Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Soto Daging Ayam Lamongan & Banjar Asli Enak dan Harum

Berikut ini cara memasak dan membuat bumbu untuk menu masakan soto daging ayam lamongan yang enak dan harum.

Pada umumnya yang dimaksud dengan soto daging adalah soto yang terbuat dari daging sapi yang diberi kuah kaldu dari daging sapi kemudian dicampur dengan racikan bumbu-bumbu dengan teman makan ketupat atau nasi. Soto daging terdiri dari dua yaitu soto daging dengan kuah santan dan kuah bening.

Soto dan sup/sop pada umumnya yang ada di Kalimantan Tengah (Palangkaraya) hampir sama saja hanya bedanya jika soto dicampur dengan ketupat sedangkan sup/sop dicampur dengan nasi makanya biasa dinamakan Nasi Sop sedangkan yang satunya SOTO ayam. Kuahnya pun bisa jadi satu hanya cara penyajian yang berbeda.

Soto sendiri terdiri dari macam-macam nama yaitu soto lamongan,soto banjar,soto daging,soto babat,soto kikil,soto/coto makasar.

Resep Soto Daging Ayam adalah yang paling sering dibuat karena mudah,murah dan mudah dicari apalagi kalau di kampung yang susah mencari daging sapi tentu saja pilihan yang tepat adalah menggantinya dengan daging ayam kan daging juga namanya heee. Selain itu daging ayam banyak diterima oleh semua kalangan berbeda dengan daging sapi yang bisa bermasalah dengan penyakit tekanan dan kolestelor sehingga tidak terlalu ramah bagi semua :(

Ayam Kampung yaitu pilihan yang sangat cocok untuk membuat soto daging ayam. Resep Soto sendiri terdiri dari resep Soto banjar, Soto Lamongan, Soto Kidus dan lain-lain
Aneka Resep Soto Banjar terdiri dari soto banjar asli, soto banjar ncc, soto banjar kuin, soto banjar kuah bening, soto banjar kuah susu, soto banjar spesial, soto banjar ayam kampung.

Rahasia kelezajatan soto daging ayam yaitu soto banjar asli kuah bening terletak pada kuahnya. Kuah soto banjar atau sop ayam lamongan bermacam-macam di antaranya menggunakan rempah-rempah sop/sup yang terdiri dari kapulaga,pala,kayu manis,cengkeh,merica,dan rempah-rempah yang lain.
Apabila di Kalimantan Tengah rempah sop/sup dijual dalam satu paket atau satu bungkus jadi tidak repot lagi membeli satu persatu sehingga kita siap untuk memasak soto/sop meskipun kita tidak tahu nama-nama rempah tersebut. Biasanya teman rempah sup/sop yaitu bumbu sop yang juga sudah jadi di jual tetapi dalam bentuk bubuk.

Rempah-rempah sop/sup ini berperan penting dalam rasa dan aroma soto atau sop yang akan dibuat baik itu soto daging ayam atau sapi misalnya soto babat yang uenakkk...bisa menggunakan rempah sop. Sedangkan untuk bumbu sop yang bubuk tidak harus, karena rempah sop juga bisa enak meskipun tanpa bumbu sop jadi (bungkus/bubuk).

Selain rempah-rempah cara membuat kuah soto lamongan,soto babat spesial, cara membuat kuah soto biasa/nasi sop,soto daging,soto banjar asli yaitu tambahan daun jeruk purut. Daun jeruk bisa ditambahkan dalam kuah soto atau sop/sup daging ayam atau daging sapi tergantung selera. Tetapi untuk soto banjar asli dan spesial tidak memakai daun jeruk purut.

Selain daun jeruk, rahasia soto banjar kuah bening, soto banjar kuin,nasi sop,soto banjar ayam kampung,soto banjar yang spesial asli yang enak dan harum adalah bahan tambahan berupa kentang rebus, telor rebus,dan bawang goreng (bawang merah+ bawang putih) yang di blender halus kemudian dicampur dengan kuahnya.

Cara membuat /resep Soto banjar kuah bening adalah soto banjar tanpa kunyit jadi tidak berwarna kuning sehingga dikatakan kuah bening. Meskipun hasil dari soto tersebut kuahnya nanti tidak mungkin akan bening seperti sayur bening yang hanya dikasih irisan bawang putih sehingga kuahnya pasti bening karena masakan simple.

Resep Soto banjar kuah bening hasil kuahnya akan keruh karena telor dan kentang tadi yang membuatnya seperti itu makanya enak dan spesial. Mungkin namanya bukan soto banjar kuah bening tetapi soto banjar kuah keruh heee..., karena kalau tanpa telor,kentang maka ada yang kurang pada kuahnya. Jika ingin membuat soto banjar kuah bening yang asli jangan tambahkan kentang+telor+susu+mentega jadi hanya bumbu dan rempahnya saja.

Resep cara membuat soto banjar kuah susu yaitu sama seperti cara membuat soto banajar asli pada umumnya tetapi kuahnya menggunakan tambahan susu kental manis sehingga kuahnya agak keruh.
Sedangkan Untuk resep cara membuat soto banjar komplit dan asli memerlukan bahan-bahan yang lengkap dari bumbu sampai cara penyajiannya.

Berikut ini bumbu soto daging ayam kampung, 1/2 resep dari soto banjar asli, spesial tetapi dengan bumbu simple yang tak kalah enaknya. Bisa menjamu orang banyak dan rasa yang ga malu-maluin.
Sediakan 2 ekor ayam Kampung kurang lebih 3 kg yang sudah bersih, lalau potong jadi 4 bagian.
Rahasia Bumbu simple untuk soto banjar asli enak yaitu Bumbu halus yang terdiri dari 1 genggam bawang merah, 1 genggam bawang putih, 1/2 genggam jahe merah/putih, merica bubuk 1 bungkus.
Rahasia Rempah-rempah yang harus disediakan dan bahan tambahan untuk kuah soto banjar spesial adalah 4 bungkus rempah sop asli harga Rp.1.000 beserta kaldunya.

Rahasian kuah bening Bahan tambahan untuk kuah bening soto banjar asli dan spesial yaitu kentang rebus 5 buah, 6 telur rebus diambil kuningnya saja, ulekan bawang goreng (merah+putih) 3 sendok makan,mentega,susu.

Bahan pelengkap sajian soto banjar asli enak spesial kuah bening yaitu prekedel singkong/kentang, wortel,bawang goreng,seledri,soun,telor itik rebus,jeruk limau kuit/nipis/jeruk purut dan suiran ayam kampung.

Cara membuat soto banjar sederhana ala rumahan atau soto ayam biasa yang enak adalah sebagai berikut.
1. Tumis bumbu halus sampai harum menggunakan mentega/margarin (jika ada). Menumis pakai minyak goreng biasa juga bisa asal jangan minyak goreng bekas nanti rasanya bekas juga hihi..:(  langsung tumis bumbunya dalam panci yang besar sehingga langsung tempat memasak kuah kaldunya.
2. Jika sudah harum masukkan ayam kampungnya aduk-aduk sampai bumbu tercampur rata. Terkadang kita juga kerepotan mengaduk hingga mengakibatkan bumbu hampir mau gosong, apabila begitu segera masukkan air untuk kuahnya saja agar menghindari bumbu menjadi gosong.
3. Untuk kuahnya sesuaikan dengan kebutuhan . kira-kira kurang lebih 6 liter air maklum tak ada takaran air jadinya kira-kira saja.
4. Jika air kuah sudah masuk, maka masukkan rempah soopnya.
5. Tutup tunggu sampai ayam masak. Jika sudah masak, angkat ayamnya dan masukkan bahan tambahan untuk kuahnya. Beri garam dan penyedap.
6. Sementara kuah selesai, suir-suir ayam dan siapkan bahan lain untuk penyajian seperti soun,daun seledri,prekedel dan wortel.

Apa lagi ya..,..hee lupa-lupa saya. Kalau belum jelas sambil lihat gambar cara membuat soto banjar asli di bawah ini. Atau cari saja artikel tips membuat soto banjar spesial yang lengkap. :)

Posting Komentar untuk "Resep Soto Daging Ayam Lamongan & Banjar Asli Enak dan Harum"