Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Memasak Pepare/Paria Agar Tidak Pahit

Siapa yang tak kenal pepare atau paria yang pahit kaya akan manfaat. Buah dan daunnya bisa dimakan dengan dijadikan sayur. Tetapi ada juga orang yang tidak menyukai pepare karena rasanya yang pahit.

Terkadang orang memakan atau memasak buah dan daun pepare hanya untuk tujuan sebagai penyembuhan penyakit, sebagai pencegahan penyakit dan kekebalan tubuh terhadap penyakit.
Jika anda ingin menikmati rasa dari buah pepare sebagai sayur.  Maka anda harus mencoba langkah-langkah berikut ini.

Berikut ini tips agar buah pepare tidak pahit jika dimasak:

Cara agar menghilangkan rasa pahit pada pepare jika dimakan yaitu cuci bersih buah peparenya, jika sudah belah dua, lalu potong dua kemudian buang bijinya. Setelah itu rebus dahulu peparenya sampai agak menguning tetapi jangan kuning-kuning amat, ya sedang-sedang saja. Jika sudah direbus,angkat dan tiriskan. Nah selesai deh pepare yang enak tanpa rasa pahit siap untuk dimasak.

Cara lain atau tips agar pepare tidak terasa pahit jika dimasak yaitu dengan memasak pepare dicampur dengan bahan makanan yang lain. Misalnya pepare dengan udang, pepare dengan cincangan daging ayam/sapi, pepare dengan telor,atau pepare yang dicampur dengan ebi. Banyakin campurannya dibandingkan peparenya dengan perbandingan 1:3 peparenya 1 sedangkan bahan campurannya 3. 

Jadi rasa pahit dari pepare tidak terlalu terasa karena tertutup dari rasa enak dan gurih dari bahan campurannya. Kalau cara memasak pepare seperti ini meskipun tidak direbus.
Pepare itu paling enak jika dimasak oseng atau tumis. Bisa juga di kuahi dengan ikan dan diberi sambal cocolannya.

Contoh gambar di bawah ini adalah cara memasak pepare dengan mengurangi rasa pahitnya tanpa direbus.

Resep Oseng Pepare Ebi yang Enak dan praktis.

Selamat mencoba :)

Posting Komentar untuk "Tips Cara Memasak Pepare/Paria Agar Tidak Pahit"