Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantangan Makanan Ibu Hamil Muda Trimester Pertama

Hamil merupakan dambaan bagi pasangan suami istri untuk mendapatkan keturunan. Apalagi pernikahan yang sudah lama tidak mendapatkan momongan tentu kehamilan merupakan anugrah terbesar yang diberikan oleh  Tuhan yang patut disyukuri dan dijaga dengan sebaik-baiknya.

Biasanya yang berhubungan dengan kehamilan yaitu ngidam. Ngidam bisa diartikan sebagai sebuah keinginan pada saat ibu hamil trimester pertama bahkan trimester terakhir. Tetapi yang paling sering masa ngidam melanda ibu hamil trimester pertama terkadang juga dialami pula masa mual dan muntah.

Ngidam merupakan sebuah kemauan untuk mendapatkan sesuatu yang tidak pernah dialami pada saat sebelum hamil. Bisa berupa keinginan mendapatkan sebuah benda, ingin jalan-jalan mengunjungi suatu tempat, dan yang paling sering adalah kemauan untuk Makan. Ibu yang hamil muda trimester pertama mempunyai keinginan untuk makan sangat meningkat terkadang ingin makan yang tidak ada bahkan sulit untuk didapati.

Pada saat ibu hamil muda trimester pertama 1,2,3 penting bagi suami untuk mendampingi dan memberi perhatian lebih dari biasanya. Perubahan hormon pada saat ibu hamil muda trimester pertama juga mempengaruhi tingkat kestabilan emosionalnya sehingga salah omongan atau kata-kata bisa membuatnya mudah menangis bahkan juga mudah marah. Ibu hamil juga cenderung manja sehingga membuatnya selalu diperhatikan.

Ibu hamil muda trimester pertama harus bisa menghindari stres dengan baik agar janin bisa tumbuh kembang dengan baik. Stres pada ibu hamil dapat berpengaruh buruk bagi perkembangan janin.
Demi perkembangan buah hati ke tahap yang lebih baik maka penting bagi ibu hamil muda trimester pertama menjaga diri mulai dari kebersihan diri, mengendalikan stres, pola makan yang sehat, istirahat yang cukup serta peran, perhatian ,dukungan suami dan keluarga dekat Sangat dibutuhkan bagi ibu hamil.

Jangan juga jadikan alasan ngidam untuk anda memakan makanan yang tidak boleh dimakan, sebaiknya menghindari daripada menyesal kemudian. Karena demi buah hati yang sehat jasmani dan rohaninya.

Kata orang jika seseorang mengalami ngidam yang berlebihan bahkan ingin memakan sesuatu yang tidak seharusnya dimakan maka dalam tubuhnya mengalami kekurangan vitamin atau zat tertentu sehingga tubuh memberi respon dengan kita menginginkan sesuatu. Ya kalau selama makanan itu sehat sih wajar-wajar saja tetapi kalau tidak sehat dan berbahaya bagi kesehatan janin sebaiknya abaikan saja rasa ngidam tersebut.

Hal yang paling penting dari macam-macam pantangan makanan bagi ibu hamil muda yang tidak boleh di makan, yaitu ibu hamil 1 bulan, ibu hamil 4 bulan, ibu hamil trimester pertama, pantangan makanan ibu hamil trimester 1,2,3. Makanan yang bisa membahayakan janin ibu hamil sehinga tidak boleh di makan.

Pantangan Makanan bagi ibu hamil muda trimester pertama, umur kehamilan 1 bulan, makanan yang tidak boleh di makan ibu hamil muda, makanan berbahaya bagi ibu hamil trimester 1,2,3 yang tidak boleh di makan antara lain:

1. Tapai singkong/Ketan
Ibu hamil muda trimester pertama tidak diperkenankan memakan tapai singkong atau tapai yang terbuat dari ketan karena bisa mengakibatkan hal buruk pada janin.
2. Rokok
Apalagi yang namanya rokok, sangat dilarang bagi ibu hamil hamil muda trimester pertama untuk mengkonsumi rokok karena  dapat terjadi ganguan pada janin. Apapun alasannya itu tidak diperbolehkan.
3. Minuman beralkohol
Sebelum anda minum minuman yang siap saji sebaiknya anda membaca komposisi atau bertanya apakah minuman yang anda minum mengandung alkohol. Karena ibu hamil muda juga tidak boleh meminum minuman yang sembarangan termasuk minuman beralkohol.
4. Makanan mentah
Ibu hamil tidak diperkenankan mengkonsumsi makanan mentah karena rentan terhadap bakteri.
5. Buah Anggur
Meskipun anggur termasuk buah yang sehat tetapi bagi ibu hamil muda trimester pertama 1,2,3 dan 4 tidak diperbolehkan mengkonsumsi buah anggur. Kandungan yang terdapat dalam buah anggur jika dimakan secara berlebihan dan terus menerus bisa membahayakan janin.
6. Buah Nenas
Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan sebaiknya jangan konsumsi buah nenas baik yang masak apalagi yang mentah.
7. Teh dan Kopi
Mengurangi konsumsi minuman atau makan yang mengandung kafein.
8. Makanan yang mengandung pemanis buatan.
Pemanis buatan sering terdapat dalam minuman siap saji, saset, bahkan kue-kue.
9. Makanan yang  mengandung bahan kimia berbahaya misalnya borak, formalin, pewarna tekstil. Berhati-hati dalam memilih makanan karena 3 bahan tersebut bisa saja ada dicampur dalam makanan yang anda beli.
Tips memilih makanan ngidam yang sehat:
1. Hindari membeli jajanan sembarangan
2. Berusaha untuk membuat makanan yang anda inginkan dengan sendiri (minta bantuan orang lain jika anda tidak bisa, soalnya repot juga kalau buat sendiri apalagi kena mual muntah).
3. Beli ditempat yang terpercaya kualitasnya meskipun sedikit mahal yang penting sehat karena sehat memang mahal harganya heee.
4. Pada intinya ngidam yang sehat dan wajar-wajar saja. Misalnya ngidam buah-buahan,sayur-sayuran, atau makanan.

Tetapi yang namanya ngidam mana bisa kita ngatur kebanyakan kemauan ibu hamil itu macam-macam ada yang masuk akal bahkan diluar akal :)

Setiap ibu hamil juga memiliki pengalaman yang berbeda-beda selama kehamilan muda trimester pertama.

Demikian pantangan makanan bagi ibu hamil muda trimester pertama yang dapat saya bagikan menurut pengalaman dan pengetahuan saya, semoga artikel tentang pantangan makanan ibu hamil muda trimester pertama di atas dapat bermanfaat bagi anda.

Posting Komentar untuk "Pantangan Makanan Ibu Hamil Muda Trimester Pertama"