Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasak Daun Singkong Oseng Mie Instan yang Praktis

Satu lagi resep dari daun singkong yaitu tumis atau oseng daun singkong mie instan. Kalau judulnya seperti itu berarti bahan dasarnya yaitu daun singkong dan mie instan. Sebenarnya banyak resep masakan yang bisa kita buat dengan daun singkong misalnya tumbuk daun singkong tanpa kuah, tumbuk daun singkong kuah santan, tumbuk daun singkong ikan haruan, oseng daun singkong, lalapan, urap daun singkong dan banyak lagi yang lainnya.

Tetapi kali ini khus artikel tentang resep daun singkong oseng atau tumis daun singkong yang di campur mie. Jadi kalau anda bosan dengan resep daun singkong yang lain mungkin cara ini bisa anda praktekkan karena sangat mudah dan praktis.

Kelebihan dari masakan oseng/tumis daun singkong ini adalah bisa bertahan selama kurang lebih 12 Jam tidak akan basi dan tanpa harus dipanaskan. Berbeda dengan resep masakan dari daun singkong yang lain apabila tidak di masukkan ke dalam lemari pendingin makan akan cepat basi. Apalagi tumbuk daun singkung kuah santan adalah masakan yang  akan cepat basi apabila ada tersisa dan tidak segera dipanaskan atau tidak dimasukkan kedalam lemari pendingin.

Sebenarnya masakan dengan kuah santan adalah masakan yang mudah basi.
Tips agar masakan daun singkong dengan kuah santan tidak cepat basi atau tidak hanya masakan tumbuk daun singkong kuah santan masakan dalam bentuk dan resep apapun yang berhubungan dengan santan misalnya saja Rendang, Gulai Ikan atau Daging, Opor Ayam, Masakan Sayur Rebung kuah santan, Masakan Umbut Kelapa kuah santan, masakan umbut rumbia kuah santan, masakan umbut kelapa sawit kuah santan, atau masakan umbut rotan kuah santan dan banyak lagi resep aneka masakan tradisional dan modern yang lain yang menggunakan santan.

Tips agar masakan tidak mudah basi :
Jika masakan ada berhubungan dengan santan maka masak terlebih dahulu santannya sampai benar-benar matang.

Apabila masakan yang memiliki ciri masakan rendang maka santan harus sampai kering, menyatu dengan bumbu dan mengeluarkan minyak.
Ketika mengambil masakan jangan menggunakan tangan. Usahakan tangan tidak tersentuh dengan makanan karena di dalam jari-jari atau tangan kita mengandung enzim yang membatu agar makanan cepat basi.

Tetapi berbeda dengan kita menggunakan tangan untuk makan di sini peran enzim membatu agar perut tidak terbeban dalam menggilas makanan sehingga makanan yang kita makan cepat lunak dan tubuh lebih maksimal menyerap energi atau vitamin dari makanan kita.
Makanan yang tersisa jangan dicampur dengan makanan yang belum termakan. Jika terlanjur tercampur maka segera panaskan agar masakan anda tidak basi semua.

Apabila masakan anda mempunyai sisa maka masukkan ke dalam lemari pendingin.
Berikut ini cara memasak oseng daun singkong, resep masak daun singkong yang praktis dan cepat :
Bahan Utama : 2 ikat Daun Singkong + 1 bungkus Mie Goreng Instan. 

Cara mengolah daun singkong dan mie instannya :
Cuci Daun singkong kemudian  dipisahkan dengan tangkainya. Gosok daun singkong di campur dengan garam sekitar satu sendok teh agar daun cepat lunak. Peras buang airnya agar rasa kalat dan asin daun singkong berkurang. Rendam mie dengan air panas sampai agak setengah matang lalu tiriskan.
Bumbu halus :
Bawang merah 6 siung
Bawang putih 3 siung
Jahe 1/2 ruas jari
Lengkuas 1/2 ruas jari
Garam dan gula secukupnya
Haluskan semua bumbu
Cara memasak oseng daun singkong instan dan praktis:
Campur bumbu halus dengan daun singkong, aduk agar bumbu rata. Kalau sudah panaskan minyak goreng agak banyak agar nanti air untuk memasak hanya sedikit saja biar tumis daun singkongnya tahan lama karena tidak berair. 

Masukkan daun singkong dan aduk aduk agar minyak goreng dan daun singkong tercampur lalu masukkan mie instan. Aduk agar tercampur rata dengan daun singkong jika anda suka masukkan bumbu mir instannya. 

Aduk terus sampai daun singkong masak merata dan jangan jiga terlalu lama nanti daunnya berubah menjadi kining dan vitamin pada daun singkong akan hilang. Angkat dan sajikan.

Posting Komentar untuk "Cara Memasak Daun Singkong Oseng Mie Instan yang Praktis"