Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

"Genjer" Sayur Alami Kaya Manfaat

Genjer begitu masyarakat di sekitarku menamakannya dan ada pula yang bilang kalau sayur ini namanya Kujang Barito ya maklum saja beda daerah beda juga namanya meskipun terkadang namanya ada yang mirip-mirip tetapi sayurnya sama saja yaitu Genjer.

Rasanya enak, tetapi sedikit pahit mm..kalau orang dayak daerah kahayan bilang rasa BALAHU yaitu ada sepat-sepat pahit gtu ,ah entahlah apa rasanya tetapi enak.hihi

Saya baru tahu sekarang (2016) konon ada yang mengatakan kalau genjer sayur orang miskin,katanya sich. Ya mungkin ada yang menganggap begitu di daerah lain"dulu ya".

Sebaliknya daerah Saya sayur genjer adalah sayur yang istimewa sejak dahulu, Nenek sering memasak gejer dengan resep genjer yang simple dan praktis, bukan berarti sayur lain tidak ada tetapi genjer menjadi pilihan alternatif dari sayuran-sayuran alami lain.

Nenek dulu memasak genjer dengan dioseng/tumis l juga dibuat sayur beningnya kemudian dibuat sambal terasinya cukup sederhana.

Jangan menganggap remeh sayur gejer, karena banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh kita yaitu untuk 100gr genjer terdapat:

SERAT, yang berguna melancarkan pencernaan juga mencegah sembelit(susah buang air besar).
PROTEIN 1.7 gr yang berguna dalam pembentukan masa otot,menambah stamina dan sumber energi.
KALSIUM 62 mg yang berguna membantu pertumbuhan tulang dan gigu,menjaga kesehatan tulang dan gigi.
FOSFOR 33 mg dapat mencegah osteoporosis,meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang.
Zat Besi 2.1 mg berfungsi dalam pembentukan sel serta mempercepat penyembuhan pada luka.
Kami sekeluarga sudah terbiasa memasak sayuran yang alami.

Apalagi zaman sekarang sayur yang dijual-jual yang kaya akan manfaat dan vitamin bagi tubuh sudah terkontaminasi dengan pestisida, apalagi jika kita memasaknya tidak benar maka akan membuat penyakit bukannya rambah sehat sedangkan tujuan kita membeli sayur untuk mendapatkan vitamin bagi tubuh jika begitu faktanya maka tidak salah jika memilih sayur gejer yang alami sebagai sayur alternatif untuk selang-seling sayur alami lainnya.

Cara budidaya sayur genjer sangat mudah dan murah, terkadang tidak kita budidaya/tanam sayur genjer hidup dengan sendirinya dan berkembang biak dengan sendirinya pula jadi tidak usah repot-repot harus pakai pupuk dan pestisida ini itu. Apabila anda inging membudidaya sayur genjer yaitu cukup dengan menanam anak genjer yang masih kecil kemudian pindahkan ke daerah tanah yang basah(tergenang air),tanah berlumpur,dan pinggiran parit.

Tidak semua tempat yang berlumpur dan tergenang air bisa ditumbuhi genjer, oleh karena itu biasanya mereka yang ingin memakan sayur genjer bisa meminta di tempat tetangga atau membelinya karena gejer sudah lama dijual di pasar-pasar tradisional biasanya mereka membelinya dari desa-desa lalu mereka jual ke kota, atau antar kampung.

Harga gejer biasanya dijual perikat, harga untuk satu ikat rata-rata Rp.2.000, tergantung besar kecil ikatannya.

Genjer yang enak yaitu genjer yang masih muda baik bakal daunnya yang masih kuncup atau bakal buah yang belum berbunga sehingga bau sepatnya agak berkurang. Buah genjer yang tua jarang diambil karena bau dan rasanya agak tajam. Meskipun begitu ada saja orang yang menyukainya. Dikeluargaku daun genjer yang muda tidak diambil karena takut ada serangga bersarang di dalam daun yang masih tergulung. Tetapi sekarang daunnya saja habis dimasak hanya dibuang batang dan daun yang tuanya saja.

Resep memasak sayur genjer juga beragam diantaranya :
Tumis gejer terasi
Bahan: 2 ikat genjer yang sudah disiang dan dicuci bersih.
Bumbu: 3 siung bawang putih iris atau cacah dan 3 siung bawang merah iris atau cacah,merica 1/2 sdt bubuk,terasi ABC 1/2,garam dan penyedap secukupnya, cabai rawit 5 potong-potong
Cara memasak resep  tumis gejer terasi yang enak dan pedas:
Tumis bumbu dengan minyak goreng secukupnya. Jika sudah harum masukkan air 1/2 gelas,tunggu sampai mendidih apabila sudah masukkan genjer lalu diaduk-aduk tutup sebentar dan angkat jika sudah matang.

Tips memasak genjer yaitu jangan sampai berwarna kuning baru diangkat nanti kandungannya bisa hilang.

Agar genjer lunak diremas-remas menggunakan garam. Kalau tidak mau keasinan maka cuci lagi,apabila tidak dicuci jangan masukkan bekas remasan genjer.

Tips memasak Oseng Pedas Genjer tanpa Terasi
Bahan Dasar: 2 ikat genjer yang sudah disiang bersih.
Bumbu halus:
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
5 biah cabai rawit
Garam secukupnya
Penyedap secukupnya
Cara memasak gejer pedas:
Tumis bumbu halus dengan minyak goreng secukupnya, jika sudah harum masukkan 1/2 gelas air biasa tunggu sampai mendidih masukkan genjernya,tutup dan aduk-aduk sampai matang.
Cara memasak Oseng Genjer Bakso Pedas 
Siapkam dua ikat genje muda yang sudah disiang bersih, pentol bakso potong-potong.
Bumbu halus:
Bawang merah 3 siung.
Bawang putih 2 siung.
Merica 1/4 sdt.
Ketumbat 1/2 sdt
Garam secukupnya
Penyedap secukupnya
Cabe rawit 5 buah

Cara memasak, sama seperti yang di atas.
Tips memasak genjer agar tidak pahit dan mengurangi rasa pahit yaitu pilih genjer yang muda saja, jangan ambil bunga yang sudah tua.

Posting Komentar untuk ""Genjer" Sayur Alami Kaya Manfaat "