Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menu Diet Golongan Darah O


Diet golongan darah O - Dr. Peter Dadamo yang juga penulis buku “Eat right for your type” adalah penemu cara diet sesuai golongan darah. Dia tidak hanya menemukan cara diet golongan darah O tetapi juga cara diet golongan darah yang lainnya.

Dr. Peter Dadamo menyatakan bahwa terjadinya reaksi kimia antara makanan yang dimakan dan darah merupakan bagian dari warisan genetis yang diturunkan dalam bentuk golongan darah. Yang mana faktor yang menyebabkan terjadinya reaksi tersebut adalah Lektin.

Reaksi kimia yang menyebabkan efek kurang bagus bagi tubuh dapat diminimalisir dengan pemilihan menu diet yang tepat berdasarkan golongan darah.

Golongan darah yang paling tua dalam sejarah manusia adalah golongan darah O. Pada saat terjadi peralihan peradaban manusia yang pada mulanya hidup tidak menetap dan berburu menjadi komunitas yang menetap di suatu tempat yang bersifat agraris maka ketika itulah gen golongan darah O mulai berkembang.

Jika dilihat dari segi perilaku, seseorang yang memiliki golongan darah O adalah orang yang tidak mudah putus asa dan berenergi.

Namun pada umumnya masalah kesehatan yang dialami oleh golongan darah O yaitu kadar asam urat yang tinggi, kegemukan, hipertensi, kencing manis, masalah pada pencernaan, peredaran darah yang kurang baik, kolesterol yang tinggi, kanker, sakit jantung, gout, penyumbatan arteri,  dan sakit pinggang.

Sedangkan untuk menu diet golongan darah o yaitu makanan yang mengandung tinggi protein dan kurangi makanan yang mengandung karbohidrat.

Makanan pantangan yang perlu dihindari untuk diet golongan darah o antara lain kerang, gurita, daging babi, sotong, cumi-cumi,  kodok, telur puyuh, telur angsa, susu sapi, es krim, keju, yoghurt, minyak jagung, jagung, minyak kelapa, bunga brokoli, penyu, kacang mede, kacang tanah, laichi, kentang, mentimun, kuaci, kembang kol, anggur putih, minuman keras, kecap, kopi, jeruk mandarin, pare, pisang raja, blewah, dan jamur.

Sedangkan makanan untuk diet golongan darah o yang diijinkan yaitu lobster, ikan mas, belut, telur bebek, telur ayam, ikan sardine, ikan tuna, udang, susu kedelai, mentega, tahu, tempe, kacang kedelai, buncis, kacang merah, kacang hitam, tepung gandum, bubur gandum, kue beras, roti beras, beras, daging kalkun, ayam, bebek, kambing, daging kelinci, daging angsa, tomat, terong, dan labu.

Kemudian makanan untuk diet golongan darah o yang bermanfaat  seperti lobak cina, waluh, brokoli, ubi, selada, ganggang laut, blubbery, kacang polong, ceri, bumbu kari, jambu biji, kacang merah, jahe, rumput laut, bawang, daging rusa, kerbau, domba, sapi, kailan, dan kunyit.
Menu Diet Golongan Darah O

Terima kasih karena telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat. Dan artikel lain yang dapat anda baca adalah tentang makanan ibu hamil.

2 komentar untuk "Menu Diet Golongan Darah O"

  1. ooh, tips seputar Diet Golongan Darah O yah? aku memang lagi cari-cari nih.
    emm, itu cara diet nya makan 3 kali sehari atau bagaimana TS ?? mohon pencerahannya. ^_^ :*

    BalasHapus
  2. >To Friza Mardiana
    Yupz..!!! makannya tetap 3x sehari & jangan sampai terlambat makan. tp hrus diingat, jangan terlalu banyak makan mkanan yang mengandung karbohidrat tinggi...

    BalasHapus