Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara memasak Ayam Kampung Bumbu Kuah Balado yang Enak dan Empuk

Berbagai cara memasak ayam kampung yang enak dan empuk. Ayam kampung adalah ayam alami yang dipelihara dalam skala kecil oleh para masyarakat yang ada diperkampungan dengan pakan alami.

Berikut ini cara memasak ayam kampung bumbu balado, kuah santan balado, masak merah ayam, masak habang ayam kampung, bumbu balado/masak habang ayam kampung yang enak tanpa MSG atau penyedap rasa, perbedaan ayam kampung dengan ayam ras/broiler, kelebihan ayam kampung dengan ayam broiler/ras, kekurangan memelihara ayam kampung, ciri-ciri ayam kampung terkena penyakit, akibat dan kekurangan mengkonsumsi ayam ras/broiler, perbedaan memasak ayam kampung dengan ayam ras.

Memasak ayam kampung tidaklah sulit sama halnya dengan memasak ayam ras/broiler perbedaannya terletak pada waktu memasaknya yang agak lama dibandingkan dengan memasak ayam ras.
Apalagi kesulitan yang dihadapi ketika memasaknya yaitu apabila ayam kampung lebih dari satu maka memasaknyapun harus mengambil patokan dengan daging ayam yang keras.
Perbedaan ayam kampung dengan ayam ras yaitu terletak dengan masa pemanenannya dan pakan yang diberikan.

Ayam kampung sering dipelihara dalam jumlah yang kecil jadi umur dari ayam kampung ketika dipotong tidak menentu makanya daging ayam kampung terkenal keras apalagi kalau ayamnya dipelihara sampai bertahun-tahun.

Meskipun begitu ayam kampung sehat dan alami karena kebanyakan pemeliharaan ayam kampung dalam skala kecil/rumahan tidak menggunakan pakan buatan seperti ayam ras.
Pakan atau makanan ayam kampung adalah dedak, sisa-sisa makan termasuk nasi, ampas tahu, dan rumput-rumputpun bisa dimakan oleh ayam. Ayam kampung yang dipelihara sering dibiarkan bebas berkeliaran oleh karena itu ayam dengan mudah mencari makan tambahannya selain diberikan oleh pelihara.

Tapi permasalahannya pada pemeliharaan ayam kampung yaitu bisa terserang penyakit yang menular sehingga apabila penyakit itu sudah ada maka dipastikan hampir semua ayam terjangkit dan mati.
Ciri-ciri ayam kampung terkena penyakit yaitu terlihat lesu, kurang nafsu makan, dan keluar lendir/cairan dari mulutnya, serta mengeluarkan bunyi dari tenggorokannya.

Sedangkan ayam ras sering dipelihara dalam jumlah banyak ratusan bahkan ribuan (perternakan ayam broiler/ras) jadi waktu panennyapun bersamaan. Sehingga ketika dimasak dagingnyapun akan sama tidak ada yang keras ataupun yang lunak jadi waktunya pun tidak terlalu lama.
Tetapi jika dibandingkan dengan ayam kampung ,ayam ras memiliki rasa daging agak hambar dan sedikit amis berbeda dengan ayam kampung yang memiliki rasa manis sehingga meskipun kita memasak tanpa MSG maka sudah enak.

Kekurangan mengkonsumsi ayam ras yaitu tinggi kolesterol karena banyak lemak, mengakibatkan alergi. Tetapi jika anda ingin mengkonsumsinya pilih bagian dada karena rendah lemak dan sehat dibandingkan bagian lain.

Berikut ini bumbu masak ayam kampung bumbu balado/ masak habang ayam kampung :
Bumbu :
Bawang merah (haluskan)
Bawang putih (haluskan)
Jahe (haluskan)
Lengkuas (haluskan)
Serai (haluskan)
Kunyit (haluskan)
Cabe kering (haluskan)
Santan kentan / santan kara
Garam
Daun salam
Kayu manis
Ketumbar (haluskan)

Terkadang banyak sebagian orang tahu cara memasaknya tetapi tidak tahu apa saja bumbunya. Oleh sebab itu kali ini saya beritahukan bumbu-bumbu untuk membuat masak ayam kampung bumbu balado atau biasa orang Banjar katakan yaitu Masak Habang. Semua bumbu-bumbu tersebut disesuaikan saja dengan masakannya.

Cara Memasaknya yaitu tumis bumbu halus sampai harum kemudian masukkan santan kental, potongan ayam kampung, daun salam, kayu manis, gula dan garam secukupnya. Aduk rata dan tambahkan air secukupnya.

Fungsi air yang agak banyak yaitu untuk memasak daging ayam kampung karena kalau airnya sedikit ayam kampung masih keras. Tutup masakannya dan sesekali diaduk-aduk dan kalau sudah dagingnya matang coba dirasa dulu apakah dagingnya sudah empuk atau belum.

Jika ayam dirasa sudah empuk, cicipi rasa garam dan gulanya apakah sudah pas atau belum. Salah satu kelebihan resep ayam kampung bumbu balado adalah tanpa menggunakan MSG atau Petsin karena rasa dari ayam kampung manis alami jadi tanpa harus menambahkan MSG.

Dari paparan di atas maka dapat disimpulkan bahwa ayam kampung lebih baik dari pada ayam ras, meskipun begitu bukan berarti ayam ras tidak sehat jika dikonsumsi dengan baik  sehingga bermanfaat bagi tubuh. Agar ayam kampung empuk dan enak maka memasaknya lebih lama.

Posting Komentar untuk "Tips Cara memasak Ayam Kampung Bumbu Kuah Balado yang Enak dan Empuk"