Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kue Bolu Panggang Telur 4 Agar Mengembang

Resep cara membuat kue bolu panggang biasa agar mengembang dengan telur 4. Kue bolu juga bisa di bilang orang yaitu kue Kalamben, kue bolu bisa dimasak dengan di panggang dan juga di kukus. Resep berikut ini yaitu cara membuat kue bolu dengan di panggang, biasanya kue bolu di buat dengan telur 8 tetapi saya mencoba membuat kue bolu denga telur yang sedikit yaitu hanya 4 telur saja.

Cara membuat kue bolu panggang biasa bisa di buat dengan berbagai rasa yaitu rasa pandan, keju, coklat, dan banyak lagi rasa yang lain. Kue bolu juga bisa di bentuk menjadi kue bolu gulung hanya bedanya cara mencetak kue bolu harus tipis-tipis dan proses pembuatannya lebih ribet jika dibandingkan dengan kue bolu biasa. Kue bolue gulung dilapisi dengan berbagai rasa di tiap lapisannya, kemudian baru di gulung.

Untuk adonan atau cara membuat adonan kue bolu gulung hampir sama dengan kue bolu biasa jadi tidak ada bedanya hanya pada proses mencetaknya saja.

cara Membuat kue bolu panggang, gulung atau kukus yang lembut yaitu terletak pada adonannya, resep yang sudah ada harus sesuai dengan takarannya. Tepung dan telor harus seimbang, kalau tepung terlalu banyak dari telor maka akan membuat kue tidak akan mengembang sempurna (bantet).

Apabila anda membuat rasa bolu pandan pada kue bolu panggang, anda bisa membeli rasa pandan di warung atau anda bisa membuat rasa pandam dengan alami misalkan di dapat dari daun pandan asli yang diparut, kemudian diperas dan saring untuk membuang ampasnya. Lalu campurkan dengan adonan bolu. Kalau mau ambil endapan yang telah di saring pada bagian bawah agar tidak terlalu banyak airnya.

Apalagi kalau sudah mendekati hari Natal dan Tahun baru 2016 ini, banyak orang yang akan membuat kue Natal dan Tahun Baru yaitu kue bolu panggang dengan 8 telur karena tidak sering membuatnya.

Resep membuat kue bolu panggang agar mengembang dengan 8 telur dan 4 telur, kue bolu yang lembut dan sederhana.

Bahan kue bolu panggang  biasa 4 telur :
4 butir telur
1/2 sendok pengembang
1.5 gelas tepung terigu
1 gelas gula pasir
1 kotak vanili kue
Bahan kue bolu panggang biasa 8 telur :
8 butir telur
1 sendok pengembang
3 gelas tepung terigu
2 gelas gula atau 1.5 gula jika tidak ingin manis.
1 kotak vanili sebagai pewangi untuk menghilangkan bau amis

Cara membuat kue bolu panggang mengembang sempurna:
Masukkan telor, gula, pengembang dan vanili ke dalam wadah jika sudah kocok adonan dengan kecepatan tinggi sampai mengembang. Cara melihat adonan sudah mengembang yaitu jika adonan sudah berwarna putih. Apabila sudah mengembang masukkan tepung terigu aduk rata. Tuang adonan kue bolu ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega Selesai dch,  adonan kue bolu panggang dan gulung siap untuk di panggang menggunakan oven atau kompor biasa.
Bambar lengkap cara membuat kue bolu panggang Pandan lengkap.

1 komentar untuk "Cara Membuat Kue Bolu Panggang Telur 4 Agar Mengembang"

  1. Mantap saya coba dulu tipsnya, semoga saya berhasil bikin kue bolu panggangnya

    BalasHapus