Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Pipih Kalimantan "ikan khas Kalimantan Tengah"

Ikan seribu tulang itu lah sebutan bagi ikan pipih yang menghuni perairan sungai kalimantan termasuk kalimantan tengah.

Ikan pipih ini sering dijadikan camilan atau cemilan khas kalimantan tengah yaitu dengan dibuat kerupuk ikan pipih. Selain kerupuk ikan pipih, daging dari ikan pipih ini sendiri sering dijadikan sebagai pentol. Cara membuat pentol dari ikan pipih yaitu dengan memisahkan tulang dan daging ikan menggunakan sendok. Cara pembuatan pentol dari ikan pipih hampir sama seperti membuat pentol dari daging ayam.

Ikan pipih kalimantan terkenal dengan durinya yang sangat banyak hal tersebutlah yang membuat orang tidak menyukai ikan pipih sabagai laok karena banyak durinya, salah-salah bisa nyangkut di tenggurokan. Oleh sebab itu makanya ikan pipih paling cocok jika dijadikan kerupuk ikan pipih cemilan khas Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah yahhh pokoknya pulau Kalimantan dch karena ikan pipihnya banyak.

Banyak-banyak dulu tapinya kalau sekarang sudah agak sulit mendapatkannya tetapi kalau kerupuk ikan pipih sih masih banyak di jual. Entah bagaimana mereka mendapatkan ikan pipihnya sehingga bisa membuat kerupuknya kalau ikan pipihnya sudah sulit didapat kecuali sudah ada penangkaran ikan pipih.

Ikan pipih kalimantan juga bisa dijadikan ikan hias khas kalimantan tengah,kalimantan barat dan kalimantan selatan,kalimantan lainnya. Mungkin selain dijadikan ikan pipih sebagai ikan hias kalimantan kalau ada yang ingin melestarikannya dengan membuat penangkaran juga lebih bagus karena kalau kita tidak sambil menjaga kelestariannya maka ikan-ikan alami pedalaman kalimantan tengah,selatan,dan barat akan tetap terjaga. Jika ingin menjadikan ikan pipih sebagai ikan hias kalimantan maka letakan pada aqarium yang lebih besar karena ikan pipih lumaian besar jika dipelihara dalam benerapa tahu.

Selain ikan pipih kalimantan, ikan hias kalimantan juga banyak ragamnya yang bisa dijadikan ikan hias khas Borneo yaitu yang lagi tren sekarang yaitu ikan hias Botia. Kalau kata orang Dayak Kapuas ikan hias Botia adalah ikan Kakari dan ikan yang mirip dengan kakari yaitu ikan pontin. Kalau dulu ikan ini banyak,didapat di sungai Kapuas dan sungai Kahayan yang ada di Kalimantan Tengah. Tetapi sekarang sudah sulit untuk didapat dengan alat pancing, jala dan alat penangkap ikan tradisional khas dayak kalimantan tengah lainnya karena sudah hampir punah terutama daerah Kab. Pulang Pisau.
Akan  tetapi terima kasih kepada pihak yang sudah membuat penangkaran ikan Botia/Kakari menjadi ikan hias Khas Kalimantan/ Borneo. Saya mendapatkan informasi kalau ikan Botia dibudidayakan di daerah Katingan Kalimantan Tengah. Cara seperti ini lah yang sangat bagus untuk ditiru terutama penangkaran ikan-ikan yang sudah hampir tiada di alam. Ikan Botia sangat cantik karena memiliki warna yang unik, wajar saja jika ikan ini bisa menjadi andalan Kalimantan Tengah sebagai ikan hias khas Kalimantan/ikan hias Borneo.

Sebenarnya banyak lagi ikan khas Kalimantan Tengah/Kalimantan/Borneo/Palangka Raya yang bisa dijadikan ikan hias. Ikan kecil khas kalimantan tengah yang bisa dijadikan ikan hias Kalimantan . Ikan Hias Khas Kalimantan. Ikan Air Tawar dan Ikan Sungai misalnya Ikan Saluang,Ikan Sasapat,Ikan Kakapar,Ikan Bapuyu atau Papuyu,Ikan Babaga,Ikan Jajulung,Ikan Buntal,Ikan,Ikan Biawan,Ikan Puyau, Ikan Banta dan banyak lagi tetapi sulit untuk saya mengingatnya. Karena Ikan Khas Sungai Kalimantan Tengah itu banyak sekali apalagi kalau mencakup sungai Kalimantan/BORNEO mmm...sangat luas dan banyak.

Berbeda dengan Ikan Pipih atau yang biasa orang dayak Kalimantan Tengah bilang ikan Balida/Belida tetapi yang sering orang dayak tau yaitu namanya ikan Balida. Ikan ini bisa mencapai 7kg kalau memang besar, sama seperti ikan Tapah,Patin Sungai,dan Toman yang bisa mencapai 100kg. Jadi ikan predator Kalimantan itu ada Tapah,Toman atau Tahuman dan Patin Sungai. Nah kalau Patin Sungai sekarang sangat sulit untuk didapati kalau dulu banyak sekali bentuknya kurang lebih ikan patin peliaraan sekarang hanya patin sungai agak ramping dibagian ekornya.
Cara menyiang ikan pipih sangat sulit sebenarnya hampir sama saja dengan ikan umum lainnya hanya agak susuh membuang sisiknya, saya hampir patah semangat menyiang ikan ini apalagi membuang sisiknya karena lengket dan kecil-kecil rasanya saya malas..., dari pisau, sendok dan garpu saya gunakan untuk membuang sisiknya tetapi ujung-ujungnya saya suruh suami juga karena dia punya banyak tenaga untuk menekan pisau ke arah sisik sehingga sisik ikan bisa terbuang. Cara memasak ikan pipih yaitu, kalau sudah disiang maka cuci bersih potongan-potongan ikan pipih tersebut lalau kasih garam dan goreng dch.

Di bawah ini Gambar ikan pipih, gambar ikan khas kalimantan, gambar ikan borneo,gambar ikan hias khas kalimantan Pipih ada di bawah ini.

Posting Komentar untuk "Ikan Pipih Kalimantan "ikan khas Kalimantan Tengah""