Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Warna Putih Nempel di Tenggorokan dan Rasa Mengganjal?

Aduh kok rasanya ada yang nyangkut di tenggorokan kadang terasa kadang hilang, tetapi sungguh tak mengenakkan seperti ada sisa makanan atau makanan yang nyangkut di tenggorokan. Entahlah aku tidak tau itu apa yang ada di tenggorokan beberapa kali makan, beberapa kali minum tetapi rasa itu selalu ada di tenggorokan.

Hal demikian memang pernah saya alami sebelumnya tetapi menghilang dengan sendirinya dan untuk kali ini kok bertahan lama selalu terasa ada di tenggorokan. Sesekali saya masukkan jari tangan ke tenggorokan berharap hilang atau ada yang keluar namun usaha itu nihi tak berhasil. Tetapi secara tak sadar ada benda kecil keluar bersamaan dengan liur saat meludah dan berwarna putih. Setelah itu baru terasa lega rasa tenggorokan tak ada yang mengganjal. Tetapi itu tidak lama setelah makan lagi masih ada lagi rasa nyangkut di tenggorokan.

Karena penasaran saya mencoba bercermin ke arah cahaya dan membuka mulut lebar-lebar, tak sengaja saya melihat benda putih menempel di tenggorokan sebelah kanan. Mmm..sepertinya ini penyebab rasa ada sisa makanan yang nyangkut. Saya pun berpikir untuk mencoba menyentuh benda putih dengan kapas, ternyata agak sulit menghilangnya karena nempel.

Sayapun mencoba menggunakan jepit rambut dengan menggunakan ujungnya yang tumpul saya bersihkan sisa makanan yang menempel di tenggorokan, cara ini sangat berhasil dalam mengeluarkan sisa makanan yang terperangkap dalam rongga amandel saya.

Tetapi karena pikiran masih ke tenggorokan maka setiap habis makan saya bersihkan karena masih saja sisa makanan terperangkap meskipun berkali-kali saya bersihkan. Sampai besoknya amandel saya meradang, sakit dan bengkak. Jangankan untuk membersihkan menelan makananpun sakit.
Hampir seminggu lebih saya menderita radang amandel, gara-gara ingin bersih dan sehat malah membuat sakit.

Penyebabnya adalah karena terlalu sering membersihkan amandel dengan benda keras maka akhirnya amandel meradang dan sakit.

Sampai hampir seminggu amandel pun belum pulih beneran dan akhirnya saya memutuskan untuk berobat ke puskesmas. Nah setelah berobat barulah saya merasa mendingan. Meskipun begitu saya untuk menghindari sisa makanan menempel lama maka yang bisa saya lakukan yaitu sering-sering berkumur di daerah tenggorokan agar sisa makan terlepas.

Tonsil atau batu amandel itulah nama yang menempel pada tenggorokan saya. Tongsil yaitu sisa makanan yang terperangkap pada rongga amandel yang terbuka. Sisa makanan tersebut diurai oleh bakteri jahat yang ada dalam rongga amandel sehingga mengakibatkan bau tidak sedap pada nafas. Tongsil memiliki tekstur yang lunak apabila ditekan maka mudah pecah, apabila dicium baunya tidak enak, dan berbentuk kecil-kecil berwarna putih apabila tongsil tersebut sudah lama tidak dikeluarkan maka warnanya putih kekuning-kuningan dan berbau.

Mengapa tonsil bisa ada?

Dari informasi yang saya dapatkan tongsil bisa saja terjadi bagi anda yang kurang memperhatikan kebersihan rongga mulut. Kebersihan rongga mulut tersebut terdiri dari menyikat gigi secara teratur, sering-sering berkumur, makan makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Apabila hal tersebut jarang dilakukan maka bakteri berkembang biak di rongga mulut, sehingga sisa-sisa makanan di urai dalam rongga mulut termasuk di amandel nah hal tersebutlah yang mengakibatkan bau mulut dan tongsil menempel.

Jika tonsil yang menempel tidak dibersihkan maka dia akan menumpuk, membentuk dan mengisi rongga-rongga amandel. Sehingga terasa banyak sesuatu yang nyangkut atau menempel di tenggorokan, juga bau mulut.

Cara menghindari terjadinya tonsil atau warna putih menempel di tenggorokan yaitu dengan sering-sering berkumur ketika sesudah makan,setelah makan gigi harus disikat agar bakteri atau kuman-kuman tidak sempat berkembang biak dalam rongga mulut.

Tips Membersihkan batu amandel/tongsil Jika anda yang sudah terkena tongsil atau batu amandel maka,sering-sering juga berkumur, jangan terlambat menggosok gigi setelah makan minimal 3x sehari. Jangan terlalu sering membersihkan tongsil menggunakan benda-benda keras karena bisa membuat amandel iritasi dan bengkak. Apabila makan harus selalu ditemani air putih, baik itu makan nasi atau ngemil. Ya pada intinya dengan minum air putih setelah ngemil maka sisa makanan tidak akan menempel karena amandel ikut tercuci bersamaan dengan air minum.

Tips menghilangkan batu amandel/tongsil/sisa makanan yaitu Berkumur dengan air garam + perasan air jeruk nipis bisa membantu membersihkan amandel dari sisa makanan yang menempel (tonsil) hendaknya ini dilakukan setelah menggosok gigi tetapi usahakan jangan makan setelah menggosok gigi dan berkumur agar anda bisa menikmati rasa bersih di rongga mulut.

Tips ampuh menghilangkan tonsil atau batu amandel berwarna putih yang menempel ditenggorokan tetapi tidak sakit hanya saja mengganggu perasaan yang tak mengenakkan yaitu dengan jepit rambut.
Nah karena jepit ini terbuat dari besi maka berhati-hatilah menggunakannya. Sebelum digunakan baiknya dicuci menggunakan air mengalir kemudian cuci dengan air panas agar steril, lalu jangan membersihkan amandel secara terus-menerus dalam sehari karena amandel bisa iritasi yang mengakibatkan sakit tenggorokan.

Apabila anda mengalami kesulitan membersihkan tongsil atau batu amandel maka anda bisa pergi ke dokter THT.

Semoga artikel tentang pengalaman dan pengetahuan tentang warna putih yang menempel pada amandel dengan bahasa lainnya yang disebut tonsil atau batu amandel  ini bisa bermanfaat bagi pembaca, mohon maaf jika dalam penulisan ada yang salah tulis dan tidak sesuai menurut saudara.

Posting Komentar untuk "Apa itu Warna Putih Nempel di Tenggorokan dan Rasa Mengganjal?"