Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Bruntusan Dengan Cepat dan Ampuh

Bruntusan merupakan salah satu permasalahan kulit pada wajah selain komedo, kerutan di wajah, flek hitam, serta jerawat. Bruntusan ialah keadaan di mana ada bintik-bintik kecil dengan warna kemerah-merahan pada area wajah seseorang.

Bruntusan tidak cuma mengurangi estetika pada wajah, tetapi juga mengakibatkan gatal serta pedih ketika keluar keringat, sehingga berpotensi dapat menimbulkan iritasi karena garukan.

Cara Menghilangkan Bruntusan Dengan Bahan Alami

Berikut adalah cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan cara menggunakan bahan-bahan yang alami, antara lain :

1. Tomat

Tomat dipakai untuk salah satu cara mengatasi bruntusan memakai bahan yang alami. Cara mengatasi bruntusan dengan memakai tomat sangat gampang, cukup dengan cara menghaluskan tomat menggunakan blender.

Sesudahnya aplikasikan di area wajah yang Anda inginkan seperti halnya memakai masker. Biarkan sekitar 15 menit kemudian cuci memakai air yang bersih. Tomat sangat efektif dalam cara menghilangkan bruntusan ini asalkan anda memakainya dengan teratur.

2. Es Batu

Es batu juga sangat efektif dan gampang di dalam menjalankan cara menghilangkan bruntusan. Es batu dapat memberi rasa dingin pada wajah sehingga dapat meringankan rasa gatal dikarenakan bruntusan.

Es batu sangat mujarab dalam mengatasi bruntusan pada wajah bahkan hanya dalam semalam saja. Caranya yaitu aplikasikan es batu ke semua bagian wajah dan rasakanlah sensasi dinginnya.

3. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh mempunyai kandungan yang mampu menghilangkan rasa gatal serta membuat kulit jadi lebih tenang. Cara menghilangkan bruntusan menggunakan cengkeh ini bisa anda mencobanya di rumah.

Dianjurkan menambah air lebih dulu ke minyak cengkeh sebelum Anda mengolesnya ke wajah supaya hasilnya lebih optimal.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun populer karena kandungannya yang ampuh dalam membuat lembab kulit. Di samping itu, minyak zaitun pun mengandung vitamin E yang bermanfaat sebagai anti-oksidan.

Cara menghilangkan bruntusan menggunakan minyak zaitun yaitu dengan cara mencampur minyak zaitun bersama dengan madu, selanjutnya oleslah pada bagian wajah yang ada bruntusannya.

Biarkan beberapa waktu kemudian cuci sampai bersih. Buat hasil maksimal, anda dapat menjalankan cara menghilangkan bruntusan ini dengan teratur sampai beruntusan pada pipi serta kening menjadi reda.

5. Soda Kue

Soda kue mengandung antiinflamasi yang cukup berguna dalam menghilangkan bruntusan. Akan tetapi untuk Anda yang berkulit sensitif ada baiknya menghindari pemakaian ini dikarenakan kandungan asamnya sangat tinggi sehingga bisa mengakibatkan iritasi.

Untuk cara menghilangkan bruntusan memakai soda kue ini ialah dengan cara mencampurnya dengan air, selanjutnya oleslah ke bagian kulit yang ada bruntusan. Biarkan sekitar 10 sampai 15 menit. Lalu bilaslah memakai air yang bersih.

6. Oatmeal

Cara menghilangkan bruntusan berikutnya adalah menggunakan oatmeal. Bahan ini sangat cocok dipakai untuk Anda yang berkulit sensitif. Oatmeal mengandung antiinflamasi yang berguna dalam mengatasi peradangan karena bruntusan.

Caranya yaitu haluskan oatmeal memakai blender kemudian campurlah dengan air hangat. Berikutnya aplikasikan ke wajah dengan jalan digosok serta dipijat secara perlahan-lahan sekitar 10 sampai 15 menit. Lakukanlah cara menghilangkan bruntusan ini dengan teratur tiap hari.

7. Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang cukup baik dalam mengurangi radang serta infeksi kulit. Caranya cukup gampang, Anda hanya perlu mengoles cuka apel ke wajah yang ada bruntusan dengan memakai kapas.

Biarkan sekitar beberapa menit saja sebelum anda angkat kapasnya. Lakukan cara menghilangkan bruntusan tersebut sekitar Dua hingga Tiga kali satu hari hingga bruntusan hilang.

8. Putih Telor

Putih telor sangat ampuh dan efektif dalam menghilangkan bruntusan pada kulit yang anda alami. Putih telor bermanfaat dalam membersihkan serta membuat kencang kulit. Caranya yaitu siapkan putih telor lalu kocoklah.

Selanjutnya oleskan secara langsung ke semua bagian wajah, kemudian biarkan sekitar Setengah jam sampai wajah rasanya kencang. Sesudahnya, cuci memakai air yang bersih.

9. Madu

Madu mempunyai kandungan yang bagus dalam mengatasi sejumlah permasalahan kulit salah satunya yaitu menghilangkan bruntusan. Madu sangat efektif sekali dalam menghilangkan bruntusan bila anda memakainya dengan teratur.

Caranya pun cukup gampang, yaitu oleskan madu ke wajah yang sudah dibersihkan sekitar Setengah jam, kemudian cuci memakai air bersih.

10. Lidah Buaya

Lidah buaya sangat mujarab dalam menghilangkan bruntusan karena memang sudah terkenal mengandung zat yang dapat membuat tenang kulit. Tak hanya untuk kulit yang terkena iritasi, lidah buaya pun mampu mengatasi gatal-gatal karena bruntusan pada kening serta wajah.

Lidah buaya pun memiliki kandungan vitamin E yang cukup bagus untuk kulit. Caranya pun sangat gampang, anda dapat memakai gel lidah buaya baik itu yang Anda peroleh dari tumbuhannya langsung ataupun dengan membeli gel lidah buaya yang cukup banyak dijajakan di pasaran.

11. Teh Hijau

Teh hijau juga sangat efektif dalam Anda menjalankan Cara menghilangkan bruntusan. Teh hijau terkenal punya segudang khasiat bagi kesehatan, baik kesehatan tubuh ataupun kulit.

Cara tersebut akan membantu dalam menghilangkan bruntusan pada pipi dan kening. Teh hijau pun dikenal mengandung anti oksidan yang cukup bagus untuk kulit. Caranya juga sangat mudah yaitu oleskan air teh hijau secara langsung pada area wajah yang anda kehendaki.

12. Lemon

Cara menghilangkan bruntusan dengan lemon ini cocok untuk mengatasi bruntusan yang ada pada pipi dan kening. Akan tetapi untuk anda yang berkulit sensitif mesti lebih hati-hati ketika memakainya sebab lemon mempunyai kandungan asam yang sangat tinggi.

Jadi Anda dapat mencampur putih telur dengan perasan air lemon selanjutnya oleslah ke kening serta bagian wajah yang lainnya dengan rata. Biarkan sekitar 20 menit sampai menjadi kering kemudian cuci hingga bersih.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Timbulnya bruntusan di wajah dikarenakan faktor kebersihan. Oleh karena itu, membersihkan wajah dengan benar serta rutin merupakan cara menghilangkan bruntusan paling baik.

Berikut beberapa tips dan cara menghilangkan bruntusan pada wajah yang dapat Anda mencobanya di rumah, yaitu :

1. Menggunakan Toner

Penyebab bruntusan salah satunya yaitu aktivitas pembersihan tata rias muka yang tak sempurna. Oleh karena itu, pakailah toner buat melakukan pembersihan sisa make-up di wajah. Hal ini akan membuat wajah bersih kembali dan membantu dalam pengontrolan kadar pH di wajah.

2. Memakai Masker Wajah

Menggunakan masker wajah yang dibuat dari berbagai macam bahan yang alami di antaranya seperti madu, daun teh, sampai aloe vera juga diyakini efektif dalam menjalankan cara menghilangkan bruntusan di wajah ini.

Pakailah masker wajah dengan teratur, seperti misalkan ketika hendak tidur malam hari, hingga nanti hasilnya kelihatan. Sesudah bruntusan lenyap, sebaiknya Anda tetap memakai masker wajah supaya mencegah bruntusan hadir lagi.

3. Moisturizer

Kulit berminyak ialah salah satu yang dapat memicu terjadinya bruntusan di wajah. Oleh karena itu, cara menghilangkan bruntusan pada wajah dikarenakan kulit berminyak ialah dengan cara memakai krem pelembap atau moisturizer khusus untuk wajah.

Moisturizer berguna buat melembabkan kulit pada wajah sehingga kulit tidak terlalu bekerja keras dimana hal ini dapat memicu munculnya bruntusan di wajah.

4. Konsisten Memakai Produk Wajah

Ada begitu banyak produk kecantikan wajah, seperti misalkan make-up sampai skin-care, sering kali membikin Anda tergoda buat mencoba berbagai macam produk itu. Padahal, belum pasti produk-produk wajah tersebut cocok untuk kulit Anda.

Akibat dari ketidakcocokan tadi, muncullah permasalahan di wajah, salah satunya yaitu bruntusan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda konsisten memakai produk kecantikan wajah Anda yang telah aman dan cocok dengan kulit Anda. Hal ini pun akan mencegah terjadinya bruntusan pada wajah.

5. Mengurangi Penggunaan Make-up

Make-up tentunya penting buat menunjang penampilan Anda. Akan tetapi, make-up juga dapat menjadi penyebab munculnya bruntusan. Oleh sebab itu, cara menghilangkan bruntusan semestinya juga Anda lakukan ialah mengurangi penggunaan make-up.

6. Metode Double Cleansing

Bruntusan pun bisa diatasi dengan cara mengimplementasikan metode double cleansing untuk membersihkan wajah. Cara menghilangkan bruntusan ini dilakukan dengan jalan membersihkan wajah sebanyak 2 kali.

Pertama-pertama bersihkanlah wajah memakai oil-based ataupun water-based cleanser. Sesudah itu, basuh lagi wajah dengan memakai facewash sesuai dengan kecocokan dengan kulit Anda.

BACA JUGA : 36 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Dan Mudah Tanpa Bekas Paling Ampuh

7. Melakukan Deep Cleansing

Cara menghilangkan bruntusan ini adalah menggunakan metode deep cleansing di wajah Anda. Yang mana metode ini tujuannya supaya wajah jadi bersih hingga kepada pori-porinya. Oleh sebab itu, pakailah alat seperti misalkan brush ataupun sponge ketika melakukan pembersihan wajah memakai sabun facewash.

8. Exfoliating

Untuk cara menghilangkan bruntusan tidak cukup dengan melakukan pembersihan wajah memakai sabun cuci muka saja. Namun Anda perlu juga melakukan eksfoliasi, yaitu proses pengangkatan sel kulit yang mati serta minyak yang berlebihan pemicu munculnya bruntusan.

Pakailah produk eksfoliasi dengan kandungan salicylic acid yang punya keefektifan yang tinggi untuk mengangkat sel kulit yang mati, juga mengurangi minyak yang berlebihan, sebab sifat soluble oil yang dapat menembus pori wajah.

Eksfoliasi tersebut bisa dilakukan minimal 1 kali dalam satu minggu. Buat mendapatkan hasil lebih optimal, terutama untuk yang mempunyai kulit berminyak, maka eksfoliasi bagusnya dilakukan lebih satu kali dalam satu minggu.

9. Menggunakan Serum Wajah

Jika Anda aktif memakai serum wajah, maka ini adalah salah satu cara menghilangkan bruntusan di wajah yang cukup baik. Hal ini juga dapat mencegah munculnya bruntusan pada wajah.

Kandungan di serum wajah membikin kulit wajah menjadi lebih menyesuaikan diri dengan peroxide, benzoyl, ataupun niacinamide, dimana ketiga-tiganya jadi bahan kimia yang dapat memicu munculnya bruntusan di wajah.

10. Pakailah Skin-care Dengan Terurut

Memakai berbagai jenis produk skin-care pun tak diperbolehkan secara sembarangan, maksudnya adalam penggunaannya seharusnya dilakukan dengan berurutan.

Misalnya, Anda memakai serum wajah dan moisturizer. Sebaiknya, memakai serum lebih dulu sebelum menggunakan moisturizer.

Sifat molekul di moisturizer lebih besar daripada serum dapat menghalangi molekul pada serum buat ngeresap dalam pori wajah bilamana serum digunakan sesudah moisturizer. Alhasil, pada wajah akan muncul bruntusan.

Dan berikut ini adalah urutan untuk penggunaan skin-care yang tepat yaitu:

1. Cleanser
2. Facewash
3. Toner
4. Serum
5. Moisturizer
6. Masker

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Jerawat Paling Manjur Dan Ampuh

Penyebab Munculnya Bruntusan di Kulit

Bruntusan pada kulit wajah ataupun bagian kulit tubuh yang lainnya, diakibatkan oleh penggunaan produk make-up yang tak benar, juga dikarenakan penyakit kulit yang lainnya.

Berikutini beberapa penyebab munculnya bruntusan di kulit, yaitu :

1. Kutil Pada Kulit

Kutil di kulit atau dinamakan verruca dikarenakan virus human papilloma. Ini akan menimbulkan bintik-bintik kecil di kulit dengan warna kehitaman ataupun cokelat.

2. Folikulitis

Folikulitis ialah terjadinya peradangan di folikel rambut, umumnya di area kulit yang ada rambutnya atau terdapat bulunya di antaranya seperti di area kemaluan, janggut, wajah, dan juga ketiak. Seringkali disebabkan oleh habis bercukur.

Bentuknya yaitu bintik-bintik agak merah di kulit yang mengakibatkan kulit seperti beruntusan.

3. Jerawat

Jerawat gejalanya cukup variatif, diantaranya karena adanya papula yaitu bintik-bintik kemerah-merahan di kulit, pustula atau bintik-bintik putih yang berisi nanah, dan juga nodul atau benjolan kemerah-merahan yang disertai radang serta nyeri.

Diakibatkan karena wajah berminyak, banyaknya sel kulit yang mati yang membuat tersumbat pori serta bakteri yang menyebabkan jerawat yang banyak.

4. Komedo

Komedo tertutup dan komedo terbuka di kulit mengakibatkan permukaan kulit jadi tak rata atau beruntusan. Komedo dipicu karena kebersihan yang tidak terjaga dengan baik, pemakaian produk skin-care yang tidak sesuai, sering kali terpapar pencemaran udara, dan lain sebagainya.

5. Milia

Milia merupakan bintik-bintik kecil berwarna putih di kulit, khususnya kulit wajah. Milia diakibatkan oleh keratin kulit terjebak dalam fokikel rambut serta kelenjar minyak di kulit.

Dapat terjadi pada bayi dan anak kecil serta orang dewasa. Ini tidak membahayakan. Umumnya tak ada gejala, tak gatal. Dapat menghilang dengan sendirinya.

6. Keratosis Pilaris

Keratosis pilaris (chicken skin) merupakan penyakit yang cukup umum terjadi. Ini Bisa merupakan gejala kulit yang sensitif dan ada hubungannya dengan eksim atopik.

Dapat terjadi pada anak-anak atau orang dewasa. Tanda-tanda Keratosis Pilaris ini ialah bintik-bintik dengan warna seperti halnya kulit, di sebagian kasus bisa terjadi peradangan dan dengan warna kemerah-merahan.

Bintik-bintik tersebut sering berkelompok serta terasa kasar pada saat diraba seperti halnya kulit ayam.

7. Eksim

Munculnya eksim ditandai adanya ruam kemerah-merahan penyebab beruntusan di kulit. Terdapat beberapa macam eksim, yang sangat sering ialah eksim seborhoik, eksim atopik, eksim kontak yang terjadi karena paparan alergen. Eksim pun dapat disertai kulit bersisik serta gatal.

Demikianlah informasi tentang cara menghilangkan bruntusan dan juga hal-hal yang menyebabkan bruntusan muncul.
Cara Menghilangkan Bruntusan Dengan Cepat dan Ampuh

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Bruntusan Dengan Cepat dan Ampuh"