Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Manfaat kopi ternyata juga bagus untuk kesehatan asalkan dikonsumsi secara benar, secara bijak, dan tidak berlebihan. Mungkin selama ini hanya sedikit orang yang tahu tentang manfaat kopi. Selain agar kuat bagadang, Sebagian besar orang hanya tahu dampak buruk dari kopi.

Seperti yang diungkapkan oleh Harvad Women’s Health mengenai manfaat kopi yaitu dengan mengkonsumsi beberapa cangkir kopi sehari akan dapat mengurangi resiko pembentukan batu ginjal, kanker usus besar, diabetes, penyakit Parkinson, penyakit jantung, kerusakan fungsi hati, dan juga dapat menghambat penurunan daya kognitif otak.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat kopi untuk kesehatan antara lain:

-Manfaat kopi yang ke 1 yaitu untuk mengurangi resiko kerusakan hati (Sirosis) karena kopi dapat melindungi hati terutama dari sirosis yang disebabkan oleh kecanduan alkohol.

- Manfaat kopi yang ke 2 yaitu untuk menghambat penurunan fungsi kognitif otak yang diakibatkan oleh penuaan 33 %  hanya pada wanita. Sedangkan pada pria masih belum ditemukan manfaat kopi tersebut.

- Manfaat kopi yang ke 3 yaitu dapat mengurangi resiko terkena kanker seperti kanker payudara, kanker hati, dan kanker usus besar.

- Manfaat kopi yang ke 4 yaitu mengurangi resiko terkena penyakit Parkinson.

- Manfaat kopi yang ke 5 yaitu dapat mengurangi resiko terkena penyakit diabetes sampai 50 persen. Dugaan para ahli hal ini terjadi karena asam klorogenik yang terkandung dalam kopi. Asam klorogenik tersebut berfungsi agar penyerapan gula dalam pencernaan menjadi lambat. Begitu juga halnya trigonelin yang juga diduga dapat memperlambat penyerapan glukosa.

- Manfaat kopi yang ke 6 yaitu juga mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung. Sebuah studi pada sekitar 83 ribu wanita yang berusia 24 tahun menunjukan bahwa wanita yang meminum 2-3 gelas kopi dalam sehari dapat mengurangi resiko stroke hingga 19 persen dibandingkan wanita yang tidak minum kopi.

Dampak Negatif dari minum kopi
Walaupun cukup banyak manfaat kopi tetapi dibalik itu ada juga dampak negatifnya terutama terhadap kesehatan  jika diminum secara berlebihan.

Tetapi minum kopi hanya sekitar 2-3 cangkir sehari itu tidak apa-apa. Dan bila lebih dari itu akan dapat membuat jantung berdebar-debar, kepala pusing, susah tidur, dan gangguan kesehatan lainnya.
Selain itu kafein yang terkandung di dalam kopi juga dapat memberikan efek candu.
Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat. Kemudian baca juga artikel tentang ciri dan tanda awal kehamilan.

Posting Komentar untuk "Manfaat Kopi Bagi Kesehatan"