Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Ketombe Pada Bayi

Kepingan ataupun kerak putih pada kulit kepala yang kelihatan seperti halnya ketombe alias cradle cap adalah hal biasa terjadi di bayi, serta bukan pertanda kebersihan bayi tidak terjaga.

Biasanya cradle cap di kulit kepala bayi timbul di beberapa bulan pertama kemudian akan hilang dalam kurun waktu 6 Sampai 12 bulan.

Penyebab Ketombe di Kulit Kepala Bayi

Walau yang menjadi penyebab cradle cap tidak dapat dipastikan, akan tetapi sejumlah ahli mempercayai bahwa hal tersebut dipengaruhi hormon pada saat ibu hamil di kehamilan trimester yang terakhir dan disalurkan kepada bayi.

Hormon itu selanjutnya memproduksi minyak berlebihan di kulit kepalanya.

Kemungkinan lain yang menyebabkan bayi mengalami cradle cap ialah jamur Malassezia serta bakteri yang bertumbuh di minyak itu.

Pada umumnya cradle cap tak menular. Cuma saja pada saat keadaannya telah parah, kulit kepala bayi rasanya gatal.

Gejala ataupun tanda di bayi ketika mengalami cradle cap ialah timbulnya kerak tebal pada kulit kepala, ada sisik putih ataupun kuning di kulit kepalanya berminyak ataupun kering, serta dapat disertai kemerah-merahan di kulit kepala.

Cara Menghilangkan Ketombe Pada Bayi

Ketombe biasa dijumpai pada kepala bayi baru lahir. Belum diketahui apa penyebab pasti munculnya keadaan tersebut pada bayi.

Akan tetapi, diduga hormon yang berlebihan diterima bayi dari ibunya yang jadi penyebab munculnya ketombe di kepala bayi.

Ketombe tersebut umumnya tak membutuhkan perawatan medis khusus, sebab akan lenyap dengan begitu saja dalam beberapa bulan. Beberapa cara yang dapat ibu lakukan untuk menghilangkan ketombe pada bayi, seperti:

Lakukanlah Pijatan ketika Keramas

Pengelupasan kulit bagi bayi cukup biasa terjadi sebagai bentuk meregenerasi kulit baru.

Akan tetapi, bila keadaan tersebut terjadi dengan terus-terusan, kulit kepala bayi bisa mengelupas serta menyebabkan ketombe.

Ibu dapat menggunakan sedikit shampo bayi lalu dilakukan pemijatan secara lembut di kulit kepala. Kemudian ketika ketombe mengelupas, bersihkanlah memakai sikat halus.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dan Gatal Di Kepala Dengan Cepat

Perhatikanlah Intensitas Mandi Bayi Anda

Ibu perlu juga memperhatikan intensitas mandi bayi Anda, seyogianya ibu tidak terlampau sering mandikan bayi.

Si Kecil cukup mandi 2 kali satu hari, sebab mandi dan juga keramas terlampau sering dapat mengakibatkan permasalahan di kulit bayi.

Di samping itu, shampo yang dipakai di bayi pun akan numpuk di kulit kepala bila ibu tak mencuci dengan sangat bersih.

Berikanlah Baby Oil untuk Kulit Kepala Bayi Anda

Teteskanlah baby oil di kulit kepala bayi lalu diamkan sekitar beberapa menit sebelum Anda bersihkan.

Minyak tersebut sangat membantu dalam mengurangi ketombe di bayi, sebab kulit kepala terhidrasi secara baik memakai baby oil.

Ketombe bahkan dapat memengaruhi bagian tubuh yang lainnya. Oleh sebab itu, ibu ada baiknya melakukan pemeriksaan daerah lipatan kulit, seperti misalkan lipatan paha, tangan, ketek ataupun selangkangan.

Jagalah area-area lipatan pada bayi supaya tetap lembab secara baik.

Lakukan pemijatan menggunakan Minyak dengan kandungan Tea Tree Oil

Tea tree oil mampu membantu dalam mengangkat kulit mati tanpa menimbulkan iritasi.

Pengelupasan itu berguna dalam pencegahan semua jenis penumpukan kulit mati di kulit kepala yang menimbulkan ketombe.

Campuran Perasan Lemon dengan Shampo

Perasan lemon memiliki kandungan asam hidroksida berguna dalam melawan jamur di ketombe. Di samping itu, lemon pun membantu mengurangi gatal di kulit kepala.

Caranya ialah dengan mencampurkan 2 sdm perasan lemon bersama dengan seperempat cangkir yoghurt. Oles ke kulit kepala lalu diamkan sekitar 20 menit. Selanjutnya cuci memakai air serta shampo hingga bersih.

Lakukan Ini Jika Ketombe Pada Bayi Tidak Hilang

Bila sesudah melakukan perawatan seperti yang dijelaskan di atas, cradle cap masih saja ada atau malah semakin memburuk, bertambah luas, ataupun mengakibatkan luka pada kulit kepala, ada baiknya Anda secepatnya melakukan pemperiksaan bayi Anda ke dokter.

Dokter barangkali akan menganjurkan pemakaian shampo ketombe orang dewasa buat membersihkan kulit kepala serta rambut bayi Anda, jika keramas rutin memakai shampo bayi tak dapat mengatasinya.

Akan tetapi berhati-hatilah, pastikan shampo tak kena matanya.

Dokter pun mungkin akan memberi resep krem anti-radang bila terjadi iritasi pada kulit kepala bayi, dan obat anti jamur bila ada infeksi jamur.

Dan, janganlah dengan sembarangan memberi obat buat bayi Anda tanpa persetujuan dari dokter.

Jangan khawatir jika melihat kepala bayi ada kotoran seperti halnya ketombe. Lakukanlah cara-cara di atas untuk usaha mengatasinya.

Jika masih ragu-ragu, Anda bisa melakukan pemperiksaan bayi Anda kepada dokter spesialis anak.
Cara Menghilangkan Ketombe Pada Bayi

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Ketombe Pada Bayi"