Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Ayam Bakar Sedap ala Warung

Mungkin kalau anda sudah bisa membuat salah satu menu makanan atau masakan yang sering anda beli di warung pasti anda bisa berpikir dua kali untuk membelinya lagi terutama mengurangi makan di luar rumah karena kenapa??? Karena anda sudah bisa membuatnya dan tak kalah enaknya, ya untuk apa membeli kalau bisa buat sendiri.

Membuat sendiri lebih hemat, dan aman dari segi bahannya lalu bisa dapat porsi banyak.
Berikut ini saya buat menu untuk makan siang hari ini yang sehat, dan juga hemat ini pesanan mamah meskipun membutuhkan waktu lama tetapi terbayar ketika semua keluarga menikmatinya dan mengatakan enak.

Caranya mudah kok dan pakai bumbu yang simple saja yaitu untuk ayam kurang lebih 1 kg (kira-kira) terdiri dari 2 potong bagian paha dan 1 bagian dada dengan bumbu :
Bawang merah 6 butir
Bawang putih
Serai (geprek)
Merica
Bawang merah
Ketumbar bubuk (kalau ada)
Garam
Madu 2 sdm
Kecap 5 sdm

Cara membuat ayam bakar/panggang sebagai menu makan siang yang enak dan sehat sebagai berikut :
1. Haluskan bumbu yang terdiri dari bawang merah,bawang putih,merica,ketumbar beserta garam.
2. Lumuri ayam dengan bumbu sampai rata.
3. Ungkep ayam lalu masukkan serai dalam panci atau wajan yang ada tertutupnya. Tambah sedikit air kira-kira 1/2 gelas air minum agar tidak mudah gosong dan membantu proses pematangan ayam lebih merata.
4. Masak ayam sampai airnya sedikit. Jika sudah angkat.
5. Siapkan tempat pembakarannya,beserta olesan untuk ayamnya yaitu madu 2 sendok kecap  5 sdm.,sisa bumbu sewaktu diungkep untuk campuran olesan juga.
6. Oleskan semua ayam lalau bakar sampai warna berubah kecoklatan dan bumbu olesan meresap rata. Bolak balik ayam jangan sampai di tinggal ya takut gosong karena ayam sudah matang, proses pembakaran hanya untuk mengeringkan dagingnya saja.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Ayam Bakar Sedap ala Warung"