Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat Cilok & Pentol Tanpa Daging

Ingin membuat pentol tanpa daging, ya maklum dagingnya disimpan untuk campuran masakan sayang kalau dibuat pentol. Jadi saya memilih buat cilok aja, karena kekurangan bahan daging sch intinya makanya buat pentol hanya terbuat dari tepung tapioka dan tepung terigu.

Cara membuat cilok ini sangat sederhana tidak seperti membuat pentol bakso yang pakai daging karena bahannya tinggal dicampur tak perlu paka blender segala.

Setelah dicari tahu seperti apa sih yang namanya cilok,rasa dan bentuknya. Mmm...,ternyata cilok itu sering dibuat kaka sepupu saya dulu. Kalau dulu namanya pentol tapi tanpa daging, yaa hanya tepung tapioka/kanji yang dicampur dengan terigu tidak tahu kalau itu kata orang daerah lain namanya cilok.
Waktu kuliah saya juga sering buat yang begini tapi karena tidak bisa membuat pentol bakso yang enak,kenyal dan krenyes alias pentol gagal.

Ya hanya kebetulan karena gagal membuat pentol yang enak dari daging..,intinya sih tidak tau kalau pentol bakso yang enak itu ternyata dicampur daging sapi atau ayam. Jadinya hasil tersebut jadi Cilok dch..,karena bukan hasil seperi cilok yang diinginkan jadinya biasa saja bahka tak terlalu menyukai.

Tetapi seiring berkembangnya dunia internet dan jajanan yang membuat saya penasaran mencoba yang namanya membuat cilok. Awalnya sch ingin membuat pentol daging ayam seperti punya paman yang banyak tepungnya sehingga rasa daging yang kenyal dan krenyesnya tidak ada cuma enak kok, oleh karena itu saya ingin membuat pentol yang banyak tepungnya tetapi enak tidak lembek dan bisa dibentuk teksturnya empuk.

Hanya saja saya belum ketemu bagaimana perbandingan tepung dan dagingnya sehingga bisa enak begitu, sering saya buat gagal terus yang banyak tepungnya. Susah ya kalau kita cuma kira-kira bahanya andai saya lihat bahan campurannya mungkin saya bisa menghemat daging itu.

Tetapi karena resep satupun tak ada yang ketemu pas dihati, yang keluar hanya kata kunci cara membuat pentol tanpa daging, cara membuat pentol dari tepung, hanya tepung,kanji dan terigu,cara membuat cilok enak,cireng,goreng,kenyal. Yah banyak lah, sampai pada akhirnya sayapun mencoba cara membuat cilok yang bahannya simple dan praktis.

Sebenarnya pakai daun bawang,merica,kacang goreng dan bisa pakai isian bawang goreng,telur puyuh dll,tetapi karena bahan tersebut tak ada jadi hanya seadanya pakai yang ada saja. 
Berikut resep cara membuat cilok yang mudah  dan enak.

Bahan dasar :
2 gelas(gelas air minum yang sedang ya) tepung tapioka
2 gelas tepung terigu
Untuk tepung saya pakai perbandingan 1:1 kalau mau sedikit atau punya tepung pas-pasan bisa pakai
tepung tapioka 1 gelas
tepung terigu 1 gelas
Kalau pakai takaran gr
200 gr tepung tapioka
200 gr tepung terigu
Ya begitulah takarannya sama rata
Ada juga resep yang pakai
1,5 gelas tepung tapioka
1 gelas tepung terigu
Artinya tapiokanya banyakin 1/2 gelas dari takaran tepung terigu
4 siung bawang putih halus untuk takaran tepung 2 gelas
1sdt merica (sesuai selera) jika ada
Daun bawang atau kalau mau coba seledri sepertinya enak juga
1sdt soda kue (hanya inisiatif saja berharap sesuai pentol banyak tepung yang dimau dari segi rasanya) yaa berharap.
Garam secukupnya
Penyedap
Air panas secukupnya pakai ngadon.

Cara membuat cilok sederhana, ne cara yang amat sederhana loe, enak saja lah kalau ga ada camilan di rumah apapun yang masak ok saja.hee

Pertama ayak tuh kedua tepungnya agar rata dan halus kali ada sesuatu di tepung jadinya ga tercampur jika disaring dulu. Masukkan ke baskom.

Kedua masukkan bawang putih,merica,soda,garam,penyedap,serta bawang prei atau daun bawang. Aduk rata, jika sudah tuang sedikit-sedikit air panas aduk uleni sampai kalis sehingga bisa dibulatkan. Sebelum di bulat  dan dimasak cicipi dulu rasanya kali keasinan atau hambar sehingga kita tahu apa yang ditambah.

Jika pas.
Rebus air lalu masukkan cilok yang sudah dibulat-bulat,sarannya bulatannya jang terlalu besar karena susah matang dalamnya.

Tutup dan tunggu sampai matang, cilok yang matang tidak ada warna putih di dalamnya/tepung yang belum masak akan berwarna putih jika dimakan akan terasa lengket. Jika demikian rebus kembali ya.
Siapkan sambalnya, bisanya orang pakai saos kacang tetapi karena di rumah hanya ada kecap jadi saya pakai kecap yang ditambahi cabe rawit.

Jika sudah makan dch tu ciloknya, :) lebih enak jika dalamnya ada telur puyuh tetapi sayang aku tak punya heee

Posting Komentar untuk " Cara membuat Cilok & Pentol Tanpa Daging"