Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Sayur Kalakai/Kelakai Bagi Kesehatan

Kalakai/Kelakai adalah termasuk sayur paku-pakuan yang banyak hidup di Kalimantan Tengah. Sayur Kalakai/Kelakai tumbuh di lahan gabut yang ada di Kalimantan Tengah, dan mungkin saja sayur kalakai ini tumbuh di wilayah Kalimantan lainnya. Sayur kalakai bagi masyarakat dayak adalah sayur yang dijadikan menu makanan sehari-hari yang alami, mudah didapat dan kaya manfaat bagi kesehatan. Mengapa tidak sayur kalakai/kelakai ini alami karena tumbuh dengan sendirinya tanpa campur tangan manusia untuk memupuk bahkan memberi pestisida seperti sayuran yang dibudidaya oleh para petani.

Sayur kalakai/kelakai ini mempunyai manfaat bagi kesehatan yaitu bagi ibu yang melahirkan, sayur kalakai/kelakai ini mampu memperbanyak atau memperlancar air susu ibu. Oleh sebab itu orang dayak biasanya mengkonsumsi sayur kalakai/kelakai setelah melahirkan atau bagi ibu yang sedang menyusui agar air susunya banyak.

Selain bagi ibu yang melahirkan atau ibu menyusui, sayur kalakai juga mempunyai manfaat bagi kesehatan bagi yang kekurangan darah. Nah sayur kalakai atau kelakai bisa di konsumsi sebagai penambah darah. 

Sayur kalakai/kelakai juga mempunyai kelemahan apabila dikonsumsi berlebihan bagi penderita sakit magh karena rasa kalakai yang kalat bisa membuat kita mual, perut kembung dan nyeri uluh hati. Apalagi bagi ibu hamil yang mengalami mual muntah dan mempunyai sakit magh disarankan tidak mengkonsumsi sayur kalakai sampai masa mual muntah itu lewat.

Untuk menghindar dari kalakai yang memiliki rasa kalat yaitu dengan memilih kalakai yang berwarna putih dan tidak berbulu. Kalakai yang berwarna merah, rasa kalatnya lebih tinggi dibandingkan kalakai yang berwarna putih. Kalakai/kelakai yang berwarna merah kalau dimasak akan menghasilkan kuah yang merah pula.

Posting Komentar untuk "Manfaat Sayur Kalakai/Kelakai Bagi Kesehatan"