Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ulat Sagu Rumbia Yang Bisa di Makan

Gambar di bawah ini adalah ulat unik,menggelikan dan juga sedap tentunya jika kita masak. Rasanya gurih,krenyes gitu dch serta memiliki aroma khas yang buat nagih tetapi jika kebanyakan buat enek juga karena agak berlemak. Tetapi juga bisa membuat alergi bagi yang tidak tahan seperti gatal-gatal,bentol-bentol hingga bengkak.

Ini adalah ulat yang bisa di makan, yang berasal dari batang pohon rumbia yang sudah di tebang, batang tersebut membusuk hingga berulat. Ulat rumbia pada intinya berasal dari sagu yang membusuk, ulat tersebut memakan sagu dari rumbia sehingga membuat sarang dalam batang rumbia yang ditebang berupa lobang-lobang yang banyak dalam pohon tersebut. Pertama-tama ulatnya kecil berwarna putih lalu lama ke lamaan akan menjadi ulat dewasa yang enak jika di makan.

Tips mencari ulat rumbia yaitu Tanda-tanda pohon rumbia yang sudah memiliki ulat yaitu terdengar suara berisik di dalam pohon yang sudah ditebang. Suara itu berasal dari ulat yang membuat lobang dengan menggunakan giginya yang tajam sehingga menimbulkan suara berisik.

Selain itu carilah pohon rumbia yang sudah ditebang agak lama sampai batangnya terlihat membusuk atau lunak.

Apabila batang yang sudah memiliki ulat maka jika kita gali menggunakan  tangan akan sangat mudah karena batang sudah membusuk dan berbentuk serbuk basah akibat dari gigitan ulat-ulat yang mencari makan dan membuat rumahnya.

Proses hingga ada ulat sagu cukup lama yaitu lebih dari 1 bulan (kira2 juga sch soalnya ga pernah ngitung) tetapi kalau kelamaan tidak dicari maka ulatnya tidak ada lagi.

Ulat sagu dalam masyarakat dayak kalimantan tengah khususnya daerah kabupaten pulang pisau disebut SUNGKET. Sungket biasa di masak dengan di oseng, cukup dengan menumis irisan bawang merah dan bawang putih ditambah garam juga penyedap.

Tetapi sebelum itu sungket dibersihkan terlebih dahulu dengan membuang kepalanya agar garam bisa meresap tetapi bisa juga kepalanya tidak dibuang namun setelah hendak memakannya kepala baru dibuang.

Posting Komentar untuk "Ulat Sagu Rumbia Yang Bisa di Makan"