Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

36 Manfaat Dan Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh Yang WAJIB ANDA TAU

Umbi yang populer mempunyai khasiat dan manfaat di dalam dunia kesehatan yakni bawang putih, sebab khasiat bawang putihdapat dipakai baik laki-laki, perempuan, anak-anak, ibu hamil, kulit muka, rambut serta seluruh bagian tubuh kita.

Penggunaan bawang putih tak cuma terkenal di era saat ini, melainkan juga telah dikenal sejak dimulainya peradaban manusia. Seperti halnya pernyataan Hipocrates bahwasanya sejak jaman Babilonia dan juga Yunani, bawang putih dimanfaatkan untuk obat perangsang yang bermanfaat untuk obat susah buang air besar, tak cuma itu bawang putih pun memiliki khasiat pelancar air kencing.

Aristoteles pernah menguji bawang putih untuk pengobatan pada tahun 335 SM, tak cuma itu, diabad pertengahan, bawang putih dipakai untuk obat dalam mengatasi hipertensi kehilangan selera makan, gangguan paru-paru, gigitan ular, batuk rejan, serta kebotakan.

Dalam sejarah Mesir Kuno bahwasanya bawang putih mempunyai peran untuk pembangunan piramida-piramida besar yang ketika dikerjakan, para pekerjanya diberi makanan bawang putih dalam jumlah yang besar. Berdasarkan kepercayaan mereka bahwasanya bawang putih mempunyai khasiat menangkal penyakit, dapat memberi serta meningkatkan sistem imun tubuh supaya tetap kuat.

Sementara itu penjelasan sejarah ketika Perang Dunia Ke-2, bawang putih dikonsumsi prajurit perang dikarenakan bawang putih dipercaya dapat menambah energi serta imun tubuh untuk menangkal dan juga mengatasi berbagai macam penyakit.

Di Cina juga demikian, bawang putih telah dikenal sejak dahulu untuk pengobatan tradisional, dikarenakan ketika itu Cina sering kali memakai tanam-tanaman untuk pengobatan termasuk bawang putih, alasannya cina memakai tanam-tanaman untuk pengobatan ialah tak cuma mengatasi bagian tubuh yang sakit, tapi juga mengobati seluruh bagian tubuh serta meningkatkan kesehatan tubuh. Hal tersebut dikarenakan bahan-bahan alami tersebut mengandung gizi untuk tubuh.

Bawang putih mempunyai khasiat sebagai zat alami anti penuaan dikarenakan dapat meremajakan urat-urat darah lebih muda 15 tahun.

Pada abad ke-17, pada saat ada wabah melanda sebagian belahan Eropa, ada dua kelompok pendeta yang jadi perhatian yakni pendeta Perancis dan pendeta Inggris yang mampu bertahan hidup lebih lama dikarenakan mengkonsumsi bawang putih dengan jumlah yang banyak melawan wabah sampar.

Menurut buku Complete Herbal (1653) oleh Nicholas Culpeper mengeklaim bahwasanya bawang putih untuk penyembuh dari segala penyakit: suatu obat bagi semua penyakit dan juga luka. Bawang putih membuat lancar air kencing, serta siklus haid wanita, mengobati gigitan anjing gila serta gigitan hewan lain yang berbisa, membinasakan cacing pada anak-anak, luka serta buang air, dahak, mengatasi pusing, dan juga lemas. Bawang putih pencegah dan obat untuk wabah apapun, sakit tenggorokan ataupun koreng mengandung nanah.

Berbagai macam pujian kepada bawang putih untuk mengatasi berbagai macam penyakit, pengobatan, kesehatan serta kecantikan, ada pula suatu catatan sejarah ketenaran bawang putih tak dipercaya lagi yakni di permulaan abad ke-19 di Inggris, dari Ny Beeton di dalam karya buku memasak Victorian-nya menulis bawang putih dianggap tak cocok untuk bahan masakan serta cuma senyeka di mangkok salad. Sebagian orang memberi pernyataan: “Bau bawang putih biasanya dianggap menyengat hidung”.

Pada permulaan abad ke-20, awal kebangkitan bawang putih. Pada perang Dunia I, orang Rusia menggunakan bawang putih yang sudah dilumatkan buat pembalut luka, mencegah pembusukan, serta terus berkelanjutan dalam memakai bawang putih untuk penyembuh pada Perang Dunia I, dan juga lanjut pada Perang Dunia ke-2 bawang putih sudah dikenal sebagai “Penelisin Rusia”. Sementara itu di libanon, bawang putih dikenal sebagai resep buat diet.

Dan 20 tahun terakhir, bawang putih pun mengalami era kebangkitan. Sedemikian besarnya pengaruh bawang putih sehingga pada tahun 1994, didirikanlah Pusat Informasi Bawang Putih, dan hingga sekarang ini terus berkembang di Sussex Timur, buat mempromosikan kegunaan bawang putih untuk obat segala penyakit baik itu masuk angin sampai penyakit jantung koroner, hipertensi, serta aliran darah yang tak lancar. Dan masih banyak lagi kegunaan bawang putih yang pernah cuma sebatas mitos lalu kini sudah terbukti dan juga tidak usah lagi diragukan alasan memakai bawang putih.

Dengan nama ilmiah Allium sativum L., hampir semua masakan Indonesia memakai bawang putih untuk bumbu masakan. Bawang putih yang dipakai bersama dengan campuran lainnya antara lain bawang merah, tomat dan juga jahe. Rasanya yang pedas dan bau yang tajam menjadikan masakan rasanya gurih.

Berbagai macam pembuktian-pembuktian manfaat bawang putih mulai dari jaman yunani kuno, cerita-cerita rakyat, buku, serta sesuai dengan catatan-catatan sejarah, tidaklah cukup menyakinkan anda tanpa adanya bukti secara ilmiah. Ada satu pendekatan lagi untuk membuktikannya yaitu melalui kandungan gizi bawang putih yang bisa dijadikan rujukan memperlihatkan bukti secara ilmiah, yang mana pertanyaan-pertanyaan yang muncul dibenak anda.

Kandungan Yang Terdapat Di Dalam Bawang Putih

Masyarakat banyak yang yakin akan manfaat dan khasiat bawang putih, namun masih sedikit diantara mereka yang tau alasan ilmiah dibalik khasiat dan manfaat bawang putih. Mereka mengetahuinya cuma sebatas bentuknya yang mirip gangsing, baunya yang menusuk, memiliki warna putih, untuk bumbu pelezat masakan, serta cerita-cerita bahwasanya bawang putih memiliki khasiat.

Bawang putih memiliki kandungan minyak asiri yang gampang menguap ke udara bebas. Minyak asiri dari bawang mempunyai kemampuan antibakteri dan juga antiseptik. Bau khas yakni alisin yang memiliki kandungan sulfur dengan struktur tak jenuh serta di dalam beberapa detik saja terurai senyawa dialil sulfida. Dalam tubuh, alisin membuat rusak protein kuman penyakit hingga mati. Alisin zat aktif memiliki daya antibiotika sangat ampuh. Diduga kemampuan alisin hingga 15 kali lebih kuat dari penisilin.

Scordinin memeiliki peran sebagai enzim pertumbuhan pada proses germinasi atau pembentukan tunas serta pengeluaran akar bawang putih. Scordinin dipercaya menambah sistem imun tubuh dan juga perkembangan tubuh. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan kemampuan bawang putih untuk bergabung bersama dengan protein serta menguraikannya, yang mana protein ini gampang dicerna oleh tubuh.

Anti stres

Dr. Gilles Fillion dari Institute Pasteur di Prancis bahwasanya bawang putih membantu pembebasan serotonin yang berguna mengatur suasana hati serta tingkah laku seperti halnya kecemasan, muring, agresi, sakit, strees, kurang tidur, dan juga ingatan. Kadar serotonin yang tinggi di dalam otak dapat membuat tenang membuat lebih mudah tidur, serta mengobati rasa sedih.

Sulfur, Anti-biotikyang Alami dan juga Pereda Influenza serta Batuk

Salah satu zat aktif di bawang putih yang keluar pada saat dihancurkan dengan jalan dicingcang ataupun ditumbuk ialah sulfur (belerang). zat tersebut memeiliki peran selaku anti-biotik alami yang efektif untuk tubuh.

Penelitian Los Angeles kepada lima orang mengalami kripto menujukkan bahwasanya seluruh tanda-tanda semakin kurang sesudah mereka mengkonsumsi bawang putih. Kripto terjadi dikarenakan sistem pertahanan tubuh bertambah lemah disebabkan oleh penyakit ataupun paparan obat. Penelitian memperlihatkan bukti bahwa bawang putih memiliki manfaat untuk imunitas tubuh sebab memiliki kandungan antibakteri dan juga antijamur. Kandungan di dalam bawang putih yang melawan kripto, herpes sitomegalovirus, virus, organisme mikrobakteri ataupun kandida, kriptosporidiosis dan juga HIV.

Bawang putih bisa jadi obat alternatif buat influenza serta batuk, bila tak mau mengkonsumsi obat kimia. Bisa dengan mengkonsumsi bawang putih secara langsung ataupun pada masakan sebab kandungan sulfur pada bawang putih yang menambah serta membuat semakin cepat aktivitas membrane muccous di saluran pernafasan. Pengaruh yang diberikan bisa membuat lega pemanpatan serta membantu dalam mengeluarkan lendir.

Tak cuma itu, manfaat bawang putih mampu membinasakan bakteri serta virus penyebab penyakit dikarenakan kandungan phytochemical. Penelitian pada tahun 1992 oleh Universita Brigham Young di Utah bahwa bawang putih tumbuh di dalam minyak mampu membunuh Rhinivirus tipe 2 yang menyebabkan influenza.

Antiaging dan juga Antikanker

Penelitian Dr. Yongxiang Zhang dari University of Tokyo Jepang menyatakan bahwa bawang putih mampu mencegah kemerosotan otak serta sistem imun tubuh. Penelitian dilakukan pada binatang memperlihatkan bukti bawang putih membantu mencegah proses penuaan.

Mencegah sel kanker bisa dilakukan dengan jalan mengkonsumsi bawang putih dengan rutin. Penelitian oleh Memorial Sloan Kattering Cancer Center menemukan bahan kimia yang bernama SAMC pada bawang putih mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Di samping itu, zat organosulfida di dalam bawnag putih membantu hati melakukan pemrosesan senyawa kimia mengandung racun, termasuk senyawa kimia yang menyebabkan kanker, terutama kanker perut dan juga usus besar. Ilmuwan dari Penn State University memberikan rekomendasi untuk mendiamkan dahulu potongan ataupun tumbukan bawang putih sedikit-sedikitnya 10 menit supaya bawang membentuk kandungan-kandungan memerangi kanker buat memperoleh hasil yang optimal.

Menurunkan Resiko Komplikasi Pre-eklampsia

Sebagian ibu hamil mengalami tanda-tanda pre-eklamsi pada saat masa kehamilan, yakni naiknya tensi serta kandungan protein di dalam air kencing. Keadaan ini pada ibu hamil cukup berbahaya sebab mengancam keselamatan ibu dan juga bakal bayi dikandungnya. Buat mengurangi pre-eklamsia, anda bisa memakai bawang putih dengan mengkonsumsi tablet bawang putih dengan standar selama masa kehamilan. Sekalipun pre-ekslamsia dan juga kelambanan pertumbuhan adalah keadaan yang kompleks. namun konsumsi bawang putih mampu menurunkan kemungkinan terjadi.

Vitamin serta Mineral Penting

Zat aktif lain yang ada di dalam bawang putih yang baik manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan kulit ialah asam amino; zat mineral merupakan germanium, zink, selenium, dan vitamin A, B, serta C. Allicin yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Berikut khasiat bawang putih untuk tubuh dalam melindungi kesehatan, mengatasi penyakit, serta menambah cantik tubuh anda, antara lain :

1. Untuk Diabetes. Bawang putih memiliki manfaat buat diabetes dengan cara mengontrol diabetes serta gejala-gejala yang bisa mengakibatkan diabetes, dengan mengkonsumsi bawang putih tiap hari setelah makan. Pagi, siang dan juga malam yang masing-masing dua ataupun tiga siung satu kali makan. Dari pengalaman, mereka yang berat badannya dibawah 60 kilogram untuk mempergunakan dosis dua siung bawang ataupun 7 grm satu kali makan. Sedangkan yang lebih dari dosis 3 siung bawang ataupun 10 grm.

Langkah pengolahan ataupun penggunannya sebagai obat diabetes ialah bisa dibuat sambel kecap dengan cara diiris-iris bersama dengan bawang merah dan juga lombok buat teman makan nasi. atau dimemarkan selanjutnya diseduh memakai air panas sebanyak separuh gelas serta diblender, atau pun dijus; bawang putih diparut, diseduh air panas kemudian minum sesudah hangat bersama dengan ampas-ampasnya.

Sebelum menggunakan bawang putih sebagai obat diabetes terlebih dulu melakukan pemeriksaan diabetes anda di lab ataupun dokter. Kemudian pakai resep itu sekitar satu minggu, sesudah itu periksa kembali dan bila terjadi penurunkan kadar gula darah yang sangat banyak dosis diturunkan. Bila sudah mendekati normal, kurangi konsumsi bawang putih.

2. Untuk Pilek.
Pilek bisa diobati tanpa memakai obat-obatan dipasaran dengan harga mahal. Saat ini ada khasiat bawang putih dapat digunakan untuk mengatasi pilek. Sebab kandungan sulfur yang terdapat di dalam bawang putih yang menjadikannya aroma serta rasa khas dengan cara meningkatkan serta menambah cepat aktivitas membran mucous pada saluran pernafasan, buat membantu melegakan pemampatan serta mengeluarkan lendir. Kandungan phytochemical yang membantu membinasakan bakteri serta virus yang menyebabkan penyakit.

Langkah pengolahan ataupun cara pemakaian bawang putih buat mengatasi pilek ialah dengan cara menghancurkan bawang putih serta campurlah ke dalam susu dingin di tuang ke dalam panci, kemudian panaskan selama 1 hingga 2 menit, lalu minum hangat-hangat.

3. Untuk Obat Batuk.
Langkah membikin obat batuk dengan memakai bawang putih ialah dengan jalan membuat cairan bawang putih sebanyak 5 tetes ke dalam 1 sendok teh, diminum sebanyak 3 kali satu hari.

4. Untuk Kolesterol.
Umumnya untuk mengatasi kolesterol memakai bawang putih tersebut dengan memakai jenis bawang putih lanang. Salah satu studi yang memperlihatkan bawang putih untuk obat kolesterol ialah dengan mengkonsumsi 600 mg bawang putih tiap hari mampu mengurangi kolesterol dengan dratis.

Studi yang dilakukan The Journal of The Royal College of Physicians oleh Silagy CS dan Neil HAW tahun 1994 bahwa bawang putih adalah agen yang mampu mengurangi lemak dan juga suplemen bawang putih cukup berguna untuk obat mengurangi kolestrol tinggi. Menurutnya penurunan paling besar secara keseluruhan ialah 12% dari total kolestrol dalam 4 minggu perawatan.

5. Untuk Kanker.
Kandungan Organosulfida di dalam bawang putih berguna untuk memerangi kanker terutama untuk kanker perut serta usus besar. Organosulfida membantu hati dengan melakukan pemrosesan senyawa kimia yang mengandung racun. Menurut penlitian Penn State University menyarakan guna memperoleh khasiatnya maka bawang putih sesudah dipotong ataupun ditumbuk diamkan sampai 12 menit,guna membentuk kandungan yang dapat memerangi kanker.

6. Untuk Kanker Payudara dan Kanker Prostat
Bawang putih mencegah pertumbuhan kanker payudara serta kanker prostat seperti halnya resep diatas untuk obat kanker.

7. Untuk Ibu Hamil atau Kehamilan.
Dari riset paling baru bawang putih mampu menurunkan risiko komplikasi kehamilan pre-eclampsia. Khasiat bawang putih buat ibu hamil ialah menaikkan berat badan jabang bayi serta meningkatkan keselamatan ibu hamil. Riste Dr. D. Sooranna, Ms J. Hirani dan juga Dr. I Das di Academic Departement of Obsterrics dan Gynaecology, Chelsea dan Westminster Hospital in London UK. Memberi kesimpulan meskipun pre-eclampsia dan juga kelambatan pertumbuhan adalah keadaan yang kompleks, mengkonsumsi pil bawang putih dengan standar selama masa kehamilan mampu menurunkan kemungkinan komplikasi kelahiran. Kelambatan pertumbuhan bayi cukup berbahaya untuk ibu dan anak yang terjadi kurang lebih diantara sepuluh kehamilan.

Hasil ekstrak bawang putih dalam sel-sel plasenta memungkinkan mengalami keadaan itu terbukti mampu menstimulasi pertumbuhan dan juga aktivitas enzim penting yang abnormal di kehamilan pun semakin kurang.

8. Untuk Ambeien. Ambeien bisa disembuhkan memakai bawang putih. Sangatlah gampang untuk proses pembuatan obat ambeien ini. Yaitu dengan cara melakukan pembersihan area anus dan sekitarnya dengan memakai air hangat dan sabun, oleslah jus atau beberapa siung bawang putih yang sudah dimemarkan sebanyak 3 sampai 5 kali di anus yang sudah dibersihkan, tunggulah sampai beberapa menit kemudian bersihkan.

9. Untuk Hipertensi.
Hal ini dikarenakan bawang putih mampu meredakan ketegangan saluran darah arteri. Tak cuma itu, bawang putih pun membuat normal denyut jantung dan juga gejala sakit kepala, sesak napas serta pembentukan gas pada saluran pencernaan.

10. Untuk Menambah Energi.
Bawang putih dapat meningkatkan antibiotik yang membuat daya tahan tubuh meningkat.

11. Untuk Kesehatan Jantung.
Jantung adalah bagian paling penting atau organ paling penting di dalam tubuh manusia yang mana kesehatan jantung mesti diperhatikan serta dijaga. Dalam menjaga kesehatan jantung, mengembalikan kesehatan jantung, mencegah serangan jantung, membantu dalam mengecilkan sumbatan di arteri jantung dilakukan dengan jalan mengkonsumsi bawang putih dengan rutin kira-kira 2 sampai 3 siung tiap hari anda bisa menjaga kesehatan jantung serta menurunkan resiko terkena serangan jantung.

12. Sebagai Antibakteri.
Bawang putih memiliki kandungan asam amino allicin yang mempunyai sifat antibakteri, antiviral serta antifungal terutama untuk menanggulangi parasit usus. Kemampuan bawang putih yang menyerupai penicillin mampu menyingkirkan bakteri meskipun tak dimasukan sebagai pengganti penicillin, akan tetapi bawang putih bisa dipakai sebagai obat anti bakteri.

13. Mengobati Infeksi Luka.
Caranya gerus bawang lalu ambil airnya, kemudian lulurkan ke luka. Luka sebelumnya dilapisi memakai perban tipis.

14. Mengobati Kutil serta Masalah Kulit.
Bawang putih mampu melawan infeksi dan bakteri. Hal tersebut membuat bawang putih jadi bahan pengobatan yang efektif untuk mengobati kutil serta permasalahan kulit lainnya.

15. Mengurangi Sakit Tenggorokan dan juga Sakit Gigi.
Bawang putih dapat meredakan dan malahan mampu menyembuhkan sakit gigi yang anda rasakan termasuk sakit tenggorkan sebab sifatnya antibakteri dan juga anestesi yang mana membantu mengatasi sakit gigi. Cara mengolahnya yaitu cukup dengan mengupas kulit bawang putih, kunyah bawang lalu telan airnya.

Posting Komentar untuk "36 Manfaat Dan Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh Yang WAJIB ANDA TAU"