Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyiang dan Memasak Sayur Keladi tidak Gatal

Pengen coba menu masakan sayur yang lain?
Coba saja memasak sayur keladi! Tetapi bingung ya bagaimana cara memasaknya?
Takut keladinya gatal? Atau tidak tahu bagaimana cara menyiangnya? Dan bagian mana yang diambil.

Berikut ini saya ajarkan bagaimana cara menyiang dan memasak sayur keladi agar tidak gatal. Tetapi alangkahkah baiknya sebelum anda mencoba memasak sayur keladi, maka anda perlu mengenal keladi yang bisa di masak atau keladi yang tidak bisa dimakan karena tidak semua keladi bisa dijadikan sayur. Coba anda perhatikan gambar yang ada di bawah. Itu termasuk keladi liar yang bisa dimakan sedangkan sayur keladi yang satunya (keladi yang di ikat) memang di tanam khusus untuk sayur karena tidak gatal biasanya sering dijual di pasar.

Keladi liar yang bisa dimakan memiliki ciri-ciri batang bagian bawah berwarna merah jambu/pink sedangkan bagian batangnya berwarna putih kehijauan sampai kebagian bawah daun. Jika bagian bawah daun ada memiliki warna kemerahan makan keledai tersebut tidak bisa dijadikan sayur karena gatal meskipun bagian bawah batang terdapat warna pink.

Berbeda dengan keladi yang memang khusus dijual maka tidak sulit untuk membedakannya karena memang untuk sayur dan jarang sekali gatal. Ubinya besar dan enak jika dimasak.

Macam-macam jenis keladi yang bisa dimakan yaitu Keladi Madura memiliki ciri-ciri batang bercampur warna kecoklatan dan ubinya juga besar. Keladi Madura sering dijual di pasar. Jenis lain yaitu Keladi Enyuh atau bahasa dayaknya Kujang Enyuh karena berasal dari daerah Kalimantan entah daerah Kalimantan mana saya juga kurang tau, memiliki ciri batang berwarna hijau keputihan dan ubinya besar dari ubi keladi madura. 

Sedangkan yang satunya hanya keladi liar yang bisa dimakan dan memiliki ciri-ciri seperti yang saya ungkapkan di atas.

Berikut ini tips memasak keladi liar agar tidak gatal.

Keladi juga enak dicampur dengan ikan segar.

Cuci bersih terlebih dahulu keladinya, jika sudah kupas batang keladi agar kulit bagian luarnya hilang. Kemudian potong-potong. Buang daun dan bagian batang keladi yang tua dan keras. Jika sudah beri garam secukupnya dan campur rata dengan keladi yang sudah dikupas tanpa dicuci.
Bumbu halus sayur keladi tidak gatal sangat sederhana yaitu bawang merah,bawang putih, kemiri, kunyit dan sedikit merica, asam jawa secukupnya kalau ada mangga muda juga bisa sebagai gantinya agar tidak gatal. Garam dan penyedap rasa biar mantap.

Didihkan air sebagai kuah terlebih dahulu, jika sudah mendidih masukkan bumbu halus. Oya kalau mau di santan juga bisa, tambah enak jadinya. Jika bumbu sudah masuk, maka masukkan pula keladi yang sudah di siang tadi. Tutup panci, dan sesekali di aduk agar matang merata. 

Jika keladi hampir matang masukkan ikan (jika ada) tetapi sayur keladi paling enak jika dicampur dengan ikan misalnya saja ikan patin, nila, haruan dengan jenis ikan yang agak besar dan memiliki sedikit tulang. Apabila keladi dan ikan sudah matang, cicipi, beri garam dan penyedap.

Sayur keladi tidak gatal ini paling enak jika di temani dengan sambal uleg cabe, bawang merah, dan terasi.

Selamat mencoba, apabila gatal mungkin jenis keladinya yang gatal, salah mengolah atau salah pilih.

Posting Komentar untuk "Cara Menyiang dan Memasak Sayur Keladi tidak Gatal"