Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Daun sirih di dalam adat kebiasaan kebudayaan Indonesia telah tidak asing lagi.

Daun sirih selaku bahan dasar dari kebiasaan “nyirih”, telah terjadi semenjak beratus-ratus tahun lalu. Orang yang mempunyai kebiasaan nyirih rupanya mempunyai gigi dan juga gusi sehat meskipun mereka telah tua.

Mengapa bisa begitu?, hal tersebut dikarenakan manfaat daun sirih memiliki khasiat sebagai zat antiseptik. Sehingga membuat bakteri perusak gigi tidak betah dimulut orang yang doyan nyirih.

Di samping itu, sejak dahulu para wanita memakai daun sirih buat mengobati keputihan, mengesatkan dan juga membuat kencang organ intim, serta mengatasi bau tidak enak kewanitaan. Hal tersebut tidak lepas dari sifat antiseptik ataupun anti mikroba di daun sirih.

Manfaat daun sirih lainnya ialah, menguatkan gigi, menanggulangi bau badan serta mulut, gatal, pendarahan dari hidung, korengan, keputihan serta sebagai afrodisiak.

Daun sirih yang dikenal ada 3 macam, yakni sirih merah, sirih hitam dan juga sirih hijau. Akan tetapi yang paling banyak dikenal dan juga dipakai dimasyarakat ialah daun sirih merah dan juga hijau, yang dapat dibedakan cuma dengan melihat warna daunnya.

Daun sirih umumnya banyak dijumpai ditanam dipekarangan orang yang hidup dipedesaan, yang mana mereka masih banyak memakai obat dari bahan natural termasuk sirih dan buat kebutuhan nyirih.

Akan tetapi sesudah manfaat sirih diketahui secara ilmiah, saat ini daun sirih telah banyak dijadikan untuk bahan buat sabun kesehatan, minyak sirih, obat untuk kebersihan kewanitaan dan lain sebagainya.

Sirih merah ataupun sirih hijau sama-sama mempunyai manfaat masing-masing. Dan spesial di artikel ini, kita cuma bakalan membicarakan manfaat dari daun sirih hijau saja ya.

Berdasarkan literatur, daun sirih hijau memiliki kandungan banyak senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan.

Sejumlah kandungannya terdiri dari terpennena, tanin, seskuiterpen, pati, minyak esensial, kavicol, kavibetol, hidroksikavicol, fenil propana, estragol, diastase, cyneole, caryophyllene, cadinene, allylpyrokatekol dan gula.

Inilah banyak zat yang menjadikan daun sirih punya banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Berikut ini ialah sejumlah manfaat serta khasiat daun sirih hijau untuk kesehatan:

Dapat menyembuhkan sakit gigi, bau mulut, sariawan, gusi bengkak dan gusi berdarah.

Caranya cukup gampang, kunyah daun sirih hijau, atau dapat juga berkumur memakai air rebusan daun sirih.

Maka Sakit gigi ataupun gusi bengkak dan sariawan dengan bertahap dapat lenyap.

Pada saat berkumur memakai rebusan sirih hijau, bau mulut tidak enak dan bakalan lenyap.

Dapat mengobati keputihan.

Ambillah beberapa lembar daun sirih, selanjutnya rebus memakai air seperlunya. Air rebusan dapat diminum, lalu sisanya buat membasuh organ kewanitaan.

Membantu menanggulangi permasalahan haid

Meminum air rebusan daun sirih pun bisa membantu menanggulangi haid yang tak teratur.

Dapat Menyembuhkan luka bakar.

Caranya ambillah daun sirih hijau, lalu panaskan sampai layu, kemudian tempellah di luka bakar.

Dikarenakan sifat antiseptiknya yang dapat membuat kuman yang menyebabkan infeksi tidak dapat menyentuh luka sehingga segera sembuh.

Mengobati Mimisan

Bila mimisan, maka gulungan daun sirih hijau yang disumbatkan ke hidung mampu menghentikan pendarahan karena mimisan.

Mengurangi gatal-gatal di kulit.

Pada gatal diolesi memakai tumbukan daun sirih hijau, tentu dapat menjadi reda atau bahkan lenyap sama sekali.

Kandungan Antioksidan

Daun sirih pun memiliki kandungan zat antioksidan, yang mampu mengatasi efek radikal bebas berbahaya dari tubuh.

Mengobati Susah buang air besar

Daun sirih memiliki sifat diuretik, yang mana juga mampu membantu mengatasi susah buang air besar.

Meredakan peradangan secara alami

Radang seperti halnya dikarenakan arthritis, jerawat, dan lainnya bisa diobati dengan jalan menempelkan daun sirih hijau yang telah ditumbuk.

Mengatasi Persoalan pernapasan dan juga batuk

Rebusan air daun sirih dapat jadi obat buat mengatasi batuk. Daun sirih pun mempunyai khasiat buat mengatasi masalah pernafasan seperti halnya asma.

Dapat Mengontrol diabetes

Daun sirih mempunyai sifat antidiabetes, yang menjadikannya sebagai obat yang cukup bagus buat mengontrol diabetes .

Mengobati Luka

Mengimplementasikan daun sirih paste di luka dalam waktu 3 sampai 4 hari . Hal tersebut juga meredakan rasa sakit dan juga peradangan .
Sakit punggung

Memijat punggung memakai daun sirih yang dicampur bersama dengan minyak dapat membantu buat melawan nyeri punggung di bagian bawah .

Dapat Membuat syaraf sehat

Juice daun sirih yang dicampur bersama dengan madu merupakan tonik yang alami dipakai buat mengatasi nyeri saraf, keletihan saraf serta kelemahan.

Mengatasi Jerawat dan juga bekas luka

Daun sirih yang dibalurkan dapat mengatasi jerawat serta mampu membersihkan bekas luka dari kulit dengan cara yang alami.
Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Posting Komentar untuk "Manfaat Daun Sirih Hijau Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"