Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memasak sulur keladi, tips agar sulur tidak gatal pada saat dimasak

Sulur keladi bagi sebagian orang sayur ini jarang dimasak atau banyak yang tidak tau kalau sulur keladi bisa dijadikan masakan yang enak. Bagi masyarakat Dayak sulur keladi sudah menjadi masakan tradisional yang sering sekali dimasak selain enak tidak jarang orang memilih sayur ini karena mudah didapat dan alami dibandingkan sayur yang dijual di pasaran yang banyak mengandung pupuk kimia atau pestisida.

Hal inilah yang membuat masyarakat tidak jarang memilih sayuran yang alami, mudah didapat di daerahnya termasuk sulur keladi.

Sulur keladi yaitu bibit keladi yang mau tumbuh sebelum menjadi anak keladi. Sulur tumbuh dari batang keladi di bagian bawah, hingga pada saatnya sulur ini keluar dan memanjang ke samping yang pada nantinya akan membentuk anak keladi kecil dan berakar. Sebelum menjadi anak keladi , sulur inilah yang diambil untuk dijadikan sayur bagi masyarakat.

Mencari sulur keladi saatlah mudah biasanya di samping rumah juga sering ditumbuhi keladi, atau di tanah-tanah kosong juga banyak keladi yang tumbuh. Keladi yang terendam air sulurnya bisa terasa gatal atau sulur yang gatal biasanya tergantung dari jenis keladi tersebut. Hendaknya jika anda ingin memasak sulur sebaiknya carilah sulur yang tidak terendam air, tetapi jika anda membeli sulur yang sudah jadi biasanya penjual selalu mengatakan kalau sulur tersebut tidak gatal kalau dimasak dan ternyata setelah dimasak sulur tersebut gatal.

Untuk mengatasi hal tersebut mungkin tips di bawah ini bisa dijadikan bahan anda untuk mengolah sulur supaya mengurangi rasa gatal:
Cara pertama bersihkan sulur  ( membuang kulit sulur bagian luar) setelah dibersihkan sulur hendaknya diberikan garam sebaiknya mencuci sulur sebelum dibuang kulit luarnya agar pada saat diberi garam sulur tidak lagi dicuci, atau bisa saja anda rendam dengan garam. Kalau sudah tirisakan baru anda masak.

Cara yang kedua dengan merebus sulur hingga setengah matang, kemudian tiriskan. Setelah itu baru anda masak. Cara yang ketiga campur sulur dengan sayur terong asam pada saat memasak, atau bubuhi sedikit asam jawa, biasanya rasa asam akan mengurangi rasa gatal dari sulur tersebut. Jangan heran apabila ada sedikit gatal pada sayur sulur yang anda masak sebab dari awal sulur keladi memang gatal, ya seperti keladi juga yang pada umumnya memang gatal. Jika anda menemui sulur yang tidak gatal berarti jenis keladi tersebut memang mempunyai sulur yang tidak gatal jika kita jadikan sayur. Kalau nanti sayur sulur yang anda makan memang gatal, segera hentikan memakannya dan langsung makan gula pasir agar mengurangi rasa gatalnya.

Berikut ini panduannya dalam bentuk gambar :

tips agar sulur tidak gatal













Posting Komentar untuk "Cara memasak sulur keladi, tips agar sulur tidak gatal pada saat dimasak"