Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menyingkap Fakta Manfaat dan Khasiat Kayu Bajakah Asli Dari Kalimantan

Sakit kanker memang menjadi hal yang menakutkan bagi setiap orang. Sejak ratusan tahun dari awal dikenalnya dunia medis, penyakit kanker seakan menjadi penyakit yang tak ada satu pun obat buat menyembuhkan seperti halnya penyakit yang lainnya.

Semisal pun dapat sembuh dari penyakit kanker, itu juga mesti melewati serangkaian perawatan medik yang butuh banyak ongkos. Saat ini, diklaim telah ditemukan satu obat kanker yang sederhana dari sebuah tanaman saja.

Berikut ini fakta-fakta tanaman bajakah yang dikatakan mampu menyembuhkan sakit kanker, antara lain :

1. Bentuk dari Pohon Bajakah
Bajakah diketahui memiliki bentuk batang pohon tunggal merambat serta memiliki warna coklat. Batang akar tumbuhan bajakah tersebut cukup kuat dan besar.

Tanaman bajakah tersebut merambat yang ketinggiannya hingga lebih dari 5 meter sampai puncak pohon lain. Sedangkan akarnya ada di dasar aliran air lahan gambut.

2. Bajakah Asalnya dari Kalimantan Tengah dan Hidup di Hutan
Bajakah tersebut asalnya dari Kalimantan Tengah serta hidup di tengah hutan. Pohon bajakah hanya dapat hidup di tempat yang rindang tengah hutan dan tak banyak kena cahaya matahari.

3. Bajakah Memiliki kandungan Zat Penyembuh Kanker
Dari hasil penelitian Kepala Laboratorium Bio Kimia dan Molekuler dari Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (FK ULM) yaitu Eko Suhartono, akar bajakah memiliki kandungan senyawa antioksidan yang memiliki fungsi melawan sel kanker.

Kandungan lain pada akar bajakah lainnya ialah saponin, steroid, alkoloid, terpenoid, tanin, flavonoid, dan fenolik. Diketahui, jumlah antioksidan pada akar bajakah tersebut pun sangat tinggi.

4. Cara Melakukan pengolahan serta Mengkonsumsi Bajakah untuk Obat Kanker
• Bajakah dikeringkan dengan cahaya matahari.
• Lalu cacah bajakah tersebut sesudah menjadi kering
• Kemudian haluskan dengan cara ditumbuk ataupun diblender
• Bubuk akar bajakah kemudian diseduh memakai takaran 1 grm pada larutan 500 ml air.
• Dapat pula direbus memakai air sekitar Setengah jam, baru selanjutnya diminum tiap hari
• Air rebusan bajakah ini memiliki warna seperti teh.
• Ketika diminum, air bajakah rasanya hambar.

5. Bajakah Telah Terbukti mampu menyembuhkan penyakit Kanker Payudara Stadium Empat
Bukti bahwa ramuan akar bajakah dapat sembuhkan kanker ialah pengalaman penduduk suku Dayak yang mana ibunya pernah divonis menderita penyakit kanker payudara stadium empat.

Akan tetapi sang ibu menolak untuk dioperasi. Kemudian memilih meminum rebusan air dari akar tumbuhan bajakah yang dicari sang bapak di tengah hutan.

Sesudah teratur minum ramuan akar bajakah tersebut, ibunya pun sembuh total dari penyakit kanker payudara. 2 minggu saja sudah ada reaksinya dan dalam sebulan sembuh total.

6. Peneliti Bajakah untuk Obat Kanker ialah Anak SMA
Ramuan bajakah tersebut memang telah dikenal turun temurun oleh penduduk Kalimantan buat mengobati penyakit kanker dan tumor.

Akan tetapi pelajar SMAN 2 Palangkaraya yang terdiri atas Yazid, Aysa Aurealya Maharani, serta Anggina Rafitri, itulah yang melakukan pengujian pada laboratorium sekolahnya.

Mereka menguji sampel memakai 2 ekor mencit atau tikus memiliki warna putih yang sebelumnya telah disuntikkan zat pertumbuhan sel tumor dan juga kanker.

Hasilnya, air campuran bajakah dapat menghilangkan sel tumor di tikus itu.

7. Akar Bajakah Dianggap sebagai Tanaman Mistis
Tanaman khas dari Kalimantan Tengah tersebut memang telah semenjak lama dipakai secara turun-temurun oleh leluhur suku Dayak untuk obat kanker.

Akan tetapi selama ini belum pernah ada penelitian secara ilmiah terhadap tumbuhan bajakah tersebut.

Baru pertama kali ini dilakukan penelitian oleh pelajar SMAN 2 Palangkaraya itu.

Bahkan tumbuhan bajakah tersebut, untuk penduduk setempat dianggap sebagai hal yang berbau mistis.

8. Kecemasan akan terjadinya Eksploitasi buat mendapatkan Bajakah
Seiring dengan semakin populernya Bajakah yang dikenal mujarab mengatasi kanker, muncul kecemasan adanya eksploitasi hutan disebabkan oleh banyak yang memburu akar bajakah. Hal tersebut dikemukakan oleh guru SMAN 2 Palangkaraya tersebut.

9. Jenis Akar Bajakah yang dapat dijadikan Obat Kanker Masih Rahasia
Realitanya, terdapat beberapa macam tumbuhan akar bajakah.

Akan tetapi, tak diketahui percis jenis akar bajakah mana yang diklaim dapat mengatasi penyakit kanker.

Terdapat tiga macam tumbuhan bajakah, yaitu:

1. Bajakah Lamei: Tumbuh pada hutan tropis lembap yang batangnya menyimpan banyak air yang dapat diminum. Cairan terkandung pada tumbuhan tersebut diyakini dapat mengatasi diare.

2. Bajakah Kalalawit (Uncaria Gambir Roxb): Memiliki kandungan phenol dan antibacterial, dengan ekstraknya memiliki kandungan tinggi katekin buat mencegah penyakit jantung, kegemukan, dan membantu pembentukan kolagen.

Senyawa catechin pada gambir pun diyakini dapat mencegah kerusakan kulit dikarenakan paparan cahaya matahari.

3. Bajakah Tampala (Spatholobus Littoralis Hassk): Akar bajakah tersebut memiliki kandungan senyawa fenolik, tannin, flavonoid, dan juga saponin, yang dapat mempercepat pertumbuhan kolagen serta pembentukan epitel baru.

Tumbuhan bajakah tersebut dikenal dapat menyembuhkan luka serta berbagai macam penyakit.

Dikarenakan ada kecemasan eksploitasi hutan Kalimantan Tengah, terlebih-lebih buat tujuan komersial. Oleh sebab itu lah kehadiran percis dan juga nama dari jenis bajakah tersebut masih dirahasiakan.

10. Penemuan Obat Kanker dari Bajakah mengharumkan Nama Indonesia

Penemuan bajakah untuk obat kanker tersebut telah membuat harum nama Indonesia di mata dunia.

Dikarenakan obat kanker dari akar bajakah tersebut dikenalkan di ranah international oleh pelajar SMAN 2 Palangkaraya dan juga dimenangkan pada ajang Youth National Science Fair (YNSF) 2019 di Bali serta Invention Olympic (WICO) di Korea Selatan.

Menyingkap Fakta Manfaat dan Khasiat Kayu Bajakah Asli Dari Kalimantan

Posting Komentar untuk "Menyingkap Fakta Manfaat dan Khasiat Kayu Bajakah Asli Dari Kalimantan"