Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bajei Sayur Paku Alami khas Kalimantan Tengah

Artikel mengenai sayur alami,makanan khas Kalimantan Tengah kota Palangkaraya yang banyak terdapat di Kabupaten Katingan atau daerah dataran tinggi yang tidak terkena air pasang sehingga sayur bajei bisa tumbuh dan berkwmbang sendiri seperti sayur KALAKAI/Kelakai, sayur tradisional Kalimantan Tengah yang sehat kaya akan manfaat terutama mengenyangkan hee..

Bajei termasuk dalam golongan paku-pakuan atau pakir,karena termasuk dalam paku pakuan maka  tidak hanya mengenyangkan tetapi sayur bajei juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. Sebelum memasak sayur bajei sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya, diantaranya:

Dalam 100g sayur bajei yang dimasak terdapat:
Vitamin C 26,6mg yang dapat mencegah sariawan dan membantu penyerapan zat besi.
Vitamin A 3617 IU, mencegah rabun dan kebutaan. 
Warna hijau dari daun muda pakis kaya akan senyawa flavonoid seperti ada a dan  b karoten, karoten inilah yang kelak diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin B komplek.

Tips cara mengolah mendapatkan kandungan vitamin pada saat membuat sayur paku agar tetap utuh:
Pilihlah sayur bajei yang segar(tidak layu), sebelum disiang sebaiknya dicuci terlebih dahulu agar vitamin tidak larut dalam air jika disianh dulu baru dicuci. Jangan memasak sampai berwarna kining, karena memasak sayur paku yang terlalu lama akan menghilangkan betakaroten,vitamin C yang terdapat dalam sayur.

Baiklah kali ini saya akan berbagi informasi mengenai sayuran lokal khas kalimantan tengah bumi tercinta tanah Dayak pulau Borneo yang kaya akan keragaman sayuran alami yang berada di hutan Kalimantan.

Ya beda daerah beda juga sayuran lokalnya, meskipun begitu bukan berarti daerah lain tidak punya tetapi salah satu sayur lebih dominan dan terkenal di daerahnya misalkan sayur yang menjadi andalan ketika upacara tertentu contohnya Juhu Singkah Sawit/rumbia. Bisa juga sayur tersebut terkenal di daerahnya karena terdapat banyak tumbuh secara alami tanpa ditanam misalkan sayur Bajei. Sayur bajei banyak terdapat di daerah Kab.Katingan,Provinsi Kalimantan Tengah. Hampir setiap desa banyak banyak ditumbuhi sayur bajei tanpa ditanam. Faktor utama banyak tumbuh sayur bajei di daerah katingan karena disana termasuk dataran tinggi tidak bergambut sehingga itulah sebab bajei sangat mudah tumbuh dan subur apabila di daerah katingan.

Sayur khas daerah ini yang mulanya hanya sebagai gulma atau tanaman pengganggu seperti rumput yang tumbuh berlebihan tetapi sekarang menjadi nilai ekonomis bagi keluarga yang rajin mencarinya bahkan di kirim ke daerah kota Palangka Raya. Sehingga yang dulu sayur ini hanya untuk konsumsi keluarga sekarang untuk dikonsumsi orang banyak. Akibat itulah banyak  individu-individu  yang memeliharan sayur ini dengan tidak memperbolehkan orang mencari dengan bebas karena mereka sudah tahu kalau sayur bajei bisa mendatangkan uang.

Walau di tempatnya sendiri di katingan terkadang sayur bajei juga dijual, dan ada saja yang membeli padahal kalau dipikir masa sayur bebas hidup di mana-mana masa kok beli. Ia ada berbagai macam kemungkinan orang membeli sayur alami ini:

Pertama, malas untuk berjalan mencari disepanjang jalan karena sayur bajei bisa saja tumbuh disepanjang jalan raya atau jalan menuju ke sawah/ladang. Sehingga punya uang kenapa tidak membeli saja.

Kedua, tidak punya lahan yang ditumbuhi sayur bajei karena kalau salah mencari bisa-bisa yang punya lahan marah akibat sayur yang dirawatnya dicari orang. Ya tetapi tidak semua lahan yang ditumbuhi bajei dilarang orang,ada saja kok yang masih bebas mencarinya sepanjang yang punya lahan tidak berbisnis menjual sayur bajei. Sehingga kita bisa mencari bajei dengan bebas apabila kita mau.

Ketiga, tidak punya waktu untuk mencari sehingga ambil yang cepatnya saja yaitu dengan membeli.
Kalau dipikir-pikir harga sayur bajei cukup mahal 1 ikat saja Rp.5.000 di katingan tepatnya di desa Buntut Bali cuma ikatnya agak besar tetapi kalau sudah berada di Palangkaraya atau daerah Pulang Pisau 1 ikat Rp.3.000 cuma ikatnya lebih kecil. Pantas saja ada yang menjadikan sayur ini sebagai usaha karena harganya cukup mahal juga.

Resep masakan atau cara memasak sayur bajei khas kalimantan sangat beragam bisa berkuah dan juga bisa dioseng.

Jika berkuah biasanya diberi santan, dicampur dengan ikan, selain itu bisa dicampur dengan sayur rebung atau dalam bahasa dayaknya sayur ujau. Kalau di katingan terkenal juga dengan sayur rebung + bajei.

Sedangkan untuk bumbu resep masakan khas dayak kalimantan tengahnya palangkaraya sangatlah simple (bumbu untuk juhu santan ujau) yaitu terdiri dari bawang merah,bawang putih,kemiri,lada,garam dan penyedap rasa. Jika untuk oseng bajei cukup pakai bawang merah,bawang putih dan merica.

Di bawah ini contoh gambar sayur bajei,masakan khas kalimantan tengah palangkaraya.

Posting Komentar untuk "Bajei Sayur Paku Alami khas Kalimantan Tengah"