Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Rahasia Ayam & Ikan Bakar/Panggang Enak

Pernahkan anda mencoba menu Ayam Bakar/panggang yang enak di rumah makan ? tetapi sewaktu anda membuatnya di rumah kok rasanya tidak seenak yang di warung padahal semua bumbu sudah dicampur tetapi masih ada yang kurang.

Itu tandanya resep ayam bakar yang di warung pasti ada rahasianya sehingga rasa yang anda buat tidak seenak yang di jual orang. Selain ayam ikan juga sering di panggang/bakar. Ikan yang sering di panggang/bakar yaitu  nila bakar, patin bakar, bandeng bakar, bawal bakar, ikan mas bakar, baung bakar, udang bakar, haruan/gabus bakar, gurami bakar dan banyak lagi jenis ikan lain yang bisa di bakar atau di panggang. Sedangkan ayam bakar ada dua jenis ada ayam bakar kampung dan ayam bakar biasa (ras). Biasanya harga ayam bakar kampung lebih mahal dari ayam ras.

Terkadang di warung makan, namanya hanya di buat ayam bakar tidak ada nama panjangnya misalnya ayam bakar pedas manis, ayam bakar kecap manis, ayam bakar jahe, ya itu misalnya saja. kreasi ayam bakar terbaru bisa kita buat sesuai selera jadi kita bisa menebak rasa dari ayam bakar tersebut. Tetapi jarang ada nama panjangnya sehingga setiap warung makan memiliki rasa yang hampir sama dan penyajian yang kurang lebih juga sama. Apalah itu yang penting ayam bakar atau ayam di panggang.

Tidak jarang ayam yang di bakar dalamnya masih mentah karena kurang lama dalam proses memasaknya. Bagi yang sudah biasa makan makanan yang mentah mungkin itu tak ada masalah tetapi kebanyakan orang malah jijik atau geli melihat daging yang ingin disantap itu masih mentah terlihat ada warna darah.

Berikut ini tips cara memasak dan membuat ayam bakar Madu Kunyit/panggang agar masak merata,praktis juga enak tentunya tidak butuh waktu lama.

Bumbu yang harus disediakan untuk membuat ayam bakar Madu Kunyit/panggang Madu Kunyit yaitu Bawang merah, bawang putih,Ketumbar,Kunyit,Madu,Garam,Gula Merah. Mmmm...serba manis ya kaya Madu, dan serai yang digeprek serta kecep manis .Karena sudah ada gula dan Madu jadi Ayam Bakar Madu Kunyitnya tanpa MSG jadi sehat dan enak tentunya.

Oya saya hanya kasih macam-macam bumbunya saja ya untuk banyaknya sesuaikan dengan banyaknya ayam. Jadi harus pintar-pintar mengira-ngira dan menyesuaikan ya agar rasanya pas.

Cara memasak ayam bakar Madu kunyit :
1.Siapkan ayam yang sudah bersih. Sisihkan.
2. Haluskan bumbu seperti bawang merah,bawang putih, ketumbar dan kunyit. langsung beri garam secukupunya ketika menguleg.
3. Jika sudah lumuri ayam dengan bumbu harus sampai merata tambahkan gula merah dan geprekan serai.
4. Masak ayam sampai bumbu meresap, beri sedikit saja air agar ayam matang dengan sempurna. Jika bumbu meresap tandanya air sudah tidak ada lagi dan akan mengeluarkan minyak dari ayam tersebut meskipun waktu kita memasaknya tadi tanpa diberi minyak goreng. Jika sudah angkat ayam.
Memasak ayam terlebih dahulu sebelum membakarnya adalah hal yang penting agar ayam matang merata ketika dibakar sehingga kecil kemungkinan ayam akan mentah.

Memasak ayam terlebih dahulu membuat waktu membakar lebih singkat sehingga tidak membutuhkan waktu lama meskipun kita buru-buru selain itu membakar dalam waktu singkat membuat warna ayam bakar lebih bagus tidak sampai gosong tetapi dalamnya sudah matang.
Waktu memasak membar ayam singkat(praktis) membuat kita terhindar dari karbon jahat yang bisa berakit buruk bagi kesehatan.

Meskipun begitu semua makanan yang dibakar perlu kita hindari agar tidak terlalu sering baik itu ayam bakar/panggang,iga bakar, dan ikan bakar.

5. Siapkan tempat membakarnya yaitu arang kayu. Rasa dari pembakaran langsung dengan arang kayu tentu lebih nikmat jika dibandingkan tanpa pembakaran langsung dengan arang. Baunya lebih menggoda dan harum menyebar ke mana-mana sehingga membuat kita tertuju dengan arah aroma makanan yang dibakar. Aroma yang di hasilkan dari ayam bakar berasal dari olesan ayam tersebut yaitu kecap+madu+minyak+bumbu yang jatuh ke arang sehingga mengeluarkan aroma yang harum. Nah jika kamu memasak ayam bakarnya tanpa menggunakan arang tentu aroma harum tersebut tak akan kamu dapatkan sehingga berpengaruh dengan rasa dari ayam bakar yang akan kamu makan.

6. Buat untuk olesan ayam bakar Madunya yang terdiri dari Madu, Kecap dan jika ada sisa bumbu yang masak tadi bisa dicampur dengan madu dan kecap sehingga bumbu yang tersisa akan menyatu dengan ayamnya lagi.

7. Jika sudah siap semuanya,bakar ayamnya sambil diberi olesannya agar enak. Balik balik sampai olesan yang dibuat terolesi rata. Jangan ditinggalkan agar tidak gosong. Apabila ayam sudah berwarna kecoklatan merata bagian atas dan bawahnya maka angkat ayam madu kunyit tersebut.

8. Ayam bakar madu kunyit siap untuk disajikan dengan sambal kecap+irisan bawang merah mentah.
Slamat mencoba...:)

Posting Komentar untuk "Resep Rahasia Ayam & Ikan Bakar/Panggang Enak"