Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Pentol Senderhana tanpa Gagal

Kalau mau buat pentol bakso yang kenyal itu terletak pada adonannya. Pentol krenyes krenyes juga terletak pada cara mengadonnya. Berikut cara membuat pentol yang sederhana dan berhasil dengan rasa yang tidak jauh beda dengan pentol gerobak paman yang biasa lewat depan rumah.

Biasanya bahan untuk membuat pentol pada umumnya terbuat dari daging ayam. Ada yang menggunakan daging sapi tetapi biasanya penjual di warung bakso, jika paman gerobak bakso keliling mereka sering menggunakan daging ayam karena harganya terjakau.

Berikut ini bahan untuk Daging ayam yang sudah dipisah tulangnya 1/2 kg. Kalau bisa bagian dada ya soalnya dagingnya padat,
Soda kue yang bubuk putih 1/2 sdk makan,
Kecap manis 5 sdk makan
2 sdk makan minyak goreng
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 7 siung, pokoknya bawang putih lebih banyak dari bawang merah agar menghilangkan bau amis dari daging karena aroma bawang putih lebih tajam dari bawang merah. Bawangnya diuleg sampai halus.

Air es 5 sdk makan, air es bisa saja tidak usah tetapi adonan yang sudah jadi dimasukkan ke dalam lemari pendingin sekitar 15 menit agar adonan bisa sempurna dan kenyal, garam 1/2 sdk makan atw sesuai selera, penyedap rasa jika mau, tidak juga ga masalah karena dagingnya sudah manis bercampur dengan kecap.

Tepung tapioka atau tepung kanji 3 sendok makan, tepung gandum yang biasa 4 sendok makan kalau takaran tepung ini tekstur kurang padat karena tepung lebih sedikit tetapi terasa dagingnya. Nah jika anda ingin hasil yang lebih banyak maka tepung kanjinya 1/2 gelas minum dan tepung terigu 6 sendok. Pada intinya takaran tepung gandum lebih banyak dari tepung kanji kalau menurut resep saya. Campuran tepung juga tidak bisa banyak karena bisa membuat pentol menjadi lembek(gagal). Selain itu kebanyakan air es juga tidak bisa.

Cara pertama yaitu cincang kasar atau potong-potong daging ayamnya agar memudahkan proses penggilingan jika mengunakan blender. Ketika memblender campur sedikit air es. Blender sampai daging halus. Jika sudah proses selanjutnya campur semua bahan yang tersedia termasuk tepung. Uleni sampai kalis/rata sambil dibanting-banting agar adonan padat. Jika sudah rebus dengan api sedang sampai pentol masak.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Pentol Senderhana tanpa Gagal"