Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Bayi

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Bayi - Masakan terasa kurang enak jika tak gunakan bawang putih. Si putih mungil tersebut tentunya senantiasa ada pada nyaris seluruh masakan Indonesia, mulai dari masakan yang dimasak tumis, rebus, bakar, panggang, seluruhnya digunakan bawang putih.

Bawang putih tak cuma membikin masakan menjadi lebih enak, tapi pula menjadi lebih sehat. Bawang putih tentu dikenal mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan Ibu dan juga si Kecil. Maka dari itu tak ada salahnya buat memasukkan sedikit bawang putih ke dalam menu MPASI bayi Anda.

Ada baiknya Anda memberi tak lebih dari 1 siung bawang putih tiap hari, akan tetapi buat awal, berikan satu per empat siung saja ya.

Anda dapat mulai memasukkan sedikit bawang putih pada makanan bayi, pastinya sesudah umurnya di atas 6 bulan, akan tetapi lebih baik untuk memberikannya pada umur 8 bulan. Ada baiknya pula memberinya sedikit-sedikit, sebab beberapa bayi cukup kesusahan mencerna bawang putih, serta ada pula bayi yang memperlihatkan reaksi alergi (seperti misalkan muntah dan juga diare).

Buat memastikan bayi Anda tak bermasalah terhadap bawang putih, maka dari itu Anda dapat melakukan konsultasi dulu dengan dokter anak.

Perlu Anda tahu, bawang putih merupakan sumber vitamin B6, selenium, manganese, zat besi, dan potasium. Berikut ini manfaat bawang putih untuk kesehatan bayi, antara lain :

1. Melawan pilek
Bayi cukup riskan mengalami pilek, demam, penyakit radang paru-paru, asma, dan juga banyak permasalahan pernafasan lainnya. Kabar baiknya: bawang putih dapat mencegah serta melawan semua penyakit tersebut! Anda dapat memberi sop bawang putih buat mengurangi pilek, dan juga menguras racun dari sistem pernapasan.

Kandungan minyak di dalam bawang putih membantu membuka saluran nafas, serta membuat reda sakit si Kecil. Bawang putih pun memiliki kandungan antibakteri dan juga antivirus, yang efektif menjaga bayi Anda terhadap pilek.

2. Mencegah terjadinya infeksi
Bawang putih mengandung antimikroba yang membantu melawan infeksi yang dikarenakan bakteri. Kandungan phytochemical di dalam bawang putih pun cukup efektif mematikan bakteri di dalam usus besar dan juga usus kecil, yang mana saluran cerna anak menjadi lebih sehat. Hebatnya lagi, bawang putih tak mematikan mikroba probiotik yang berguna untuk saluran cernanya.

3. Mengobati luka
Kandungan antimikroba di dalam bawang putih paling tepat buat dijadikan senjata mujarab yang mengobati luka dengan secepatnya. Caranya bukan ditempelkan pada luka ya! Cukup campurkan bawang putih ke makanan si Kecil, lalu biarkan kandungan bawang putih melakukan pekerjaan buat tubuh si Kecil.

Bila anak Anda telah lebih dari 12 bulan, maka dari itu Anda dapat memasukkan sedikit bawang putih dalam juice favoritnya. Sedikit bawang putih kiranya tak bakalan merubah rasa dan juga aroma juice jeruk kesayangannya.

4. Mematikan cacing pada usus
Ketika cacing-cacing pada usus (seperti halnya cacing pita) yang masih berbentuk telor masuk ke dalam tubuh bayi Anda, cacing tersebut akan diam pada usus besar lalu merongrong seluruh nutrisi yang masuk ke dalam tubuh bayi. Itu pun dapat membuat infeksi usus.

Bawang putih dapat melakukan kerja sama efektifnya bersama dengan obat cacing (anthelmintic) yang mematikan cacing-cacing pada usus anak.

5. Melindungi jantung agar tetap sehat
Bawang putih membantu mengurangi kadar kolestrol serta mengurangi resiko hipertensi, serangan penyakit jantung, dan juga penyakit stroke. Memberi bawang putih sejak dini, sama saja mencegah terjadinya berbagai macam penyakit tersebut sejak dini pula.

Tak cuma buat bayi, Anda pun dapat mencegah terjadinya penyakit-penyakit itu secara teratur mengkonsumsi bawang putih serta mengimplementasikan pola hidup sehat. Gampang, kan?

6. Mencegah terjadinya penyakit kanker
Bawang putih yang dibuat hancur rupanya tinggi sulfur, yang cukup tinggi antibakteri, antivirus, serta antioksidan. Bawang putih mempunyai kemampuan buat peningkatan respon antiinflamasi bagi bayi.

Dengan demikian, berdasarkan penelitian yang dipublikasi di US National Library of Medicine, anak-anak akan terhindar dari berbagai macam penyakit kanker, seperti misalkan penyakit kanker usus besar, pangkal tenggorokan, ovarium, kerongkongan, serta ginjal.

7. Peningkatan kekebalan tubuh
Bawang putih menstimulai sejumlah tipe sel seperti misalkan macrophages, sel NK (natural killer), lymphocytes, dendritic, serta eosinophils. Ini semua bahan buat membangun kekebalan tubuh pada tubuh bayi. Seluruh sel tersebut pun membuat lancar pembuangan cytokine, yang membantu mencegah terjadinya kegemukan serta permasalahan metabolisme.
Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Bayi

Posting Komentar untuk "Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Bayi"