Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Ikan Gabus Sebagai Sumber Protein dan Albumin Bagi Kesehatan, Penyembuhan Penyakit

Ikan gabus atau ikan haruan adalah ikan air tawar yang hidup di sungai, danau dan rawa gambut yang kadar keasamannya cukup tinggi.

Ikan gabus dalam Bahasa Inggrisnya disebut Snakehead adalah ikan predator yaitu ikan pemangsa, biasanya ikan gabus ini memakan ikan yang kecil-kecil, serangga, anak katak dan cacing.

Ikan gabus banyak hidup di Pulau Kalimantan dan daerah Indonesia lainnya, ikan ini hidup secara alami dengan kata lain tanpa perantara manusia dalam pemberian makan dan perkembang biakannya. Di Kalimantan ikan ini sudah sulit ditemukan di sungai-sungai yang sering dilalui oleh manusia sekarang keberadaannya sudah mulai sulit ditemukan selain sering dicari dengan cara yang tidak baik (sentrum) sehingga mempercepat pemunahan dari ikan gabus yang besar hingga ikan gabus yang kecil. Selain proses pencarian ikan gabus yang tidak benar juga karena ikan ini sangat sering dicari, peminat dari ikan gabus sangat banyak yang membuat masyarakat menjadikannya sebagai sumber ekonomi keluarga.

Mengapa masyarakat suka dengan ikan gabus?
Banyak masyarakat memilih ikan gabus karena ikan ini alami, hidup sendiri tanpa campur tangan manusia. Contohnya makanan pada ikan gabus  tidak seperti ikan yang dibudidayakan misalnya ikan patin, nila, bawal,ikan mas dan lele yang diberi pakan khusus setiap hari, hal tersebutlah yang membuat masyarakat memilih ikan gabus sebagai ikan yang sehat untuk dikonsumsi. Apalagi sebagian masyatakat ada yang alergi terhadap ikan budidaya karena akibat pakannya. Terlepas dari pengetahuan mereka akan manfaat dari ikan gabus itu sendiri.

Kebiasaan masyarakat Dayak pada zaman dahulu kepada ibu-ibu setelah melahirkan adalah menganjurkan untuk mengkonsumsi ikan gabus baik ikan gabus yang masih segar atau ikan asin gabus.

Mereka mempercayai bahwa ikan gabus mampu mempercepat pemulihan ibu nipas ( setelah melahirkan) apabila di konsumsi setiap hari. Entah dari mana mereka tau tentang manfaat ikan gabus sebagai penyembuhan ibu pasca persalinan normal dengan mengkonsumsi ikan gabus.
Terlepas dari kebiasaan masyarakat pada zaman dahulu sekarang sudah zaman modern teknologi sangat canggih sehingga memudahkan para peneliti untuk menggali informasi terhadap berbagai jenis ikan termasuk ikan gabus ini.

Ikan gabus kaya akan Albumin yang berfungsi
menjaga keberadaan air dalam plasma darah sehingga dapat mempertahankan volume darah dalam tubuh agar tidak terjadi oedeme atau pembengkakan.

Protein dalam ikan gabus sangat penting bagi tubuh manusia sebagai sumber kesehatan dan penyembuhan luka pasca operasi. Jadi jika ingin luka cepat sembuh dan tidak terjadi pembengkakan setelah operasi baiknya banyak mengkonsumsi ikan gabus.

Ikan gabus juga bisa membantu penyembuhan penyakit seperti gagal ginjal,diabetes melitus, kangker, stroke, penyembuhan pasca melahirkan normal dan pasca operasi.

Peran utama Albumin membantu pembentukan dan perbaikan jaringan dalam tubuh manusia sehingga mampu membantu menyembuhkan penyakit.

Posting Komentar untuk "Manfaat Ikan Gabus Sebagai Sumber Protein dan Albumin Bagi Kesehatan, Penyembuhan Penyakit"