Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jamur Bisa dimakan "Kulat Karitip" Khas Kalimantan Tengah

Jamur alami yang bisa dimakan sebenarnya banyak sekali salah satunya jamur alami yang tumbuh di Kalimantan Tengah/Kalteng/Palangkaraya yaitu Kulat (Jamur) Karitip yang biasa tumbuh di batang karet yang sudah mati atau tumbang.

Jamur/ Kulat karitip ini memiliki warna putih kecoklatan, berbentuk seperti kipas memiliki lekukan-lekukan dibagian atasnya, dan tidak terlalu besar.

Mencari jamur ini hendaknya setelah hujan, karena air hujan bisa membuat tekstur jamur yang keras menjadi lunak.

Cara memasak jamur Karitip/Kulat Karitip sangatlah mudah yaitu dengan di oseng saja sudah enak apalagi jika dicampur dengan daging ayam atau udang. Hanya saja Tips membuat jamur Karitip yang bisa dimakan manusia ini harus lebih lama dari campurannya karena apabila kurang lama maka teksturnya agak keras.

Sebelum dimasak jamur yang bisa dimakan khas kalimantan ini harus dibersihkan terlebih dahulu, terutama ujung akarnya harus dipotong karena agak keras jika dimasak, setelah itu baru dicuci bersih. Tiriskan kemudian terserah anda ingin membuat kreasi seperti apa.

Seperti gambar jamur yang bisa dimakan manusia di bawah ini, jamur khas kalimantan tengah palangkaraya Oseng Kulat Karitip + Ayam.

Berikut ini daftar jamur yang bisa dimakan manusia Khas Kalimantan Tengah Palangkaraya:
1.Kulat Bantilung/Jamur Bantilung
2.Kulat Bitak
3.Kulat Batang/Kukat Puti
4.Kulat Karitip
5.Kulat Sawit
6.Kulat Siau

Posting Komentar untuk "Jamur Bisa dimakan "Kulat Karitip" Khas Kalimantan Tengah"