Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kunyit Dibalik Warna Kuningnya

Manfaat Kunyit - Mungkin anda merasa tidak asing mendengar nama kunyit. Bahkan tentu anda juga tahu salah satu manfaat kunyit  yaitu  sebagai bumbu dapur yang dipakai untuk melezatkan makanan karena aromanya yang khas dan warnanya yang berwarna kuning cerah.

Tanaman asli Asia Tenggara ini mengalami persebaran ke berbagai negara seperti Indonesia, Arab, Australia, hingga ke Afrika.

Di India dan Indonesia, kunyit sangatlah populer. Manfaat kunyit pada umumnya yaitu digunakan sebagai bumbu kari, masakan berbagai jenis ikan dan daging, dan bumbu masakan lainnya.

Manfaat kunyit sebagai resep makanan juga dipakai oleh negara-negara lain seperti Arab, Thailand, Mediterania, dan negara lainnya.Namun di Eropa, kunyit tidak terlalu banyak dimanfaatkan secara langsung karena aromanya yang cukup menyengat bagi selera orang Eropa dan juga kunyit memang agak susah ditemukan di Eropa.

Umumnya di Eropa, kunyit digunakan sebagai pewarna alami pada saus mustard yang mana warna kuning cerahnya saja yang diambil.

Manfaat kunyit yang lain yaitu untuk bahan obat-obatan herbal dan untuk bahan jamu-jamu asli Indonesia. Manfaat kunyit juga untuk merawat kecantikan wajah yaitu dengan mengkonsumsi campuran asam Jawa dan kunyit yang diolah menjadi jamu.

Selain itu manfaat kunyit juga dapat mengharumkan tubuh, memperkuat daya tahan tubuh, menghaluskan kulit, melangsingkan badan, dan mengatasi rasa nyeri pada saat Haid.

Bahkan manfaat kunyit / khasiat kunyit juga dipakai untuk bahan obat-obatan modern seperti sebagai obat penyakit Hepatitis karena minyak astiri dan kurkumin yang terkandung di dalam kunyit.

Kemudian manfaat kunyit yang lainnya yaitu dapat menghambat perkembangan sel tumor payudara, anti tumor, anti radang, anti mikroba, antioksidan, sariawan, diabetes, gusi berdarah, rematik, hipertensi dan juga sebagai obat untuk penyakit disentri.

Bagi anak-anak, manfaat kunyit yaitu untuk mengobati bengkak pada kulit dan gatal yang disebabkan oleh alergi.

Dengan cara membuat air perasan dari kunyit yang dicampur dengan madu dan juga dicampur dengan sedikit air jeruk nipis. Kemudian campuran tersebut diseduh dengan air hangat, lalu berikan kepada anak anda untuk diminum.

Terima kasih atas kunjungannya. Artikel lainnya yang dapat anda baca yaitu  behel gigi.
Manfaat Kunyit Dibalik Warna Kuningnya

Posting Komentar untuk "Manfaat Kunyit Dibalik Warna Kuningnya"