Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Bawang merah umumnya digunakan untuk rempah di masakan yakni bagian ubinya dijadikan bawang goreng. Sementara itu, daun bawang merah buat penyedap masakan.

Kandungan vitamin dan juga nutrisinya memiliki manfaat bila dikonsumsi ketika mentah saja. Bilamana telah dimasak maka vitamin serta nutrisinya jadi berkurang atau bahkan hilang.

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat dari bawang merah adalah :

1. Membantu dalam Mencegah Kanker

Kandungan dari bawang merah yaitu zat quercetin yang merupakan zat alami yang menjadikan bawang memiliki warna warna merah gelap.

Zat quercetin termasuk dalam zat antioksidan yang memeiliki peran penting untuk melawan dampak radikal bebas yang berbahaya di dalam tubuh. Salah satunya yaitu penumpukan radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Antioksidan seperti halnya quercetin dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Sebuah penelitian pada hewan memperlihatkan bahwa zat quercetin pada bawang merah mentah tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker paru-paru, kanker prostat, kanker indung telur, kanker usus, dan kanker endometrial.

2. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Zat quercetin yang sangat tinggi pada bawang merah dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Seseorang yang memiliki hipertensi beresiko untuk mengalami berbagai macam penyakit bersifat degenerasi, antara lain penyakit jantung kroner, gagal ginjal, stroke, dan juga diabetes melitus.

3. Membantu dalam Menormalkan Kadar Gula dalam Darah

Tingkat kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan munculnya penyakit diabetes melitus. Kadar gula darah yang tinggi adalah sumber dari segala macam penyakit degeneratif dan juga penyakit kronis.

Penelitian di daerah Sudan pada penderita penyakit diabetes melitus tipe satu dan dua yang mengkonsumsi bawang merah mentah mempunyai jumlah gula darah normal dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

4. Dapat Membuat lega Tenggorokan

Manfaat dari bawang merah mentah mampu mengatasi sakit tenggorokan. Jus dari bawang merah segar mampu membuat lega tenggorokan dikarenakan terkena serangan batuk dan juga pilek. Buat menambah cita rasa beri tambahan gula aren ataupun madu ke dalam jus bawang.

5. Mampu Mengontrol Diabetes

Flavonoid pada kandungan bawang merah dapat membantu mengatasi banyak penyakit, salah satunya ialah diabetes.

Sejumlah penelitian pun memperlihatkan khasiat bawang merah mentah yang meningkatkan produksi insulin dan juga membantu dalam mengontrol berat badan yang berhubungan dengan diabetes.

Sifat bawang merah membantu dalam merangsang sekresi insulin, yang mengurangi respon inflamasi yang menyangkut dengan diabetes.

6. Membuat sehat Jantung

Khasiat bawang merah mentah mampu membuka arteri yang tertutup serta mengontrol tekanan darah yang tinggi. Oleh sebab itu, mengkonsumsi bawang merah secara rutin dapat mencegah penyakit jantung koroner.

7. Meningkatkan Stamina Laki-laki

Khasiat bawang merah tak cuma untuk kesehatan saja. Akan tetapi, manfaat bawang merah untuk laki-laki pun dapat membantu sistem kekebalan tubuh lemah yang bisa menyebabkan seseorang lemas, gampang capek, dan bergerak lamban di atas tempat tidur.

Akan tetapi memakan bawang merah dengan teratur mampu mencegah semua itu. Kandungan fitokemikal pada bawang dapat mendorong vitamin C buat menguatkan imun tubuh sehingga zat racun berbahaya yang menyebabkan berbagai macam penyakit dapat diusir dari tubuh.

8. Meningkatkan Kesehatan pada Otak

hal ini dikarenakan adanya kandungan folat yang merupakan salah satu dari 8 vitamin B dan itu dapat meningkatkan kinerja otak dengan berkontribusi di kesehatan mental dan juga emosi. Folat pun menjaga DNA dan juga RNA tubuh.

Khasiat bawang merah mentah lainnya ialah zat besi yang cukup penting bagi kinerja otak. Bawang merah juga memiliki kandungan senyawa lain yang disebut dengan pyrithione, yang ditemukan buat melawan peradangan otak serta meningkatkan aktivitas neurologis.

Sifat-sifat anti-radang bawang merah juga mampu membantu mencegah penyakit alzheimer, kelainan dengan tanda penurunan daya ingat. Bawang merah pun mampu membuat tenang saraf serta mengatasi iritasi saraf.

9. Memiliki kandungan Protein bagi Kesehatan Tubuh

Bawang merah memiliki kandungan protein yang tak terlampau banyak. Setiap porsi bawang dengan berat 148 grm cuma terdapat 1 grm protein saja.

Walau begitu, bawang tersebut dapat dijadikan pelengkap makanan antara lain sambel mentah, buat bumbu resep nasi goreng, ataupun makanan lain.

Protein pada bawang memiliki warna merah tersebut mempunyai khasiat baik buat memelihara dan juga membangun sel jaringan tubuh yang sehat.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Protein dan juga peptida pada kandungan bawang merah mampu meningkatkan imun tubuh. Manfaat bawang merah mentah pun mempunyai sifat antioksidan yang dapat membantu melawan penyakit serta infeksi umum. Seperti flu, demam, dan juga bronkitis.

Bila anda tidak suka mengkonsumsi bawang merah mentah, sebaiknya menyiasatinya dengan cara mencampurkan bawang merah ke dalam makanan favorit Anda.
Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh Anda


Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh Anda"