Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Cepat Menidurkan Anak Bayi dan Balita usia 2 tahun yang Mudah

Ya ampunnn..., anak saya susah sekali tidur mana kerjaan rumah belum selesai, makan saja belum, mata juga sudah ngantuk pengen tidur rasanya apalagi sudah jam tidur siang ne duh gimana mau tidur anak saja belum tidur nanti kalau saya tidur siapa yang jagain anak saya, nanti kalau di tinggal tidur takut kenapa-napa meskipun dia hanya dalam rumah. Repot juga kalau begini, orang rumah tidak ada, suami lagi kerja. Ayo cepat tidur........, semakin disuruh semakin matanya melek.

Begitulah permasalahan yang sering dialami ibu-ibu ketika mengurus bayi dan balitanya ketika hendak menidurkan banyak sekali kendala yang dihadapi. Salah satunya tuntutan pekerjaan sehingga mereka menginginkan anaknya bayi dan balitanya cepat tidur, apalagi kalau sudah bisa merangkak, dan berjalan makin repot lagi hrus butuh perhatian lebih.

Cara agar anak bayi dan balita tidur lama
Meskipun anak kita tidur jika tidurnya hanya sebentar rasanya percuma karna kita tidak sempat ngapa-ngapain. Terkadang anak tidur juga kesempatan untuk kita tidur juga atau kesempatan kita untuk mengerjakan sesuatu.

Jika anda hendak menidurkan anak dengan lama pada pagi hari maka usahakan anak sudah makan sebelum tidur/ berikan ASI sepuasnya, jika anak tidur dalam keadaan lapar maka tentu tidur anak tidak akan nyaman karena perutnya kelaparan. Anak tidur dengan keadaan lapar bisa mengakibatkan sakit perut, gelisah, menangis, menangis seperti mengigau. Jadi tipsnya agar anak tidur lama salah satunya berikan makanan+minum atau ASI sebelum tidur.

Jika sudah makan lalu bagai mana cara menidurkan anak bayi atau balita dengan cepat aman dan penuh kasih sayang. Cara menidurkan anak bayi usia 1 bulan, anak bayi usia 4 bulan, usia 1 tahun dan cara menidurkan anak balita usia 2 tahun Berikut ini macam-macam cara menidurkan anak bayi atau balita dengan cepat berdasarkan pengalaman:

1. Berikan ASI
Secara tidak langsung anak bayi atau balita yang masih menyusui ibunya akan merasakan kasih sayang,pelukan dan juga kenyang dengan kita memberikan ASI. Saat seperti inilah dalam posisi ibu yang sedang duduk atau berbaring bayi atau balita akan langsung tertidur.
Jangan tergesa-gesa melepaskan puting susu dari mulut bayi atau balita selama anak masih aktif menyusui karena jika anak masih aktif mengisap ASI maka itu tandanya dia belum tidur dengan nyenyak. Jika anak belum tidur nyenyak maka bisa membuatnya akan lebih lama menyusui, kitapun akan ikut lebih lama tidak bebas karena anak balita bisa saja menangis.

Tanda anak sudah tidur pulas maka dengan sendirinya dia melepahkan puting susu dari mulut, atau dia tidak lagi aktif menyusui sehingga terkadang mulutnya terbuka dan melepaskan ASI. Lalu yang kedua jika kita berusaha melepaskan maka anak balita tidak akan mencari ASI lagi.
Memberikan ASI pada anak baru lahir, anak usia 1 bulan atau anak balita usia 2 tahun merupakan cara ampuh untuk menidurkan anak. Bersyukurlah dan berbahagialah bagi ibu yang masih aktif memberikan ASI sampai anak usia 2 tahun bahkan lebih karena akan membantu mempercepat anak tidur. Begitu juga anak yang susah tidur salah satu alternatif paling ampuh dengan membeerikan ASI baik itu dengan memangkunya(posisi ibu duduk) atau sembari berbaring maka dia bisa cepat tertidur. Jadi tidak harus digendong.

2. Di Ayun
Yaaah ayunan bisa membantu anak tidur dengan pulas dan tahan lama. Apabila anak sudah terbiasa di ayun maka akan cepat tidurnya begitu juga jika anak tidak terbiasa di ayun tetapi kita ayun maka akan susah sekali tidurnya. Berbeda dengan bayi baru lahir atau usia bayi 1 bulan tidak kita tidurin/suruh tidur maka dengan sendirinya dia tidur. Mau di ayun Ok atau direbahin juga Ok ya tetapi itu bayi.

Berbeda dengan balita di atas 2 tahun yang sudah bisa menolak apabila dia rasa kurang pas. Biar kita kasih ASI tetapi tetap tidak mau tidur, coba saja ayunkan anak.

Tanda anak mau tidur yaitu bisa saja Menangis cerewet  menandakan anak balita sudah mengantuk, terkadang ibu kurang jeli melihat hal ini sampai-sampai ikut emosi juga karena serba salah tak tau apa yang di mau oleh anak. Jika begini coba ayunkan anak meskipun awal-awal menangis jika dia memang mau tidur pasti tangisnya akan hilang dan dia tidur. Tetapi jika memang menangis cerewet tidak mengantuk coba perhatikan lagi apa yang dialaminya periksa pakaian dan badanya kali saja ada yang menggigit dan sakit perut.  Begitu sulit lagi bagi anak balita yang melum lancar berbicara maka sepandai-pandainya kitaencari tahu apa yang dialami.

3. Bernyanyi
Ajak Bernyanyi lagu anak-anak salah satu cara untuk menidurkan bayi atau balita yang susah tidur. Saya sarankan ajak bernyanyi jika anda menidurkannya dalam ayunan. Jadi apabila anak menangis melawan tidurnya anda bisa kalahkan anak dengan menyanyi secara tidak langsung anak akan mengecilkan suara tangisnya karena mendengarkan kita bernyanyi. Senjata anak melawan tidurnya terkadang dengan menangis padahal dia belum tidur sejak pagi.

4. Digendong
Siapa yang tidak suka digendong, pasti semua mau kan ? Hee begitu juga bayi atau balita pasti mau digendong. Yaa terkadang karena kebiasaan menggendong maka bayi atau balita tidak mau tidur jika tidak digendong. Digendong sambil berjalan-jalan bisa membuat bayi atau balita tidur. Salah satu tips ini adalah alternatif. Semoga balita anda bisa tidur meskipun tidak digendong karena sangat merepotkan dan melelahkan. Biasakan menidurkan dari bayi tidak terlalu sering digendong nanti bisa terbiasa sampai balita.

Selain itu akibat terlalu sering menggendong, gerak bayi akan terhambat dan bisa menghambat tumbuh kembangnya. Terlalu sering menggendong bayi akan membuatnya terbiasa dengan tangan kita jadi jika tidak digendong maka dia akan menangis, sehingga akibat itu juga kita tidak bisa bekerja yang lain apalagi jika di rumah sendiri. Alangkah baiknya kita biarkan bayi bergerak dengan bebas (berbaring/tengkurap/duduk) tanpa harus dipegang (dipangku/digendong) jika dia sudah bosan sendiri dengan ditandai tangisan berarti dia sudah capek atau risih nah disaat itulah kita bisa menggendongnya.

Ya siapa yang tidak mau menggendong/memangku bayi yang lucu tapi sewajarnya saja jangan sampai membuat dia terbiasa.

5. Usap Belakang
Sesuatu yang mudah untuk mempercepat anak balita tidur terutama usia 2 tahun lebih dengan mengusap belakangnya, kipas-kipas atau tepuk-tepuk pelan pantatnya bisa membantu anak cepat tidur.

6. Ajak Menonton TV
Seperti halnya orang dewasa bisa tertidur ketika menonton tv, begitu juga anak balita bisa tertidur dengan sendirinya ketika kita pangku ajak nonton tv. Tetapi cari tayangan untuk anak-anak ya..

7. Bawa berkendara
Karena tidak selalu kita berkendara naik motor atau naik mobil maka cara ini agak jarang dilakukan tetapi selalu sukses jika dicoba. Cuma perlu biaya, ya paling-paling jika kita memang ada perjalanan. Lagian repot juga jika anak baru tidur kalau diajak berkendara, lagian itu juga berbahaya.
Sekian artikel dari saya,semoga bermanfaat. Jalankan sesuai dengan yang anda rasa bisa...,itu hanya saran tidak mengharuskan. Semoga anak bayi dan balita anda cepat tidur dengan lelapnya dan bangun tidak menangis.,sehat selalu tentunya.

Posting Komentar untuk "7 Cara Cepat Menidurkan Anak Bayi dan Balita usia 2 tahun yang Mudah"