Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menu Makan Siang Sehat dan Sederhana Khas Kalimantan Tengah

Menu makan siang yang sehat tetapi praktis juga sederhana mungkin menjadi pilihan pada siang hari ini yaitu Juhu Ujau/Resep Rebung Santan yang enak dengan campuran Kanjat dan Daun Lampinak menjadi pilihan. Ya semuanya alami tanpa pupuk kimia semua alam sediakan untuk kita tinggal kita yang mengolahx.

Masyarakat dayak sudah terbiasa dengan yang alami-alimi tetapi karena perkembangan zaman maka sedikit-demi sedikit mulai beradaptasi dengan sayuran-sayuran modern yang sudah diberi pestisida dan pupuk kimia.

Kalimantan Tengah kaya akan sayuran lokal alami, zaman dulu tidak ada Paman atau Bibi (panggilan bagi penjual sayur) yang berjualan di kampung-kampung jadi masyarakat pedesaan mengandalkan sayuran lokal alami khas daerahnya masing-masing misalkan
daftar nama sayuran lokal khas kalimantan tengah palangkaraya yang bisa dimakan:

daun singkong/dawen jawau, nangka, jantung pisang/tungkol pisang, batang pisang, rebung bambu/ujau,umbut/singkah (umbut kelapa sawit,umbut pinang,singkah lepu,singkah uei,singkah hambie,singkah uhut), rimbang, suluh lampinak, teken parei, lempang lamus, mentimun hutan (tantimun batu, tantimun batang, tantimun masak/timun suri),suluh baluh, labu putih,kalakai,sulur keladi/lantar,genjer,sayur batang keladi,potok,taya,sungkai/daun sepang,kanjat,bakung, bajei,dan banyak lagi sayuran lokal lainnya.

Begitu banyak kekayaan alam hutan kalimantan yang bisa kita manfaatkan sebagai sumber makanan dan sayuran baik itu flora maupun fauna. Tergantung bagaimana cara kita menggunakan dan memanfaatkanya secara sehat sehingga keasriannya tetap terjaga. Mengambil kekayaan alam secara tidak berlebihan begitulah cara kita menjaganya.

Berikut ini cara orang dayak memanfaatkan kekayaan alam yang sudah disediakan untuk menu makan siang yang sehat dan praktis dengan menggunakan sayuran lokal khas kalimantan yang rasanya manis dan lezat...:)

Juhu Sayur Ujau kuah santan + buah kanjat + dawen lampinak
Gambar juhu ujau/rebung khas Kalimantan Tengah Palangkaraya, sayur alami, cara memasak rebung kuah santan.

Posting Komentar untuk "Menu Makan Siang Sehat dan Sederhana Khas Kalimantan Tengah"