Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Ala Dayak

Jika anda bingung bagaimana menurunkan berat badan baik setelah melahirkan atau yang belum melahirkan tetapi sudah gemuk ya bisa dikatakan masih bujang memang gemuk dan anda ingin menurunkannya.

Mungkin cara ini bisa dicoba menurunkan berat badan setelah melahirkan ala orang dayak aku namakan karena selain aku orang dayak asli dan aku sudah mencobanya sewaktu aku melahirkan anak pertama dari berat 42 kg dan setelah melahirkan berat aku 54 kg sekarang 42 kg beratku sama seperti sebelum melahirkan. Semua pakaian ukurannya tidak berubah sampai sekarang.

Nah setelah melahirkan langsung deh mamah menerapkan beberapa pantang yang tidak boleh dimakan setelah melahirkan. Karena sebenarnya pantangan ini secara turun temurun menurut kebiasaan para orang tua zaman dahulu dan masih dipercaya bagi sebagian ibu-ibu muda ya termasuk saya hee, mungkin pantangan ini ada hubungannya dengan kejadian-kejadian ibu-ibu pada zaman dahulu setelah melahirkan karena itulah para orang tua dulu menghubungkan akibat dari makanan tersebutlah sehingga ibu tersebut mendapat sakit. Oleh karena itu mereka menjadikan beberapa makanan sebagai  pantangan (tidak boleh dimakan) setelah melahirkan.

Pantangannya :
Aku tidak diperbolekan memakan makanan yang mengandung MSG boro-boro mau ngemil makan makanan yang dimasak ada MSGnya aja pun tidak diperbolehkan. Coba anda bayangkan betapa banyak makanan yang mengandung MSG atau Penyedap Rasa seperti petsin itu atau sejenisnya yang tidak dapat aku makan. Waktu aku hamil aku bebas makan apa saja terutama yang ada MSGnya, nikmatnya makanan itu tiada duanya. Setelah melahirkan rasa lapar itu ada dan pengen makan saja tetapi mana ada enaknya karena lidahku sudah terbiasa makan petsin/MSG. Memang aku makan tapi sedikit tidak banyak, selera makan aku berkurang.

Tidak boleh makan yang di goreng-goreng, yang berminyak seperti makanan yang ada santannya. Pernah sekali rasanya pengen makan nasi goreng, aku masak sendiri tanpa minyak goreng dan apa daya ternyata itu dilarang juga padahal tinggal dimakan tu nasi.

Ayam ras atau ayam broiler juga tidak diperbolehkan yang bisa hanya ayam kampung.
Ikan juga tidak semua ikan yang bisa aku makan hanya ikan sungai yang alami seperti ikan haruan/gabus dan kapar yang bisa aku makan. Makanya sebulan sebelum melahirkan aku membuat ikan asin haruan yang aku beli berkilo-kilo lalu aku buat jadi ikan asin. Kenapa aku buat sendiri karena aku tidak yakin dengan kesehatan ikan asin yang dijual orang takutnya ada bahan-bahan berbahaya, makanya aku buat dendiri.

Kemudian untuk sayur, yang bisa aku makan hanya sayur kalakai, wortel, kentang, labu kuning, kacang panjang, katuk, sawi, dan bayam. Untuk sayur katuk, sawi dan bayam juga beberapa minggu setelah melahirkan baru aku makan karena takut banyak pestisida, mencucinya pun harus bersih. Tetapi yang paling sering dimakan yaitu sayur kalakai karena ini alami kemudian di campur wortel dan kentang.

Tidak hanya sayur, ikan, daging yang aku pantangi bumbu masakan dan cara memasakpun aku juga pantangin. Untuk bumbu yang bisa hanya bawang putih, merica, kunyit, dan garam. Cara memasak sayur dan ikan hanya bisa direbus (berkuah) dengan bumbu bawang putih, merica dan garam. Ya bisa dibilang sayur bening yang dicampur ikan. Sesekali bisa juga dibakar atau dipanggang ikannya. Lalu dimasukkan ke dalam sayur.

Air minum bisanya kopi , teh dan air putih, dan susu ibu menyusui. Mimpi minum minuman kalengan, botolan haa.apalagi yang ada.pemanis buatan. Kue aja yang bisa waktu itu hanya gabin nisin. Jangan berharap makan kue-kue yang lain.

Perut di kasih lilitan gurita dan stagen agar perut yang kendor dan besar bisa mengecil dan langsing seperti belum pernah hamil. Tapi terbukti juga ini perut aku ga melebar apalagi besar
Hal tersebut aku lakukan selama 40 hari, setelah itupun makanan juga tidak sembarang aku makan tapi bertahap. Aku berpikir juga gimana ga langsung turun berat badan yang makannya cm ada rasa garam. Itupun ga semua bisa dimakan.

Coba deh bagi anda yang pengen kurus pakai cara ala dayak menu makannya seperti orang yang habis melahirkan gtu. Meskipun anda masih bujang pakai caranya aja mungkin bisa manjur apalagi anda yang terbiasa ngemil atau masak pakai MSG dan untuk pertama kali anda tidak pakai MSG hanya pakai garam, bawang putih dan merica. Lakukan selama 40 hari. Menurut aku cara ini cukup sehat dan aman, karena kita tetap makan dan sehat karena tanpa msg,mengurangin nafsu makan dan ngemil.

Posting Komentar untuk "Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Ala Dayak"