Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Tumbuk Daun Singkong Kuah Santan Khas Dayak

Pengen buat tumbuk daun singkong tapi tidak tahu caranya ? Mau ?
Sini aku ajarin cara membuat Tumbuk daun singkong kuah santan. Sebelum membuatnya saya jelaskan dulu sedikit resep ini.

Tumbuk daun singkong atau tepe dawen jawau (dalam bahasa dayak) adalah resep makanan yang termuat dalam makan khas Kalimantan Tengah yang wajib disediakan dalam praktek memasak siswa SD,SMP, dan SMA.

Mungkin tidak hanya orang Dayak yang mengenal tumbuk daun singkong sebagai makanan tradisional khas daerahnya tetapi daerah lain juga ada yang sama. Bagai mana tidak daun singkong yang kaya akan manfaat ini termasuk tumbuhan yang mudah ditanam, alami dan murah.
Berikut ini resep daun singkong tumbuk kuah santan yang simple dan praktis.
Bahan : daun singkong, bumbu dan rempah-rempah, umbut lengkuas/singkah langkus(bahasa dayak), ikan/ayam,santan kelapa.

1. Siapkan 3 ikat daun singkong yang sudah dipisahkan dengan tangkainya,cuci dan tiriskan.

2. Siapkan bumbu untuk di tumbuk yang terdiri dari bawang merah 6 siung, bawang putih 3 siung, 1 ruas jari lengkus, 1/2 ruas jari jahe, 2 batang serai. Semua bumbu dikupas dan dibersihkan. Potong kecil-kecil semua bumbu agar mudah di tumbuk dan hancur merata.

3. Beri garam dan gula pasir (pengganti MSG) jadi dengan adanya gula tumbuk daun singkong tetap enak walau tanpa petsin/msg.

4. Siapkan setengah butir kelapa yang sudah dikupas, cuci bersih dan parut. Kalau sudah diparut peras parutan kelapa dengan jumlah air untuk memeras 5 gelas. Dengan perasan pertama 2 gelas dan perasan kedua 3 gelas. Kalau sudah sisihkan. Apabila tidak ada buah kelapa, anda bisa gunakan santan kental yang dijual di warung2. Seperti santan kara. Bila menggunakan santan kara kecil buat 2 santan kara ke dalam 5 gelas air kuahnya.

5. Tahap selanjutnya yaitu menumbuk daun singkong. Tumbuk terlebih dahulu bumbu beserta garam dan gula pasir. Apabila bumbu sudah agak hancur masukkan daun singkong sedikit demi sedikit. Jika daun singkong agak hancur angkat angkat simpan di mangkok.

Di sini saya menumbuk pakai alu dan lesung yang terbuat dari kayu ulin. Apabila tidak ada lesung dari kayu anda bisa gunakan lesung besi, parutan kelapa atau daun singkongnya bisa diblender kemudian lalu disaring. Tetapi apabila dibandingkan rasa dan aroma memang enak yang di tumbuk langsung karena bumbu bisa langsung kita camput sewaktu menumbuk.

Oya jangan salah bumbunya juga bisa diuleg tidak harus ditumbuk. Tetapi setelah daun singkongnya di tumbuk barulah bumbu yang diuleg tadi di campur rata dengan daun singkong.

Tahap selanjutnya dalam menyiapkan resep tumbuk daun singkong kuah santan yaitu

6. Siapkan umbut lengkuas/singkah lengkuas sebagai sayur tambahan. Siang umbut lengkus seperti menyiang singkah potok. Lalu potong2. Pilih yang lunak saja ya! Kalau mau yang enak ambil umbut yang di bagian atasnya saja kalau yang bagian bawah itu memang rasa lengkuas karena umbi/rimpang lengkuas muda yang kita makan. Biasanya masyarakat dayak bisa menjadikan umbut lengkuas sebagai sayur dan apabila dicampur dengan tumbuk daun singkong maka tidak akan mengurang cita rasa dari lezatnya masakan tumbuk daun singkong.

7. Apabila mau enak lagi bisa dicampur dengan ikan segar seperti ikan gabus, nila, patin atau ikan mas. Ayam juga bisa dicampur dengan tumbuk daun singkong.

Cara memasak tumbuk daun singkong resep kuah santan yang di tumbuk dengan Lesung kayu ulin.
Hidupkan kompor. Masukkan santan dalam wajan. Tunggu sampai mendidih. 

Masukkan singkah/umbut lengkuas. Tunggu sampai umbut lengkuas sampai matang, lalu masukkan ikan dan tumbuk daun singkongnya. Tutup dan sesekali aduk agar tumbuk daun singkongnya matang merata. Angkat daun tumbuk daun singkong sebelum menguning. Cicipi sebelum disajikan. Resep daun singkong tumbuk ini sangat enak bila dihidangkan dengan nasi panas.

Selain tumbuk daun singkong kuah santan, daun singkong juga enak jika dimasak dengan tanpa santan. Yaitu seperti tumis/oseng daun singkong tumbuk.

Jika, daun singkongnya sudah ditumbuk dan diberi bumbu maka anda bisa mengkreasikan dengan masakan apa saja, mau dicampur apa saja semuanya enak. Tumbuk daun singkong tanpa santan juga enak dimasak dengan resep oseng tumbuk daun singkong yang dicampur dengan ikan goreng.
Selamat mencoba :)

Posting Komentar untuk "Resep Tumbuk Daun Singkong Kuah Santan Khas Dayak"