Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kembang Sepatu Sebagai Penurun Demam

Aku jadi ingat waktu kakak sedang sakit, badannya panas. Banyak daun-daun hijau dan berlendir yang mereka tempelkan pada dahinya. 

Hampir setengah mangkok daun beserta air yang mereka letakkan di dalam mangkok tersebut. Sesekali daun tersebut di ganti lalu diusap lagi dengan yang baru ke dahi sambil dipijit-pijit kepala kakak karena selain badannya panas juga kepalanya pusing.

Kata orang tua daun inilah yang bisa mengobati demam/penurun panas caranya dengan mengambil daun dari bunga merah tersebut, sambil diremas-remas sampai keluar lendirnya dan dicampur air. Kemudian tempelkan pada dahi/kening. Aku baru tau bahwa bunga merah itu juga biasa disebut bunga kembang sepatu.

Kalau kata kami dulu namanya daun bunga merah karena bunganya yang berwarna merah. Batangnya besar dan tinggi, daunnya lebat. Orang tua sengaja tidak menebangnya karena bunga ini memiliki manfaat. 

Ternyata warisan obat-obatan herbal sudah banyak diketahui orang tua pada zaman dahulu sehingga yang sekarang adalah pengetahuan turun temurun yang masih bisa menjadi solusi jika kita jauh dari dokter. Selain bunganya yang indah, kembang sepatu juga mempunyai manfaat yaitu sebagai penurun demam.

Posting Komentar untuk "Manfaat Kembang Sepatu Sebagai Penurun Demam"