Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Makanan Ibu Hamil ??

Makanan Ibu Hamil - Pada awal kehamilan anda akan mengalami mual dan muntah yang biasanya terjadi pada saat pagi. Hal ini mengakibatkan kondisi tubuh menjadi lemah dan berat badan menjadi turun. Pada umumnya ini terjadi pada triwulan pertama kehamilan.

Pada masa ini tulang belakang dan otak calon bayi sedang dibentuk. Di bawah ini akan diuraikan tentang beberapa tips makanan ibu hamil:

1. Makan Makanan yang bergizi

Ketika hamil, anda akan membutuhkan gizi yang lebih banyak. Makanan ibu hamil yang bergizi yaitu yang mengandung vitamin, protein, kalsium dan tentunya zat besi. Setiap hari anda dapat memakan makanan yang bervariasi tetapi tetap memperhatikan gizi yang cukup pada makanan tersebut.

Untuk pertumbuhan tulang janin diperlukan kalsium. Dan janin akan mengambil kalsium dari tubuh anda untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya.

Jadi jika anda kekurangan kalsium maka kondisi tubuh anda akan menurun karena janin akan mengambilnya. Makanan ibu hamil yang mengandung kalsium yaitu susu, mentega, sayuran hijau, telur dan keju.

Makanan ibu hamil yang mengandung zat besi yaitu bayam dan hati. Agar anda tidak bosan maka anda dapat membuat variasi masakan dari bayam dan hati.

Dan makanan ibu hamil yang mengandung protein yaitu kedelai baik yang berupa tahu atau tempe. Makan buah-buahan segar juga sangat dianjurkan untuk menambah vitamin C di dalam tubuh karena berfungsi untuk penyerapan zat besi.

2. Makan sering tapi sedikit-sedikit

Kalori sangat dibutuhkan setiap harinya terutama saat hamil karena anda juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang anda kandung.

Makan makanan dengan gizi yang seimbang sangat disarankan. Anda dapat makan sedikit-sedikit tapi sering jika anda tidak bisa makan banyak sekaligus.

3. Memakan makanan yang kering

Walaupun anda mengalami morning sickness tetapi usahakan anda tetap sarapan walau hanya dengan makanan yang kering seperti roti panggang atau biskuit.

Usahakan anda menghindari makanan dengan bau yang menyengat karena dapat memancing rasa mual terutama pada kehamilan triwulan pertama. Dan anda juga dapat menghindari minuman atau makanan yang mengandung banyak lemak misalkan nasi goreng.

Usahakan beri jarak sekitar 5 menit sampai 15 menit ketika anda mau minum setelah makan makanan kering. Karena jika anda langsung minum akan dapat memancing rasa mual untuk datang kembali.

4. Jangan makan yang berlebihan ketika kembali pulihnya nafsu makan.

Biasanya nafsu makan kembali pulih ketika usia kehamilan mnginjak 3 bulan setelah sebelumnya mengalami morning sickness dan mual-mual.

Biasanya pada kehamilan normal, berat badan anda akan bertambah 12-15 kg dan anda usahakan berat badan anda tidak terlalu banyak bertambah. Tetapi bukan berarti anda harus mengabaikan banyak makan makanan yang bergizi untuk pertumbuhan janin.

Hal ini untuk menghindari agar anda tidak susah mengembalikan berat badan anda kembali normal setelah anda melahirkan. Karena jika berat badan anda berlebihan akan dapat menyebabkan munculnya penyakit yang lain.

Namun demikian, kecukupan gizi saat hamil saat hamil sangatlah penting untuk anda dan janin. Dan itulah beberapa tips yang diuraikan untuk makanan ibu hamil. Semoga tips makanan ibu hamil tersebut bermanfaat.
Apa Saja Makanan Ibu Hamil ??

Terima kasih telah membaca artikel blog ini. Semoga bermanfaat. Artikel selanjutnya yang dapat anda baca yaitu Ciri-Ciri Orang Hamil.

Posting Komentar untuk "Apa Saja Makanan Ibu Hamil ??"