Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasak Ikan Haruan yang Mati

Ikan Haruan dalam Bahasa Dayak yaitu Laok Behau, Laok berarti ikan dan behau berarti haruan. Ikan haruan banyak terdapat di kalimantan dan hidup di rawa-rawa gambut. Sekarang ikan haruan mulai jarang di temukan karena sudah mulai langka akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Meskipun ada tetapi sulit untuk mencarinya. Cara menangkap ikan yang salah yaitu dengan menggunakan sentruman listrik, meracuni bahkan pengeboman yang telah dilakukan membuat ikan punah dari yang kecil sampai yang besar.

Ikan haruan yang ditangkap menggunakan cara tradisional akan membuat habitatnya terjaga dan ikan-ikan yang lainpun akan terjaga kelestariannya. Terkadang ikan haruan yang didapat dengan ditangkap secara tradisional misalnya dengan memancing, memasang buwu atau tampirai tidak bertahan lama, ikan haruan/gabus/behau bisa mati akibat dari tempatnya yang kita letakkan. Ikan haruan/lauk behau tempatnya yang kecil, panas matahari atau air yang tidak diganti. Apabila kita buang maka akan sayang karena ikan tidak seperti ayam kalau sudah mati tidak dapat kita konsumsi, tetapi kalau ikan meskipun mati tetap bisa kita olah dalam bentuk masakan termasuk ikan haruan/lauk behau ini.

Berikut ini cara memasak/mengolah ikan haruan/lauk behau yang sudah mati: siang ikan haruan/lauk behau yang sudah mati tersebut kemudian potong-potong sesuai selera (disarankan memotong ikan yang sudah mati jangan terlalu kecil karena mudah hancur kalau dimasak ) kemudian cuci bersih  Lalu beri garam lebih banyak   dan diamkan selama 12 jam, hal ini agar garam meresap ke daging dan daging ikan yang didiamkan lama akan terasa kenyal tidak mudah hancur, terkadang ikan yang mati memiliki rasa yang hambar dan amis. Nah untuk menghilangkan rasa amis dari ikan haruan/ikan behau: cuci ikan yang sudah didiamkan tersebut lalu campur dengan perasan jeruk nipis atau asam jawa.

Resep bumbu ikan haruan/lauk behau yang sudah mati. Bumbu halus: bawang merah, bawang putih, kemiri, merica bubuk, ketumbar bubuk, jahe, lengkuas, serai, gula dan garam.  Campur bumbu halus dengan ikan lalu tambah sedikit air, kemudian masak deh ikannya tunggu sampai air meresap di ikan dan ikannya masak, sambil di balik-balik ya. Jangan heran kalau ikannya hancur, memang begitu karena ikannya yang sudah mati memang bisa hancur kalau dimasak apalagi kalau ikannya mati sudah lama. Kalau ikannya mati hanya beberapa jam ataw minimal 12 jam maka tidak begitu hancur kalau dimasak tetapi kalau selama 24 kemungkinan besar ikan tersebut hancur kalau dimasak.
Nama masakan ikan yang sudah mati biasa orang dayak menyebutnya dengan masakan tanak, karundam atau peca. Nama masakan tergantung dari daerah masing-masing.

Posting Komentar untuk "Cara Memasak Ikan Haruan yang Mati"