Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Martabak Manis Terang Bulan

Cara membuat martabak manis terang bulan isi coklat dan keju yang mudah. Martabak ada dua jenis yaitu martabak manis dan martabak telor. Jika di Kalimantan Tengah Palangkaraya martabak telor namax Martabak sedangkan martabak manis dinamakan Terang Bulan dengan isi berbagai macam misalnya coklat, ketan, kacang, susu, keju, dan berbagai macam rasa yang lain.

Rasa dari martabak manis atau terang bulan ini sangat enak,teksturnya seperti bingka ambon yang memiliki sarang. Biasanya terang bulan atau martabak manis dengan berbagai rasa dijual ketika menjelang malam, penjual biasanya berada di pinggir jalan raya atau depan jalan-jalan tertentu yang berada dikeramaian lalu lalang pengendara motor.

Ada juga yang menjual martabak dengan ukuran mini pada siang hari atau di pasar-pasar tradisional hanya saja varian rasa ada dua yaitu coklat dan kacang dan untuk harga martabak mini sangat murah berkisar antara 2 ribu rupiah lebih. Sedangkan untuk rasa martabak mini tidak jauh berbeda dengan martabak manis yang dijual dengan porsi jumbo pada malam hari.

Cara dan bahan untuk membuat martabak manis atau terang bulan mini dan jumbo yang mudah dan praktis lembut dengan bahan : gula 1 gelas, telur 4 butir, pernifan 1/2 sendok, air 3 gelas, mentega cair 5 sdm, tepung kurang lebih 3 gelas untuk tepung bisa kurang juga bisa lebih sesuaikan dengan tingkat kekentalannya jadi tepungnya masukkan sedit demi sedikit sampai kekentalannya dirasa cukup.

Cara membuat martabak manis terang bulan mudah , mixer gula+air+pernifan,jika sudah hancur dan berbuih, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sampai adonan setengah kental (jika dijatuhkan lancar tidak sering putus2) apabila sudah tercampur masukan mentega cair. Tutup rapat dalam toples tunggu kurang lebih 1jam sampai adonan mengembang/berbuih2.

Lalu panggang dengan api sedang dalam teplon,tutup adonan. Setengah masak taburi gula dan beri isi coklat atau parutan keju sesuai selera aja lalu tutup lagi, jika sudah masak lipat menjadi dua. Taraaa jadi dch martabaknya.

Kalau mau martabak yang lebih lembut gunakan hanya kuning telurnya saja ya, selamat mencoba. Maaf resep tidak terlalu lengkap dan jelas maklum eksperimen yang berhasil tidak selalu dicatat bahannya tetapi foto hasilnya jadi waktu ingin berbagi lupa+lupa caranya fan bahan. :)

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Martabak Manis Terang Bulan"