Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Masakan Sayur Rebung Kuah Santan/Juhu Ujau Khas Kalimantan Tengah

Rebung adalah sayur yang berasal dari bambu muda yang baru tumbuh sebelum menjadi bambu tua. Orang dayak menjadikan rebung sebagai sayur tradisional yang alami dan sehat. Sayur rebung bisa dicampur dengan sayur, ikan dan daging apa saja.

Cara masaknyapun cukup mudah, dan tidak terlalu banyak rempah-rempahnya. Memasak sayur rebung lebih enak tidak menggunakan kunyit. Kebiasaan sebagian orang dayak memasak rebung tidak menggunakan kunyit meskipun memasaknya dicampur dengan ikan atau daging tidak menimbulkan bau amis. Mungkin kalau anda belum yakin bisa memberi perasan jeruk nipis untuk ikan atau daging yang hendak dimasak dengan sayur rebung, lalu dicuci.

Menurut jenisnya rebung di Kalimantan Tengah ada beberapa jenis yang bisa di makan dan sering diolah sebagai sayur:

1. Rebung Betung/Ujau Betung. Rebung ini paling besar di antara rebung-rebung yang lain dan rasanya paling enak untuk dijadikan sayur.
2. Rebung Palingkau/Ujau Palingkau. Memiliki rasa pahit, cara untuk menghingkan rasa pahit pada rebung palingkau adalah dengan merebusnya terlebih dahulu kemudian buang air rebusan baru rebung bisa di olah sebagai sayur kalau tidak seperti itu maka masakan akan terasa pahit.
3. Rebung Haur/Ujau Haur. Rebung ini memiliki rasa agak kalat.
4. Rebung Puring Manis/Ujau Puring Manis. Memiliki rasa manis dan bisa di olah menjadi SOP Rebung. Rebung ini agak kecil dan dagingnya keras.

Mungkin saja setiap daerah Kalimantan Tengah memiliki nama dan cara-cara tertentu dalam mengolah rebung.

ARTIKEL Sayur Rebung ini dibuat agar masyarakat bisa mengetahui JENIS-JENIS sayur rebung sehingga tidak hanya bisa memakan dan mengkonsumsinya saja. Sehingga mereka bisa mengetahui sayuran lokal daerahnya dan cara memasaknya.

Berikut ini Resep Sayur Rebung Kuah Santan :
Bahan utama : 2 buah Rebung ukuran sedang. Cara mengolah sayur rebung yaitu siang buang kulit luar yang berbulu dan keras kemudian cuci bersih lalu potong tipis tipis. 1 ekor ikan mas yang sudah disiang dan dicuci bersih.
Santan Kara 1 bungkus yang ukuran kecil
Bumbu halus untuk resep sayur rebung kuah santan:
5 butir bawang merah
3 butir bawang putih
2 butir kemiri/ bisa juga tidak pakai kemiri kalau di santan.
Garam
Penyedap rasa

Cara memasak sayur rebung :
Rebus sayur rebung apabila termasuk rebung yang pahit dan kalat. Masak air rebusan beserta bumbu, santan kara dengan air rebusan secukupnya, aduk rata agar santan menyebar. Masak hingga mendidih, kalau sudah mendidih masukkan sayur rebung. Tunggung sampai tebung agak masak kemudian masukkan ikan masnya. Tutup, dan tunggu ikan masak. Kalau ikan sudah masak. Angakat beri garam dan penyedap rasa secukupnya.

Posting Komentar untuk "Resep Masakan Sayur Rebung Kuah Santan/Juhu Ujau Khas Kalimantan Tengah"