Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Cabai Rawit/Cabe Rawit di Polybag Media Arang Sekam

Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag dengan media arang sekam. Bagi anda yang menyukai cabai alangkah baiknya jika anda mencoba menanam cabai rawit di polybag dengan media arang sekam karena cara ini sangat mudah, untuk pemula tidak ada salahnya mencoba dengan skala menanam cabai rawit di polybag dengan media arang sekam yang sedikit berbeda jika kita membudidayakan untuk lahan bisnis cabai rawit. 

Apalagi jika ditempat anda banyak sekam padi, sehingga bisa diolah menjadi arang sekam untuk media/tempat tumbuh tanaman cabai rawit anda. Mungkin juga kalau ditempat anda sudah ada yang menjual arang sekam yang sudah jadi, anda juga bisa langsung membeli arang sekam yang sudah jadi.

Apa itu sekam ? Pengertian Sekam adalah kulit padi yang sudah tidak ada lagi berasnya, hasil dari penggilingan padi berupa kulit padi yang terbuang keluar disebut sekam padi. Karena padi yang sudah tergiling akan menghasilkan beras sedangkan kulit dari padi itu disebut dengan sekam padi. Sedangkan perbedaan sekam dan arang sekam adalah jika sekam masih dalam keadaan mentah atau kulit padi yang murni belum diolah, sedangkan pengertian arang sekam adalah kulit padi yang dibakar selama berjam-jam sehingga berwarna hitam dan masih berbentuk butir-butir kulit padi dan apabila sekam terlalu lama dibakar maka tidak akan menjadi arang sekam melainkan menjadi abu. Manfaat Abu dari sekam padi bisa dijadikan abu gosok yang berfungsi untuk membersihkan arang yang menempel pada panci-panci.

Arang sekam sangat cocok digunakan sebagi media tanam berbagai jenis sayuran karena arang sekam cepat menyerap air dan bersih karena tidak seperti media lain misalkan pupuk kandang /kotoran hewan. Selain cabai rawit atau cabe rawit Arang sekam juga cocok tempat bertanam kangkung dan bayam cabut karena jika panen sangat mudah mencabutnya dan mudah juga jika membersihkan akar-akarnya.

Pertama yang anda siapkan untuk bertanam cabai/cabe rawit dalam poybag dengan media arang sekam adalah bibit cabai rawitnya. Sebelum anda menanam di polybag yang besar sebaiknya bibit terlebih dahulu disemai. Cara menyemainya sangat mudah ambil 1 atau 2 buah cabai rawit yang masak/yang sudah dijemur lalu buka ambil bijinya kemudian tabur ditanah subur/tempat khusus. Tunggu deh sampai bibitnya tumbuh dan besar mungkin sekitar 1 bulan baru bibitnya dipindah ke polybag yang besar untuk satu polybag untuk satu cabai rawit.

Kedua siapkan polybag besar yang sudah beris media tanam arang sekam untuk perbandingan 1:1:1 yaitu satu ember(jika anda pakai ember) arang sekang, satu ember pula tanah dan pupuk kandang atau kompos. Apabila pupuk kandang susah didapat anda bisa menggantinya dengan kompos yang sudah matang artinya anda bisa mencari daun-daun,ranting,rumput yang sudah membusuk. Tanda kompos tersebut sudah membusuk yaitu berwarna kecoklatan dan hampir menyatu dengan tanah. Kompos inilah yang bisa anda campur dengan sekam dan juga tanah. Aduk semuanya sehingga tercampur rata. Kalau sudah masukkan kedalam polybag.

Ketiga, setelah polybag terisi barulah anda memindahkan bibit cabai rawitnya apabila umur dari bibit cabai rawitnya sudah cukup untuk dipindah. Mudah bukan cara menanam cabai rawitnya, jangan lupa disiram minimal 1 kali sehari agar asupan air tidak kekurangan.

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Cabai Rawit/Cabe Rawit di Polybag Media Arang Sekam"