Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Memilih Makanan Sehat

Pada zaman sekarang kita harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang sehat karena keinginan untuk mengkonsumsi yang sehat justru bisa membuat kita sakit.

Terkadang penemuan dan penelusuran orang atau BPOM tentang zat kimia yang terdapat dalam suatu makan membuat kita takut mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, nasi, daging, dan bahan makan yang lainnya akibat dari berita itu.

Bagaimana tidak mengkonsumsi bahan kimia sudah lambat laun disadari dapat membahayakan kesehatan dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Ya yang namanya Kimia adalah sebuah zat yang dibuat oleh manusia untuk membantu kita dalam berbagai tujuan tertentu tetapi kalau salah penggunaan ataupun penggunaan yang berlebihan tentu akan membahayakan kita juga.

Banyak sekarang penggunaan zat kimia yang salah pada sasaran, misalnya zat kimia untuk mengawetkan wayat eh malah untuk mengawetkan makanan misalnya pentol bakso dan jenis makanan lain.

Ini biasanya dilakukan oleh para sebagian pedagang pedang nakal yang tidak memikirkan bahaya bagi kesehatan baik dalam jangka panjang ataupun dalam jangka pendek yang mereka pikirkan hanyalah meraup untung sebanyak-banyaknya tanpa harus rugi. Padahal setiap konsumen berhak atas kwalitas barang yang dibelinya termasuk dari segi kesehatan. 

Terkadang di sinilah peran agama dan iman seseorang akan diuji menghadapi persoalan para sebagian pedang nakal yang tidak berjualan dengan benar dan justru berjualan makanan yang tidak sehat dan dapat membunuh para konsumen yang di sisi lain para instansi kesehatan menyiarkan bagaimana agar kita sehat dan panjang umur ehhh ada aja yang pengen kita sakit.

Padahal para pedagang nakal ini mereka tahu apa yang mereka lakukan dan mereka kerjakan itu salah tetapi masih saja dilakukan .

Seharusnya kalau terbukti para pedagang nakal ini harus diberi hukuman penjara agar memberikan efek jera jadi tidak hanya sangsi terguran saja atau penarikan barang jualan melainkan di jebloskan ke penjara baik penjual makanan berbahaya ataupun penjual yang berani menjual barang zat berbahayanya yang bukan pada tempatnya.

Kalau hanya ditegur atau ditarik barangnya maka para pedang nakal ini akan berulah lagi nanti dan tidak akan pernah jera terhadap apa yang mereka kerjakan yang mempunyai dampak buruk bagi kesehatan para konsumen.

Berikut tips agar anda harus berhati-hati dalam memilih dan membeli makanan :
1. Harus teliti membeli makanan yang sudah jadi/masak misalnya, jajanan-jajanan seperti Pentol Bakso, gorengan, somay, Ayam goreng, Mie Ayam, Batagor, Kerupuk, Donat dan banyak lagi contoh jenis-jenis makanan yang rentan ditambahkan bahan kimia berbahaya.

2. Harus teliti dalam memilih dan membeli bahan makanan yang belum jadi / belum masak misalnya Ikan, Ayam, Daging Sapi, Tempe, Tahu, Mie, Saos, Ikan Asin (ikan kering), Minyak Goreng, Sayuran, Beras dan lain-lain.

Makanan-makanan di atas sudah ada bahkan sering dicampur bahan-bahan kimia berbahaya misalnya Formalin, Boraks/Pijer, Pewarna Tekstil, Pemutih, Pewangi, MSG berlebihan, dan Pemanis buatan.
Akan tetapi anda jangan takut karena masih banyak para penjual yang jujur dalam berjualan sehingga anda masih bisa mendapatkan makanan yang sehat bagi tubuh.

Berikut ini 6 tips memilih makanan yang sehat agar terhindar dari bahan berbahaya bagi kesehatan :
1. Jangan terlalu sering membeli makanan instan di luar, misalnya membeli masakan jadi termasuk jajanan dan cemilan.

2. Membuat sendiri makanan akan lebih baik daripada membeli jadi karena anda tahu bahan-bahan yang sehat bagi tubuh anda. Misalnya anda memasak di rumah untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Membuat cemilan sendiri tanpa harus selalu membeli. 

3. Sebelum membeli bahan makanan teliti dengan seksama tanda-tanda dari makanan yang sehat.

4. Membeli dengan tempat yang terjamin mutu dan kwalitasnya.

5. Barang yang anda beli terdaftar dalam BPOM,memiliki tanggal kadaluarsa, alamat tempat produksi.

6. Cari tahu tanda atau ciri bahan makanan yang berbahaya. Anda bisa bertanya dengan orang-orang sekitar, nonton berita di TV, atau cari di internet.

Maka, berhati-hatilah dalam membeli makanan atau bahan makanan yang hendak anda olah karena pada saat ini semakin marak makanan berbahaya bagi kesehatan karena tambahan zat kimia yang bukan untuk dikonsumsi ini sering dicampur di dalam makan yang anda beli.

Oleh sebab itu, kita harus lebih jeli dalam memilih makanan agar terhindar dari bahan berbahaya. Sehingga kita bisa mendapatkan makanan yang sehat bagi tubuh kita.

Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar untuk "6 Tips Memilih Makanan Sehat "