyak suna karena jika terkena minyak maka suna  akan terlihat lebih sedikit. Ketika memasak suna usahakan jangan terlu lama karena bisa menguning. Masaklah daun suna terlebih dahulu jika suna yang dibeli banyak, karena ubinya tahan lama apabila masih memiliki akar dia bisa tumbuh kembali dan berdaun lagi.

Posting Komentar untuk "Menu Sarapan Pagi Sehat Hari ini di Rumah "